Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula di 2017

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula – Kurang puas memotret dan merekam video pakai smartphone? Itu tandanya sebaiknya mulai melirik ke DSLR. Gak perlu bingung untuk memilih mana yang paling cocok untuk kamu yang masih beginner. Yuk simak list kece DSLR Terbaik Untuk Pemula ini!

Nikon D3400

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

“DSLR dengan harga termurah dari Nikon”
Harga : Rp 6.720.000
Ingin punya DSLR pertama berupa rilisan terbaru? Maka Nikon D3400 bisa jadi pilihan  DSLR Terbaik Untuk Pemula. Diantara rilisan dari kamera Nikon, D3400 adalah yang termurah.

Nikon merilisnya dengan membawa pembaruan dari versi sebelumnya yakni D3300. Lensa bawaannya juga sudah ciamik untuk pemotretan via LCD view.

Overall, kamera ini memberikan kualitas foto dan video yang bagus untuk kelas kamera dengan harga segitu. Bahkan fotonya lebih tajam sedikit untuk low lightnya dibandingkan dengan seri pendahulunya karena adanya sensor baru.

Namun white balance otomatisnya kurang oke, sehingga warnanya agak terlalu cool di daylight. Hal ini tidak akan banyak berpengaruh kok kalau anda bukan tipe orang yang rewel dengan akurasi warna.

Contoh hasil jepretan Nikon D3400

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Nikon sendiri membundel D3400 dalam dua versi kit yaitu lensa AF-P yang lebih smooth dan bagus untuk pemotretan via LCD view. Lensa AF-P yang disertakan Nikon ini sudah jauh meningkat performanya, lebih cepat dan halus. Autofokus selama perekaman video juga memuaskan.

The Good : Nikon D3400 menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi dengan kecepatan yang cocok untuk pemula yang baru saja membeli DSLR.

The Bad : Kekurangan dari model sebelumnya masih ada, termasuk poin autofokus yang kecil sekali di viewfinder dan mode self-timer yang “alot”. Selain itu, sistem wireless menggunakan bluetooth untuk transfer file juga tidak oke.

The Bottom Line : Kualitas foto yang sangat bagus untuk kelasnya dan kemampuannya di fokus dan continous shooting yang sudah mumpuni untuk mode memotret anak-anak dan binatang akan memuaskan bagi pemula di DSLR. Juga cocok untuk dibawa travelling lho!

 

Nikon D5300

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

“DSLR all-in-one terbaik”

Harga : Rp 9.660.000

Nikon D5300 di-review memiliki fitur ciamik dan kecepatan memuaskan dengan hasil berkualitas tinggi di kelasnya. CNET memuji kualitas jepretannya sekelas Fujifilm X-M,  malah lebih bagus karena resolusinya tinggi.

Meski tone warnanya tidak luar biasa namun ketajaman dan reproduksi warnanya memuaskan, bahkan foto JPEG yang dihasilkan di low light tetap bagus. Format JPEG tetap clean di ISO 800 hingga 1600, baru terlihat ada penurunan kualitas di ISO 3200. Namun, walau noise meningkat tapi ketajamannya tak berpengaruh.

Nikon D5300  memang menggunakan prosessor foto yang baru sehingga memungkinkan perekaman video 1080/60p dan tambahan ISO. Dilengkapi juga beberapa efek olah foto bawaan di kamera.

Contoh hasil jepretan Nikon D5300

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Untuk lensa bawaannya, ada versi kit lensa 18-140mm f3.5-5.6 yang lebih fleksibel daripada model sebelumnya.

The Good : Kualitas foto yang excellent, fitur-fitur bagus dan kecepatan yang mumpuni di kelasnya.LCD lebih tinggi resolusinya dan viewfinder lebar.

The Bad : Settingan default sebenarnya bisa lebih baik lagi karena area AF terlalu lebar sehingga sulit fokus. Live View juga terbilang lemot saat digunakan.

The Bottom Line: Nikon D5300 masih jadi pilihan terbaik jika mencari DSLR yang mumpuni untuk semua area kebutuhanmu sebagai pemula.

 

Nikon D5500

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

“DSLR paling compact terbaik”

Harga : Rp 8.715.000

Nikon D5500 ini sejatinya versi update dari D5300 dengan desain baru yang justru bikin galau. CNET me-review perubahan ini 50:50, ada okenya ada kurangnya. Tapi tenang saja, masih recommended untuk level beginner kok.

CNET menyebut D5500 dibundling dengan lensa yang tidak sebagus sebelumnya tapi justru itu yang membuatnya jadi lebih compact dan ringan, cocok dibawa travelling.

Untuk performanya dalam menjepret, tidak jauh beda dengan D5300. Hasil jepretan dalam JPEG di pencahayaan low hingga very low (ISO 3200) masih bagus meski ada sedikit penurunan warna. Hal itu masih bisa dikompromikan dengan memotret dalam format RAW.

Performa perekaman videonya juga sangat memuaskan, bahkan jauh lebih baik levelnya untuk kegiatan olahraga dan liburan seru. Bisa juga untuk bikin video serius karena Nikon membekali dengan kemampuan flat picture yang berguna untuk mengolah area terang-gelap.

Contoh hasil jepretan Nikon D5500

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Namun di sisi lain, review menyebutkan D5500 ini kurang oke autofocus-nya untuk video yang kerap “lari-lari”. Sedangkan untuk pemotretan terbilang bagus, tergantung yang anda abadikan juga.

The Good : Nikon D5500 memberikan kualitas foto terbaik dengan performa kamera yang bisa untuk menangkap momen anak-anak dan binatang peliharaan.

The Bad : Pegangan (grip) kamera tidak nyaman untuk orang dengan tangan besar. Nikon juga tidak meng-update aplikasi Wi-Fi.

The Bottom Line : Ringan dan compact, komplit dengan semua yang dibutuhkan fotografer keluarga.

 

Canon EOS 750D/Rebel T6i

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

“Terbaik di kelasnya saat ini”

Harga : Rp 9.625.000

Canon EOS 750D  direview cukup memuaskan dengan performanya yang lebih ngebut dibanding model sebelumnya, baik pemotretan menggunakan viewfinder maupun via display. Canon juga menambahkan koneksi Wi-Fi yang bakal makin memuaskan.

Secara desain bodi, seri yang disebut juga Canon 750D ini feel-nya lebih high end dengan LCD baru, lockable mode dial dan control dial di belakang serta minim tombol.

Lalu bagaimana kualitas jepretannya?

Contoh hasil foto Canon EOS 750D di outdoor

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Kualitas foto dan video Canon EOS 750D  bagus di kondisi pencahayaan cukup. Sebenarnya kualitasnya sedikit di bawah untuk kelasnya tapi tidak akan kentara jika tidak diperhatikan sangat detil.

Noise juga tidak jadi masalah yang baru terlihat di pemakaian ISO 1600 ke atas.

Musuh terbesar Canon EOS 750D  bukan noise, tapi tonal range.

Detil gelap akan berkurang saat exposure terus menurun. Bahkan di format RAW pun tidak bisa menangkap banyak detil jika dibanding kamera yang mirip, misalnya Nikon D5500.

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Namun jangan khawatir, Canon juga memberikan pembaruan performa dengan menambah jadi 19 autofokus area dan itu tidak lemot. Cukup 0,3 detik untuk fokus dan menjepret di pencahayaan minim, baik dalam format JPEG dan RAW.

The Good : Canon T6i ini performanya jauh lebih baik dibanding model sebelumnya dan desainnya tetap dipertahankan fungsional.

The Bad : Kualitas hasil foto dan autofocus tidak sebanding ketika digunakan di kondisi sangat low light.

The Bottom Line : Canon EOS 750D masih meneruskan tradisi serinya sebagai kamera DSLR paling memuaskan bagi fotografer keluarga.

 

Nikon D3300

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

“DSLR murah terbaik”

Harga : Rp 5.450.000

Meneruskan D3200, Nikon memberikan upgrade pada D3300. Namun se-worthed apa merogoh kantong untuk membelinya dibanding si pendahulu?

Nikon D3300 mendapat update video 1080/60p, Guide Mode untuk beginner yang didesain ulang serta bodi yang lebih kecil dan ringan. Aspek yang tetap sama adalah 11 poin autofokus dan Wi-Fi built-in masih absen.

Setidaknya Nikon serius memberikan pembaruan di kualitas foto hasil jepretan 24MP yang tetap tajam. Format JPEG di ISO 3200 terlihat minim noise dibanding D3200. Warnanya akurat dan kualitas perekaman video juga bagus meski di low light.

Contoh hasil jepretan Nikon D3300

Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

5 DSLR Terbaik Untuk Pemula

Performa saat memotret cukup cepat tapi untuk Live View harap bersabar. Viewfinder juga masih tetap agak redup, seperti kamera entry level pada umumnya. Anda juga harus siap mencari titik fokus saat setengah menahan tombol. Kabar baiknya adalah ukuran LCD lega dan terang bahkan untuk dilihat di bawah sinar matahari terik.

Bodi Nikon D3300 sendiri tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, hanya lebih ringan dan lebih “plastik” dengan grip yang nyaman di tangan.

Pemula juga akan dimudahkan dengan Guide Mode yang tersedia dalam opsi Auto dan Advance yang bisa anda atur sendiri settingnya.

The Good :  Kualitas foto Nikon D3300 meningkat dibanding pendahulunya. Walau tidak ngebut namun performanya sudah terbilang sesuai dengan harganya.

The Bad : Fitur-fiturnya masih tetap terbatas.

The Bottom Line : Kualitas fotonya sangat bagus di kelasnya dan performa memuaskan sehingga tetap jadi pilihan terbaik sebagai DSLR pertama.

Jadi, gimana? sudah tentukan pilihan mana yang akan kamu “akusisi” sebagai DSLR pertama mu?

Tertarik beli Kamera DSLR untuk Pemula atau DSLR untuk Profesional? Monggo, silakan klik Tombol dibawah ini yaa guys!

Featured Image Source: Independent

Related Post

2 thoughts on “Inilah 5 DSLR Terbaik Untuk Pemula”

    1. halo kak Sayyid, hmm pertanyaan sulit nih, tapi saya coba jawab komparasinya ya kak
      secara keseluruhan hampir sama kak, namun beberapa fitur pembedanya seperti :

      ISO performa
      /kalo 5500 ISOnya 100-25600 artinya best performa ISO nya hingga 25600
      /kalo 5300 ISO nya Native ISO 12800, Extended to ISO 25600 artinya best ISO performanya 12800 tapi bisa di up sampai 25600
      kesimpulannya : Klo soal ISO 5500 yang terbaik.

      LCD best quality
      /kalo 5500 3.2 inchi LCD Touch Screen
      /klo 5300 3.2 inchi LCD Monitor dengan kualitas terbaiknya terdapat 1,037 titik variasi
      kesimpulannya : klo pengen touchscreen pilih 5500 klo pengen kualitas layar bagus pilih 5300

      Fitur Koneksi
      /klo 5500 hanya Built-In Wi-Fi Connectivity
      /klo 5300 terdapat Wi-Fi and GPS Connectivity
      kesimpulan : fitur koneksi 5300 lebih lengkap

      nah, sekarang pilihan ada pada kak sayyid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *