Blog

Bagaimana Cara Memilih Lensa untuk Food Photography? (Part 1)

Suka memotret makanan pakai smartphone buat diposting di social media? Lalu sekarang Anda ingin naik kelas dengan memakai mirrorless/DSLR untuk memotret kuliner secara lebih profesional. Nah, pasti sekarang jadi kepikiran harus pakai lensa yang bagaimana nih biar hasil foto makanan jadi kece? Karena memang sih, fotografi kuliner sangat mengandalkan lensa sedangkan bodinya tidak masalah. Lensa yang salah maka hasilnya bisa kelihatan aneh. Tidak selalu harus lensa mahal kok, ada .

Mengenal Aperture Kamera Pada DSLR dan Mirrorless

Aperture atau Diafragma, atau Bukaan. Apa sih itu? Bersama dengan ISO dan Shutter Speed, Aperture adalah salah satu dari 3 elemen fundamental segitiga eksposur. Lalu, apa yang jadi tugas dari aperture ini? Tugas pertama aperture bisa diibaratkan sebagai jendela. Jendela kamar Anda bisa mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke kamar Anda waktu pagi hari, iya kan? Semakin lebar Anda membuka jendela Anda,maka semakin banyak cahaya yang masuk.  Dan .

SHOT SIZE: Memanipulasi Apa yang Dilihat Audience

Yang paling membedakan video, film, dengan aksi panggung seperti drama, ludruk, teaterikal, adalah bagaimana seorang videografer memanipulasi apa yang dilihat audience-nya. Dalam aksi panggung, audience bisa melihat seluruh area panggung dan siapapun yang ada di sana. Namun kalau Anda nonton bioskop (atau film di laptop/hp), Anda hanya akan melihat apa yang videografer inginkan untuk Anda lihat. Di beberapa scene, Anda akan melihat sebuah area pegunungan yang luas, di scene .

Apakah Fungsi Histogram?

Histogram adalah salah satu fitur yang paling bermanfaat pada kamera digital, namun juga merupakan fitur yang paling dilupakan oleh pengguna kamera jaman sekarang. Seharusnya dengan menggunakan histogram kita bisa mengevaluasi dan mendapatkan eksposur yang paling pas. Jadi kalau Anda ingin mendapatkan foto yang bagus, menguasai fitur ini saja bisa memberikan Anda hasil yang signifikan. Good photo is the one that is properly exposed.. Catatan: Tidak ada yang bisa menggantikan .

Cara Menerbangkan Drone untuk Pemula!

Drone sudah semakin lazim belakangan ini seiring dengan makin terjangkaunya harga dan kemudahan untuk mengoperasikannya. Meski mudah namun bagi pemula tentunya tetap saja bikin pusing  ya, maklum sih sebenarnya karena baru pertama tapi setelah dipraktekkan beberapa kali nantinya akan terbiasa. Apakah Anda juga sedang berlatih menerbangkan quadcopter? Kalau masih rencana, bisa segera dimulai lho. Paling penting adalah jangan takut memulai. Pelajari dulu persiapannya dengan baik dan jangan takut salah, .
Please check the Pop-up.