Tips Editing Foto Malam Hari Ampuh dan Anti Gagal Tahun 2020

Editing foto merupakan sebuah upaya susah susah gampang. Tak mudah melakukan hal tersebut, apalagi jika Anda dihadapkan pada kondisi yang sulit seperti malam hari. Sudah tahu tipsnya? Jika belum, pantau serta catat lewat artikel di bawah ini. Mudah dan praktis, lho!

Fotografi malam hari bisa sangat menantang bagi pemula. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk memanipulasi ISO, aperture, kecepatan rana dan teknik lainnya. Maka dari itu, teknik editing foto yang baik bakal membantu hasil gambarnya kelak.

Terdengar susah, namun jangan pernah jadikan kondisi itu sebagai penghalang Anda berkarya di malam hari. Setelah mempelajari dasar-dasarnya, Anda akan mengetahui bahwa fotografi malam benar-benar menyenangkan. Tantangan yang dirasakan, bakal sangat seru untuk dijalani!

Jangan takut untuk bereksperimen. Kelak jika segala rintangan saat mengambil gambar bisa dilalui, Anda akan puas dan bangga dengan hasilnya. Ingin tahu tips editing foto malam hari yang ampuh dan anti gagal tahun 2020? Simak sebagai berikut…

Tips Editing Foto Malam Hari

1. Mulai dari Pengaturan Kamera

Agar lebih mudah, tips editing foto pertama adalah mengatur semua hal dari kamera. Pada ISO misalnya, atur di angka yang rendah sebagai sebuah pedekatan praktis. Tes batas level ISO dengan mengambil beberapa bidikan uji rendah cahaya lewat pengaturan yang berbeda.

Gunakan kecepatan rana yang lebih lambat dan lubang yang lebih lebar. ISO 100 mungkin tidak praktis untuk fotografi malam hari, tetapi ISO 400, 800, atau bahkan ISO 1600 sudah cukup bermanfaat buat sebagian besar situasi. Setelah itu, perhitungkan format foto.

Alihkan file gambar Anda ke RAW di menu kamera. Meski file RAW mengambil banyak ruang pada kartu memori, namun setidaknya kualitas setiap gambar dapat dipertahankan. Semua ini akan terasa mudah saat beralih ke tahap selanjutnya, yakni editing foto.

2. Mainkan Gradasi Warna

Ada beberapa metode lewat aplikasi berbeda yang dapat digunakan untuk mencapai warna tertentu pada gambar. Pada aplikasi Adobe Photoshop Lightoom misalnya, gunakan white balance agar nuansa malam yang dingin dan biru dapat tercapai. Balik lagi, ini hanya selera.

Bila white balance sulit memenuhi, Anda bisa menggunakan metode toning split meski beberapa orang menilai gambar yang dihasilkan jadi terlihat kurang natural. Namun setidaknya, upaya tersebut dapat menyelamatkan gambar dengan warna yang kurang memenuhi ekspektasi.

Coba juga perangkat Hue Saturation Luminance (HSL) pada Lightroom. Ia dapat membantu Anda menyesuaikan warna-warna individu hingga menyeimbangkan kontras. HSL mampu memperbaiki beberapa tampilan, semisal warna kulit jika ada objek manusia.

Saturasi mesti diatur secara jelas. Khusus buat kasus foto di malam hari, mengatur ke arah warna biru bisa jadi pilihan yang tepat. Kurangi saturasi keseluruhan jika hasilnya terlihat terlalu jenuh. Cobalah untuk mengeksplorasi berbagai macam pilihan sesuai jepretan gambar yang diambil.

3. Black and White Bisa Jadi Pilihan Bagus

Jika pengaturan kamera dan penyesuaian warna di aplikasi sudah sesuai namun Anda masih belum puas, saatnya mainkan foto dengan unsur hitam dan putih. Metode yang satu ini mampu menambah kesan klasik, abadi, dramatis dan misteri pada foto hasil jepretan Anda.

Cara editing foto yang satu ini berlaku buat semua media. Pada ponsel, Anda dapat menggunakan aplikasi editor foto seperti Snapseed, VSCO, Canva dan sejenisnya. Black and white cocok untuk menyorot fitur penting foto malam hari, apalagi jika kontras sulit diatur.

Itu tadi tips editing foto malam hari yang bisa Anda pakai mulai sekarang. Jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai hal, praktikkan terus sampai berhasil. Selamat mencoba!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh: Canva.com
Images: B&H, Teemusphoto, Cyberpunk, PCDN

2 thoughts on “Tips Editing Foto Malam Hari Ampuh dan Anti Gagal Tahun 2020”

Leave a Reply