Perkenalkan Xiro Xplorer V, Drone Terbaik Dikelasnya!

Xiro Xplorer V

Saya yakin sekali, Anda yang sampai berkunjung pada blog ini adalah orang-orang  yang punya keterkaitan erat dengan drone/ aerial fotografi.

Entah itu Anda ingin mengetahui perkembangan drone, ingin membeli drone, atau mungkin justru Anda sudah punya drone dan bermaksud membandingkannya secara kualitas dengan drone yang sedang kita bahas.

Whatever your interests…

Yang pasti dengan membaca ulasan ini, apa yang Anda tanyakan akan terjawab.

Bicara tentang drone, pastinya yang langsung terpatri diingatan Anda adalah produk-produk dari DJI Phantom Series. Tapi, apa iya Anda ingin menutup mata dengan produk drone lain yang mungkin lebih unggul dari segi harga, desain fisik, atau bahkan fiturnya?

Xiro Xplorer V

Misalnya saja seperti Xiro Xplorer V Drone. Jujur, kali pertama saya melihat desain fisik Xiro Xplorer V ini, untuk beberapa saat mata saya tertuju pada bentuknya yang begitu familiar.

Pernah nonton serial kartun Naruto? That’s right.. bentuknya mirip seperti Suriken, senjata Jepang yang dipakai Naruto dalam episode-episode serunya :D

Belum lagi, body Xplorer V ini berwarna hitam dominan dengan sentuhan garis2 hijau pada bodynya. Sehingga, tampilan drone ini terkesan lebih mewah dan elegan. Xiro Xplorer V ini memang dibanderol dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun begitu, tapi jangan kira kualitasnya juga rendahan loh ya…

Berdasarkan informasi melalui website resminya, Xiro Xplorer merupakan Drone pabrikan Cina yang hadir dengan mengedepankan inovasi, kualitas, dan teknologi yang tinggi. Benarkah? Jika itu pertanyaannya, maka Anda sama penasarannya dengan saya sebelum akhirnya meriview Xiro Xplorer ini.

Sebelum lebih jauh membahas berbagai fitur dari Drone ini, mari secara bersama kita bongkar box Xiro Xplorer V untuk pertama kalinya!

Inside The Box

Begitu box Xiro Xplorer V ini dibuka, mata kita langsung tertuju pada body drone yang diapit berbagai dus kecil yang berisi kelengkapan lainnya. Ya, tampaknya pengemasan ini lebih mirip seperti puzzle.

Unboxing Xiro Xplorer V

Unboxing Xiro Xplorer V (1)

Tidak hanya itu, kita juga akan melihat berbagai kelengkapan lain dari Xplorer V ini. Misalnya seperti manual book, power pack, gimbal, dan propellers/ tools/ sparepat yang dikemas dalam 4 box kecil berbentuk segitiga.

Menurut saya pribadi, pengemasan dengan model ini bisa dibilang cukup menarik. Karena, mampu menjadi pembeda dengan para pesaingnya dalam hal penataan kemasan dalam box.

Tibalah saatnya mengeluarkan Xplorer V ini keluar dari singgasananya.
Ketika mengangkatnya, bobotnya terasa cukup ringan namun kokoh. Perlu diketahui, Xplorer V ini mempunyai kaki pijakan untuk landing yang bersifat fleksibel. Itulah sebabnya, sebelum meletakannya ke lantai atau meja, jangan lupa turunkan dulu kaki fleksibelnya.

Unboxing Xiro Xplorer V (2)

Kaki fleksibel ini dibuat agar saat pendaratan gimbal kamera tidak terbentur ke tanah. Ditambah lagi, dibagian bawah kaki landing dipasang silicone rubber caps untuk mengurangi getaran ketika landing.

Unboxing Xiro Xplorer V Kaki Flexibel Landing

Oke, sekarang kita beralih pada box segitiga yang berisi Gimbal. Pada Xiro Xplorer V ini, kamera telah terpasang ke Gimbal 3-Axis. Inilah yang mampu memberikan kualitas gambar yang lebih baik dengan resolusi hingga 1080P dan dilengkapi pula dengan kamera 14 MP.

Unboxing Xiro Xplorer V (4)

Unboxing Xiro Xplorer V (5)

Kamera pada Xiro Xplorer V ini juga terlindungi dengan baik. Buktinya, lensa sudah terpasangi filter lengkap dengan lens cap karetnya. Untuk pemasangan atau pelepasan filter, jujur saya cukup terkesan. Berbeda dengan yang lainnya, Xplorer V ini lebih memilih untuk menggunakan sistem magnet atau biasa disebut dengan gimbal camera magnetic filter. Ini membuatnya jauh terlihat lebih simpel.

Beralih ke remote control dari Xplorer V ini, desainnya cukup sederhana dan juga memiliki warna dominan hitam yang dikombinasikan dengan grey.  Remote Control dari Xplorer V ini juga telah mendukung user friendly. Jadi, saya yang termasuk pemula pun dapat dengan mudah menerbangkan drone ini.

Unboxing Xiro Xplorer V (6)

Unboxing Xiro Xplorer V (7)

Menunya juga cukup simpel, sehingga membuatnya nyaman ketika dioperasikan. Pada bagian tengah remote, terdapat pula dudukan untuk gantungan di leher agar saat mengoperasikan remote tidak capek.

Ketika membaca manual book, saya cukup terkesan dengan fitur remote control Xplorer V ini. Beberapa fitur mengesankan dari remote ini seperti:

  • One Button Take-off/ landing: Dengan satu tombol Anda bisa take-off atau landing hanya dengan bantuan dari satu tombol.
  • GPS Auto Pilot: Digunakan untuk mengaktifkan fitur auto pilot
  • Return Home: Dengan bantuan GPS, drone bia landing ke tempat pertama kita take off. Terlebih, jika baterai mulai menipis.
  • Vibration Alert: Bertujuan sebaai penanda, jika baterai mulai menipis maka remote akan bergetar dan menampilkan notifikasi.

Unboxing Xiro Xplorer V (9)

Sama seperti remote drone pada umumnya, remote control Xiro Xplorer V ini juga terdapat holder yang berfungsi sebagai dudukan smartphone.

Handphone Holder-nya pun bisa stretch cukup lebar, bahkan hingga Samsung Note 5 pun masih cukup. Desain holdernya juga cukup kuat, karena memang di desain untuk mencengkram pada bagian atas dan bawah smartphone.

Ads Xiro Xplorer V

Untuk baterai Xiro Xplorer V, dalam box sudah include dua buah baterai LiPo Battery 3S 11.1V 5200 mAh lengkap dengan chargernya dan kabel micro USB. Baterai ini ditempatkan di bawah body, persis dibelakang kamera pada gimbal diletakkan. Penempatan inilah yang membuat Drone Xiro Xplorer V ini tampak lebih rapi dan elegan. Saya pribadi dibuatnya terkagum-kagum dengan drone ini :’)

Unboxing Xiro Xplorer V (10)

Pemasangan baterai ke body drone ini juga menggunakan teknologi smart lock. Sehingga, mampu membuatnya benar-benar terkunci dengan baik. Jika seandainya terdapat kesalahan dalam pemasangan baterai, maka akan ada peringatan pada lampu indikator. Sehingga, Anda tidak dapat melakukan take off untuk sementara. Sungguh sangat aman bukan?

Smartlock Drone Xplorer V

Oya, baterai ini juga di desain compact. Sehingga lebih efektif untuk melindungi baterai dari benturan dan risiko berbahaya lainnya. Bahkan, kita juga dapat melihat indikator baterai langsung melalui body baterai tersebut. Cakep ‘kan?

Unboxing Xiro Xplorer V (11)

Sama seperti Quadcopter pada umumnya, Xiro Xplorer V ini juga memiliki 4 buah baling-baling yang dilengkapi sensor supaya ketika terbang, drone bisa stabil dan tak menimbulkan goncangan. Ketika membuka box propellers, pihak Xiro memberikan 2 set propellers sebagai cadangan, neck strap, beserta tools dan sparepat lainnya.

Unboxing Xiro Xplorer V (12)

Ternyata, untuk pemasangan prop-nya ada aturannya juga lho…

Untuk pemasangan props, maka Anda harus mencocokan kode warna antara props dengan motors. Setiap props memiliki tanda warna yang berbeda pada ujungnya. Meskipun Props dapat dipasang dan dilepas dalam hitungan detik, namun saat penerbangan props ini tidak gampang lepas kok…

Propeller Drone Xiro Xplorer V

Propeller Drone Xiro Xplorer V putih

Lebih singkatnya, berikut merupakan rincian spesifikasi dari Drone Xiro Xplore V yang wajib untuk Anda ketahui:

Xplorer
Axle distance
350
Max,tilt angle
35°
Propeller type
9450
Max.rotation angle
200°/s
Motor specification
2212
Battery
5200mAh Lithium battery
Weight including battery
1220
Working voltage and current
11.1V/15.6A
Hovering accuracy
Vertical:±0.5mHorizontal:±1.5m
Flight time
About 20 minutes
Max.Horizontal Speed
15m/s
Working temperature
-10℃ – 50℃
Max.Vertical Speed
6m/s
Flight control system
Flight control system included
GPS & Compass included
IMU included
LED flight indicator included
Smart battery
Type
3S LiPo
Charging environment temperature
0-40℃
Capacity
5200mAh,11.1V
Discharging environment temperature
-20℃ – 50℃
Gimbal

3-axies stable Gimbal

Suitable camera type
XIRO camera
angle control accuracy
±0.02°

Working voltage and current

11.1V/500mA
Controlled rotation range
Pitching:-90° – 0°
Working temperature
-10℃ – 50℃
Max.rotation speed
Pitching: -90°/s
Camera
HD video
1080p 30 and 720P 60
Video(FOV)
140°/110°、85°
Sensor dimensions
1/2.3″
Working voltage and current
11.1V/500mA
Effective pixels
14 Megapixels
Working temperature
-10℃ – 50℃
Max.resolution
4384*3288
The Remote Control
Working frequency
Working current/voltage
3.7V/450mA
Max.communication distance (Open area)
500m
Built-in lithium battery voltage/capacity
3.7V/4000mA
Receiving sensitivity (1%PER)
-93dBm
Working temperature
-10℃ – 50℃
Equivalent isotonic radiated power(EIRP)
19dBm
Relay

Working frequency

2412-2462 MHz
Working current/voltage
3.7V/500mA
Communication distance(Open area)
500m
Working temperature
-10℃ – 50℃
Transmitting power
19dBm
APP
Mobile devices system requirements

IOS version 8.0 above/ Android system version 4.4 or above

Best Flight Controller System

Drone Xiro Xplorer V ini mampu terbang selama 25 menit dengan kecepatan 8m/s dan ketinggian maksimal 120 meter. Mampu merekam video full HD 1080P30 (1080 / 30fps) serta mempunyai jarak maksimal paling jauh hingga 500 meter.

Ads Xiro Xplorer V

Bahkan, Anda tak perlu khawatir ketika menerbangkan drone Xiro Xplorer ini. Berbagai keistimewaan akan Anda dapatkan. Adapun beberapa diantaranya seperti:

Distinctive shape increases stability in air, Xiro Xplorer V ini sudah tertanam sistem ‘smart flight control’. Hal ini sangat berguna untuk memberikan kenyamanan Anda ketika menerbangkan drone, tanpa harus khawatir jika ada hembusan angin yang kencang. Apabila hal itu terjadi, maka drone secara otomatis akan men-stabilkan posisi terbangnya.

GPS assisted hovering, accurate and reassuring, menerbangkan Xiro jadi sangat mudah dengan teknologi ‘smart flight assistance’ dan ‘auto-hover function’. Hanya dengan satu klik / tekan tombol auto takeoff/landing pada remote. Maka, drone secara otomatis akan take off dan hover dengan akurasi ketinggian / horizontal kurang lebih 1.5 meter (GPS Mode) dan 0.5 meter akurasi hover vertical (GPS Mode).

Build-in mini computer, innovative and safer, pada bagian tengah drone terdapat modul berbentuk-X yang tertanam sensor dan IMU Chip. Hal tersebut secara efektif berfungsi untuk mengurangi getaran selama drone terbang.

Longer lifespan, improved quality, dengan smart-flight battery 5200mAh (lithium polymer) mampu terbang selama 25 menit. Ketika low-battery, remote controller akan bergetar sebagai tanda / pemberitahuan bahwa baterai akan habis dan segera memulangkan drone.

Ultimate Experience

Terdapat 3 smart control mode yang dapat Anda manfaatkan sesuai kebutuhan dalam mengontrol Drone Xiro Xplorer ini. Adapun 3 smart control yang kami maksud seperti halnya:

360° Circle Around Me

jual drone xiro xplorer v vision surabaya jakarta surabaya
Untuk mengambil gambar 360° tidak perlu dilakukan secara manual. Cukup pilih object atau orang yang ingin diputari oleh drone, secara ajaib / otomatis drone akan memutari object / orang tersebut.

Intelligent Follow Snap / Follow Me

jual drone xiro xplorer v vision surabaya jakarta indonesia
Hanya click / tap to lock, pilih object yang ingin drone ikuti di layar dengan menggambar persegi di layar aplikasi dan fitur FollowSnap akan mengejar dan mengikuti object tersebut.

Fly Up to 16 Preset WayPoints

jual drone xiro xplorer v vision surabaya jakarta indonesia
dengan fitur Waypoint ini, Anda bisa menentukan rute yang akan dilewati oleh drone Xiro Xplorer V ini. Hanya click / tap pada peta di aplikasi, upload informasi ke drone dan secara otomatis akan terbang dan mengambil gambar berdasarkan rute yang telah ditentukan. Maksimal sampai 16 titik.

Auto Return Home, & Lost Connection Protection

jual drone xiro xplorer v vision surabaya jakarta indonesia
Untuk memastikan kenyamanan selama penerbangan, drone Xiro Xplorer V secara otomatis akan kembali ke lokasi awal takeoff ketika terjadi lost connection antara remote dan drone, atau ketika baterai low.

Xiro App

Untuk mengintegrasikan Aplikasi ini, pertama yang Anda lakukan adalah dengan menekan tombol ‘power on’ pada remote control dan juga drone Xiro Xplorer V Anda. Selanjutnya, sambungkan Iphone atau Android smartphone wiFi Anda dengan koneksi Xiro. Lalu, Anda akan disambut dengan gambar pegunungan yang indah. Klik Start Aerial Photography pada bagian bawah untuk masuk ke menu utama.

Start App Xiro Xplorer V

Ketika Anda berhasil terhubung, maka Anda akan melihat live view dari kamera dan juga peta kecil pada sisi kiri bawah sebagai gambar utama. Menu 3 garis pada sebelah kiri atas adalah menu untuk keluar. Icon lainnya dari kiri ke kanan adalah wifi signal icon, flight level mode, flight battery percentage, altitude in meters, travel speed in m/s, horizontal distance away in meters, and the persentase baterai transmitter.

App Xiro Xplorer

Anda dapat menggunakan simbol + di menu paling kanan untuk menambah atau menghapus ikon dari bar atas. Sedangkan ikon lainnya dapat digunakan untuk menambahkan Flight Mode, tingkat Storage SD Card, dan Kamera FOV. Atur dan sesuaikan menu dalam aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk lebih jelasnya, coba simak video tutorial berikut:

Xiro Xplorer Gimbal Handheld

Ya, sebelumnya kita telah bersama-sama melihat review Xiro Xplorer V yang begitu asyik untuk mengambil foto ataupun merekam video. Ya, ini semua berkat teknologi gimbal dan kameranya yang tak diragukan lagi kualitasnya. Itulah sebabnya, Xiro Xplorer V ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan detail.

Handheld Gimbal Xiro Xplorer V

Sekarang bayangkan, bagaimana jika teknologi gimbal dan kamera Xplorer V yang umumnya digunakan di udara, kini dapat gunakan di ‘darat’ untuk merekam video. Sudah pasti, hasilnya akan tampak lebih apik. Solusinya, ada pada Gimbald Handheld.

Dan ajaibnya, dengan harga kurang dari 8,4 juta, sudah dapat drone Xiro Xplorer V dan include Gimbal Handheld. Ya, saya serius…

Bagi Anda yang belum tahu, Gimbal Handheld sendiri adalah sebuah perangkat untuk membatu stabilitas pada saat mengambil gambar. Pastinya, dengan alat ini Anda akan mampu menghasilkan video atau foto yang stabil tanpa guncangan (meskipun diambil menggunakan satu tangan) sedikitpun.

Sama dengan remote control-nya, pada Gimbal Handheld Xiro ini juga dilengkapi dengan holder khusus untuk meletakkan smartphone. Sebelum Anda menggunakan perangkat ini agar maksimal, maka instal aplikasi Xiro pada smartphone Anda.

Tapi jauh sebelum melakukan itu, jelasnya Anda harus memiliki terlebih dahulu Drone Xiro Xplorer V ini :D

Kami telah menjajal sendiri bagaimana Handheld Gimbal Xiro ini bekerja, dan hasilnya terbaiknya bisa Anda lihat sendiri:

Ya, secara panjang lebar ulasan ini memang untuk mengenalkan Anda tentang spesifikasi, fitur, dan all about Xiro Xplorer V. Tapi, secara pribadi saya menilai bahwa Drone ini memang dibanderol dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik di kelasnya. Bahkan, drone ini sangat compact dengan ditunjang desain futuristiknya mampu menarik siapapun untuk ingin memilikinya.

Dan hal yang paling mencengangkan adalah, dengan harga kurang dari 8,4 juta Anda sudah dapat membawa pulang Handheld Gimbal-nya. Mana lagi selain hanya Drone Xiro Xplorer V? :’)

Mau Xiro Xplorer V dengan Harga Termurah?

Dengan Xiro Xplorer V, Anda dapat memperoleh pengalaman terbaik untuk aerial/ drone photography. Juga, kami tawarkan berbagai harga paket Xiro Xplorer V mulai dari harga 7 jutaan hinga 10 jutaan. Pilihannya, bisa include Xtra Baterai, Gimbal Handheld, atau backpack.

Dapatkan Xiro Xplorer V dengan Berbagai Pilihan harga termurah, KLIK DISINI!

9 thoughts on “Perkenalkan Xiro Xplorer V, Drone Terbaik Dikelasnya!”

    1. kalau bagus mana, mungkin masih bagus produk DJI.. Tapi Xiro dengan harga 8 jutaan sudah bisa dapet sekaligus handheld gimbal… :)

  1. makasih mas reviewnya pengen nih drone ut keperluan survey sederhana, klo di bandingkan dji phantom 3 yang harganya kurang lebih sama gimana ya mas? makasih sebelumnya

    1. Xiro lebih ke gampang mretelinya kak… kualitas kamera masih kalah, tapi banyak yang lebih puas dengan performa terbangnya…

  2. Kalo untuk foto mapping apa bisa ya.. Dan apakah diaplikasinya dapat dibuat flight plan berupa jalur2 terbang yang kemudian hasil fotonya diolah dengan menggunakan software tertentu contohnya agisoft yang menghasilkan gabungan foto2 yg sudah tergeoreference/geotagging sebagaimana pada drone phantom..

    1. untuk yang biasa dibuat mapping orang2 rata menggunakan produk DJI kak, soalnya agisoft udah teruji bisa dipakai dari hasil gambar drone-drone DJI… terlepas itu semua, Xiro sudah support flight plan

  3. Perkenalkan Xiro Xplorer V, Drone Terbaik Dikelasnya! | PlazaKamera.com

  4. kamera xplorer v saya tidak bisa terkoneksi. semua cara dari youtube sudah saya coba, namun tetap saja tdk mau terkoneksi.

    saya perhatikan dlm contoh di youtube … dlm poin Bind Extended to camera — ada tulisan UG300EN_200846 yang harus di klik, … namun TIDAK muncul dalam setingan drone saya.

    bagaimana caranya ya ?
    terima kasih utk bantuannya.

    1. sepertinya ini kasus khusus kak, udah coba cari2 di forum2 xiro juga belum ada thread baru tentang ini..

      sementara langkah terbaiknya menghubungi support center Xiro, nanti begitu ada jawaban, coba kami update di sini juga…

      mungkin kakak juga bisa mencoba menghubungi support dari website xiro juga.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *