Lebih Pilih Mana, Aksesoris Fotografi ‘Ori’ atau KW?

Sudah hukum alam rasanya, jikalau terdapat suatu produk dengan merek ternama, pasti ada produk 3rd party di belakangnya.  Setuju nggak?

Pun begitu dengan berbagai macam aksesoris untuk kamera Anda. Seperti beberapa waktu lalu, di Plazakamera.com ada customer yang membeli aksesoris Housing GoPro. Kebetulan, Plazakamera.com menjual aksesoris GoPro terlengkap baik itu orisinil ataupun 3rd Party (KW).

Kemudian, customer tersebut menanyakan tentang perbandingan keduanya (ori vs KW).

Pilih Mana, Aksesoris Fotografi Ori atau KW

Memang sih kelihatannya sepele, tapi memang perlu juga ditanyakan. Nah, kebetulan saya yang ditanyain. Ya, saya jawab “Yang namanya barang Ori Mas, pasti lebih kompatibel, bagus, terjamin, dan garansinya-pun langsung dari brand-nya.”

Memang jawaban saya tidak salah, hanya saja terlalu mendiskriditkan barang 3rd party :D

Karena itulah, secara lengkap saya ingin menjawab pertanyaan “Mengapa ada barang 3rd party jika kualitas aksesoris fotografi jempolan sekelas ori sudah ada?”

Mengapa Kebanyakan Memilih Aksesoris Fotografi Ori?

Saya yakin hampir semua orang lebih memilih aksesoris fotografi ori ketimbang KW. Meski produk ori ini mungkin lebih mahal berkali-kali lipat, namun masih saja banyak orang yang rela mendapatkannya. Alasannya adalah:

Jual Canon EOS 80D

Jaminan Mutu dan Garansi

Satu hal pasti jika Anda membeli aksesoris fotografi ori adalah, Anda akan mendapatkan jaminan atas apa yang telah Anda beli. Katakanlah, Anda baru saja membeli sebuah lensa kit Canon untuk kamera Anda.

Maka, sepenuhnya jika dalam jangka waktu garansi yang telah ditentukan terdapat kerusakan, Anda dapat mengklaim sepenuhnya dan tak perlu lagi merasa khawatir dengan kerusakan yang terjadi (berdasarkan syarat tertentu). Berbeda dengan produk KW yang hanya memberikan layanan toko atau distributor saja.

Kompabilitas Terjamin

Jika Anda menggunakan aksesoris 3rd party atau dari vendor pihak ketiga, itu artinya aksesoris tersebut memang diperuntukkan bagi banyak merek kamera.

Ads

Katakanlah ketika Anda membeli lensa Sigma 35mm f/ 1.4 dengan mount untuk Canon atau Nikon, itu artinya Anda harus selektif dengan memastikan apakah lensa tersebut dapat bekerja dengan baik pada model dan tipe kamera Anda.

Hal ini jelas berbeda ketika Anda membeli lensa Nikon 35mm f/ 1.4 yang jelas-jelas diperuntukkan untuk semua tipe dengan merek Nikon.

Kepercayaan Diri Meningkat

Pernah gak sih, ketika Anda berada dalam satu komunitas fotografi, lalu Anda ditanya “Mas, peralatan fotografi yang kamu gunakan orisinil semua ta?” Pernah kejadian?

Ini memang sebagian besar ditemukan, karena sebagian besar mengaku lebih percaya diri jika mempunyai aksesoris fotografi orisinil dibandingkan dengan 3rd party.

Seseorang akan lebih merasa dihormati dan mendapatkan perhatian lebih dari sesama anggota komunitas lainnya jika memegang langsung brand aslinya.

Namun begitu, tetap saja satu-satunya hal yang menentukan seseorang diakui oleh orang lain adalah kemampuannya dalam membidik sebuah foto yang apik.

Lalu, Kenapa Harus Ada 3rd Party?

Logikanya, jika ada ori yang lebih baik kenapa muncul 3rd party? Alasannya, untuk membuat hidup lebih warna-warni lagi. Karena, 3rd party mampu memberikan hal-hal berikut:

Jual Aksesoris Fotografi

Lebih Mampu Berinovasi

Banyak aksesoris fotografi 3rd party tidak hanya berfokus pada peningkatan desain dan menetapkan kompabilitas berdasarkan merek dan tipe kamera. Melainkan, juga memberikan alternatif untuk berinovasi yang bahkan tidak dilakukan oleh produk orisinilnya.

Misalnya saja, untuk lensa 3rd party sekelas Sigma telah mengeluarkan 120-300 f / 2.8  atau 18-35mm f / 1.8 yang merupakan lensa zoom pertama untuk DSLR yang konsisten dengan aperture f / 1.8. Bahkan, ini merupakan jenis lensa yang belum diproduksi oleh Nikon dan Canon.

Lalu bagaimana kualitas lensa ori dengan 3rd party? Kebetulan, kami pernah membandingkannya langsung antara kualitas lensa Canon dengan Yongnuo. Dan hasilnya, tak berbeda jauh.

Lebih Cepat Beredar di Pasaran

Pernahkah saat Anda mencari aksesoris fotografi justru menemukan produk 3rd party lebih ada duluan di pasaran ketimbang produk orinya? Kasus ini juga ada lho.

Tentunya Anda tahu bahwa Xiaomi Yi generasi terbaru sudah muncul? Ya, memang  Xiaomi Yi II 4K telah ramai di pasaran, bahkan di Plazakamera.com pun begitu. Sayangnya, hal ini belum diikuti dengan Housing Ori dari Xiaomi Yi Cam II 4K. Padahal, banyak orang lagi butuh-butuhnya.

Nah, saat itulah kita merasa bahwa produk 3rd party begitu membantu. Ya, produk 3rd party lebih mampu bergerak cepat dibandingkan dengan produk orisinilnya. Buktinya, saat ini produk Housing Xiaomi Yi II 4K 3rd party dengan merek Kingma muncul dan sangat laris dipasaran.

Harga Bersahabat

Tentunya Anda tahu bahwa sebagian besar tools fotografi mempunyai  harga yang tak murah, terlebih jika produk tersebut adalah ori. Itu tidak menjadi masalah ketika budget Anda memang cukup untuk membelinya, namun bagaimana jika sebaliknya?

Belum lagi jika Anda adalah seorang pemula di dunia fotografi yang masih ragu untuk berinvestasi membeli tools fotografi dengan harga setinggi langit?

Jual Aksesoris KW Fotografi

Nah, untuk itulah tools fotografi 3rd party hadir menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selalu, apapun aksesoris fotografi yang Anda cari, jika itu merupakan 3rd party, maka harganya akan lebih murah dibandingkan dengan produk orinya.

Meskipun produk 3rd party, Anda harus tetap pintar memilih merek yang telah terpercaya kualitasnya.

Kesimpulannya, Mana Yang Harus Saya Pilih?

Memang, aksesoris fotografi 3rd party mempunyai harga murah, berani berinovasi, dan kadang beberapa produk 3rd bahkan tidak dikeluarkan oleh produk ori. Tapi kenyataannya, mengapa orang masih melirik barang ori?

Ya, tentu saja. Tiada aksesoris fotografi yang sebaik orinya. Namun, 3rd party hadir sebagai jalan pintas bagi Anda yang mempunyai kondisi pengecualian.

Misalnya seperti budget yang terbatas dan aksesoris fotografi yang dipakai tidak mempunyai tingkat urgenitas tinggi. Contohnya seperti seperti filter, tripod, strap, front cap, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi jika Anda masih bertanya apakah lebih baik mana antara produk ori dan KW? Maka jawabannya tergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda :D

Beragam Aksesoris Fotografi Terlengkap Bisa Anda Dapatkan

Plazakamera.com menjual berbagai aksesoris fotografi terlengkap mulai dari kualitas ori hingga 3rd party. Mulai dari lensa, body aksesoris, tas, hingga perlengkapan fotografi lainnya dengan kualitas terbaik.

Segera Dapatkan Aksesoris Fotografi Terlengkap Hanya di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *