Shopping Cart

Apa sih Kamera Mirrorless itu?

Pengertian Kamera Mirroless

Pengertian Kamera Mirroless, Pernah bingung gak sih pas mau beli kamera? Biasanya sih gini pertimbangannya, beli kamera poket nanggung. Kalau beli DSLR (Digital Single Lens Reflex) bakal keliatan keren. Tapi uang pas-pasan, lagipula body DSLR yang gede suka jadi kendala. Nah, siapa tahu Kamera Mirrorless  bisa jadi solusi buat anda. Berikut ini adalah pengertian Kamera Mirrorless beserta perbandingan Kamera Mirrorless dengan Kamera DSLR.

 Pengertian Kamera Mirroless                                                      ( macam-macam merek kamera mirrorless )

// Apa sih kamera mirrorless itu ? //

Pengertian kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR, namun kualitas gambarnya setara karena image sensor yang digunakan sama besar.Oleh sebab itu, ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR dan bisa ganti lensa.

Baca juga :   Full Review: Feiyu Summon (Menantang DJI Osmo)

Ide awal

Awalnya kamera mirrorless digagas dari pemikiran untuk mengecilkan ukuran kamera dan lensa. Alasannya, kamera DSLR dan lensanya terlalu besar bagi kebanyakan orang, bobotnya juga berat (apalagi lensa-lensa panjang) dan terlalu menarik perhatian saat dipakai memotret di area publik (berapa banyak dari kita yang ditegur satpam di mal saat memotret pakai kamera DSLR?).

Sayangnya kamera DSLR tidak bisa dibuat lebih kecil dari yang sudah ada (DSLR paling kecil saat ini adalah Canon 100D) karena dua hal : cermin dan prisma. Cermin inilah komponen utama kamera DSLR, sementara prisma jadi komponen utama yang membuat pemakai DSLR bisa melihat apa yang ‘dilihat’ lensa lewat jendela bidik optik.

Baca juga :   Ini Lho 6 Fitur Rahasia di DJI GO 4 App untuk Drone DJI!

Sedangkan yang masih sama antara kamera mirrorless dengan DSLR adalah lensanya yang bisa dilepas, sehingga dikenal ada mount (dudukan) lensa untuk format mirrorless

// Gimana sih cara kerjanya ? //

Kamera mirrorless mencoba membuat dimensi kamera yang kecil, dengan syarat harus menghilangkan cermin dan prisma. Konsekuensinya adalah tidak ada jendela bidik optik, jadi dalam membidik hanya melalui cara live view yang artinya kita melihat di LCD dan pada prinsipnya itu adalah melihat apa yang ‘dilihat’ oleh sensor.

One comment

  1. wah sangat membantu artikelnya,
    yang suka doodle dan illustrasi main ke chanel yutub saya yak
    https://youtu.be/AbZhvYpd1FM

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00