5 Alasan kamu harus menghindari Gopro Hero 9!!

GoPro Hero9 Black terbaru

GoPro’s slogan for the Hero 9 launch is “More everything”. Sesuai slogannya, ada banyak hal baru yang dibawa oleh action cam satu ini, Seperti Dual Screen LCD dan resolusi video 5K. Jadi, ini yang memberikan 5 alasan kamu mesti harus menghindari segala hal tentang Hero 9 (kecuali kamu udah siap untuk kepikiran siang malem aja).

1. Hardware baru

Agak aneh emang kalo mulai membicarakan GoPro Hero 9, terlebih lagi dari berat dan dimensinya. Karena gimana-gimana seri ini beda banget secara ukuran dan bentuk sama sebelumnya, coba perhatikan sedikit gambar di bawah pasti sudah dapat dipastikan dari ukurannya.

GoPro Hero 8 vs 9 Black | Digital Camera World

Tapi untuk beberapa alasan, Body action camera satu ini sesuai dengan 3 fitur baru (paling seru) yang bakal ditemukan di Hero9 Black:

  • Adanya display depan dan kapasitas baterai yang lebih besar juga (finally!)
  • Removable lens cover is back! Jadi nggak seperti Hero 8, kamu bisa pasang filter lagi di Hero 9 ini.
  • “Max Mod” khusus Hero 9 yang bisa bikin kamu ngerasain kamera 360 kayak GoPro Max…

 

2. 5K Video

Sebenarnya, 5K video kayaknya nggak seberapa perlu buat kebanyakan dari kita. Apalagi Cuma beberapa device atau media streaming yang support diatas 4K. Tapi ada hal menarik dari fitur ini yaitu, Extra pixel yang artinya kamu bebas nge crop videomu kayak apa dan tetep nge-eskport di 4k!!

1080p vs 1440p vs 4K vs 5K vs 8K Resolutions Visual Comparison Titan X Pascal SLI - YouTube

Cuma, Resolusi 5K di Hero9 Black ini nggak bisa dipake buat mode Slow-mo ya. Resolusi ini cuma bisa di pakai di 30fps. Tapi jangan khawatir, untuk slow-mo kamu bisa pake 4K di 60fps atau 2.7K /1080p di 120 dan 240fps.

 

3. Dual screen

GoPro Hero 9 Black review | Engadget

Sejujurnya, it’s a nice little addition about gopro hero9 black dual screen ini.

Iya! Kalo kamu udah pernah pake GoPro, kamu pasti pernah ngerasain gimana susahnya “ngepasin” dirimu di bagian tengah waktu lagi ngerekam. Karena it’s not as straightforward as you think (untung wide angle ya lensanya), jadi seringnya “trial and error” gitu kan waktu ngerekam. Gagal dan coba lagi. Nah, dengan Screen display di depan ini pasti akan sangat membantu kamu untuk ngilangin sesuatu yang bersifat “useless”.

Ya, meskipun ada beberapa hal yang perlu kamu tahu!. Display screen di bagian depannya nggak touchscreen dan nggak cukup lebar banget. Tapi serunya, kamu bisa menentukan apa yang mau ditampilin disana dengan beberapa menu pilihan yang mempermudah kamu dalam mengoperasikan action cam ini.

 

4. Ketahanan Baterai

Kalo ditanyain apa yang kita mau dari GoPro pasti jawabannya : Penambahan kapasitas baterai tanpa ngerubah ukuran kameranya! Bener nggak?

Nah, seperti yang udah dibahas sebelumnya kalo ukuran body Hero9 Black ini lebih besar. Jadi, GoPro emang menggunakan extra space itu biar ukuran baterai (dan kapasitasnya) jadi lebih besar. Baterai Hero8 sendiri ada di 1.220mAh dan Hero9 di 1.720mAh, yang artinya ada 500 mAh sendiri buat dimainkan di Hero 9 nanti. Wow!!

Emang pengaruh?
Ya nggak bisa juga si emang ngukur menit di mAh, karena setiap mode dan fitur2 di setiap action cam berbeda dalam hal pemakaian baterai. Tapi kamu bisa membandingkan waktu Hero 8 dan Hero 9 di mode linear, 1080p, dan hypersmooth off. Hero 8 bisa merekam sekitar 2 menit sebelum “flaking out” dan Hero 9 (kabar dari yang udah pernah nyoba) bisa bertahan sampe 25 menit. Dan ini membuktikan klaim nya GoPro yang bilang kalo baterai di Hero 9 ini lebih awet 30% memang keren banget.

 

5. Power Tools

Ada yang baru di settingan “power” GoPro Hero 9 Black :  Scheduled Capture, Duration dan HindSight.

  • Scheduled Capture memungkinkan kamu nge-jadwalin jam dan tanggal ngerecord. Jadi waktu pas tanggal dan jam yang kamu tentuin itu, GoPro bakal secara ajaib nyala dan mulai ngerekam.
  • Duration buat kamu ngejadwalin berapa lama durasi perekaman yang kamu butuhin.
  • HindSight memungkinkan GoPro buat ngerekam 30 detik lebih awal sebelum akhirnya kamu mencet tombol “shutter”

Serunya, kamu bisa nggabungin scheduled capture dan duration barengan. Buat apa?

Katakanlah kamu mau ngerekam matahari terbit selama 20 menit. Kamu tinggal ngejadwalin jam berapa kamu mau mulai ngerekam dan berapa lama durasi rekamannya. Udah, meskipun kamu ketiduran, GoPro bakal tetep nyala dan ngerekam sesuai jadwalmu itu tadi…

Kesimpulan

It’s that’s still a lot to pay for an action camera? Kalau jawabanmu IYA, lebih baik kamu hindari aja semua hal tentang Hero 9 yang bisa bikin galau berkepanjangan. Karena, kalo kamu nggak perlu semua “cuitan racun” diatas, Hero 8 masih beredar dengan harga yang lebih terjangkau atau dapat dikatakan murah kok :p

Tapi  kalo menurutmu Hero 9 ini Worth it banget, dengan Kapasitas baterai yang lebih besar dan screen depannya yang bisa bikin user pengguna-nya nggak mati gaya waktu ngerekam, ya udah lanjut dan tinggalkan jejak disini aja buat info lanjutannya…

Leave a Reply