Shopping Cart

Yuk, Mengenal White Balance Bagian II – End

Setelah kita mengenal sedikit tentang Color Temperature, kaitan antara warna dan white balance, pada artikel Bagian I, kali ini kita akan membahas beberapa hal lebih dalam hingga tuntas mengenai white balance.

What_is_white_balance_DCM125.shoot_basics.step2_

// Apa fungsi dari white balance ? //

Fungsi White Balance itu sendiri untuk membuat hal-hal berwarna putih tampak putih dalam fotografi dengan memgkompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar. Cara kerja white balance sendiri kurang lebih sih untuk meniru cara mata memahami warna.

Alasan kenapa kamera memerlukan setting white balance adalah karena kita memotret dalam kondisi pencahayaan yang berubah-rubah. Mata telanjang kita adalah alat yang super canggih dan mampu beradaptasi (menyeimbangkan) terhadap perubahan warna cahaya, jadi kertas putih dimanapun akan tampak putih bagi kita. Namun kamera tidaklah secanggih mata, karena itu kertas putih belum tentu terlihat putih bagi kamera dalam warna pencahayaan yang berbeda.

Baca juga :   Apa Saja Peralatan untuk Fotografi Wedding?

Jadi tujuan setting white balance adalah memerintahkan kamera agar mengenali temperatur sumber cahaya yang ada. Supaya yang putih terlihat putih, merah terlihat merah dan hijau terlihat hijau, atau dengan kata lain agar kamera merekam warna obyek secara akurat dalam kondisi pencahaayan apapun.

Camera_tips_custom_white_balance_gearcraft.step2_/ Mengapa harus benda putih? /

Hal ini karena benda putihlah yang mudah untuk dijadikan acuan sekaligus mampu bereaksi terhadap perubahan warna dari sumber cahaya. Warna putih tidak mengenal kompromi, tidak ada putih muda atau putih tua, tidak ada putih kebiruan atau putih kekuningan. Warna putih akan jadi kuning bila disinari cahaya kuning, dan akan jadi biru bila disinari lampu berwarna biru. Maka itu benda putih bisa menjadi tolok ukur tepat atau tidaknya pengaturan WB kamera. Bila kamera diset dengan WB untuk temperatur warna rendah namun diberi sumber cahaya yang temperatur warnanya lebih tinggi maka hasilnya benda putih tadi akan jadi kebiruan, sebaliknya bila kamera diset dengan WB untuk temperatur warna tinggi namun diberi sumber cahaya yang temperatur warnanyaa lebih rendah maka hasilnya benda putih tadi akan jadi kekuningan (atau oranye).

Baca juga :   Tips Mudah Reset Nama dan Password Wifi Pada Hero4

color-temperature-scale
Tetapi sebaik-baik mesin tentu masih mempunyai banyak kelemahan, karena pada Skala cahaya tertentu AWB tidak bisa bekerja dengan baik.  Auto White Balance bekerja dengan baik dalam rentan 3000 sampai degan 7.000 derajat kelvin.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00