Shopping Cart

Yuk, belajar tentang white balance – Bagian I

Camera_tips_custom_white_balance_gearcraft.step3_
// Apa sih white balance itu ? //

Bila membahas tentang fotografi dijaman sekarang,  semua orang akan lebih tertarik dengan karya fotografi berwarna.

Sekarang semua peralatan elektronik yang dinikmati dengan visual pasti dibuat untuk menghasilkan warna yang lebih tajam, yang lebih baik, dan yang lebih lain-lainnya. Alasan ini juga akan memperkuat pengamat fotografi lebih menikmati foto berwarna daripada hitam putih. Walaupun karya foto hitam putih tetap memiliki penggemar dan penikmat yang pasti selalu ada, namun fotografi warna memiliki banyak aspek untuk dieksplorasi dan dikembangkan baik dari segi karya maupun dari pihak pengamatnya.

Menurut wikipedia White Balance adalah kemampuan kamera dalam membaca/menterjemahkan warna putih berdasarkan sumber cahaya yang ada. Sumber cahaya dapat mempengaruhi kemampuan kamera dalam membaca warna putih ( biasanya oleh sensor kamera ), karena setiap sumber cahaya mempunyai suhu yang berbeda sehingga bisa mempengaruhi kamera dalam membaca warna putih.

Baca juga :   Banyak Produk Canggih di CES 2018. Siap-Siap Laper Mata!

warna-itu-apa
/ sebelum  meninjau lebih dalam tentang white balance, ada baiknya kita pahami tentang warna  /

Kita bisa mulai mencari tahu pengertian Warna secara ilmiah, Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

visible-light

Secara prinsip, warna merupakan salah satu elemen penting dalam fotografi, warna sangatlah berpengaruh pada respon visual manusia. Warna juga dapat menimbulkan rangsangan emosi,sehingga masing-masing pribadi bisa mengemukakan perasaan yang berbeda-beda dalam mengomentari suatu warna. Yap, warna juga menjadi sering menjadi simbol atau digunakan untuk melambangkan suatu maksud, serta mengidentifikasi sesuatu. Sebagai contoh, kesan hangat dari warna foto saat tenggelamnya matahari, atau kesan menenangkan dari warna biru laut.

Baca juga :   Zhiyun Weebill S vs Zhiyun Weebill 2

spectrum-visibleDengan memahami teori tentang warna seorang fotografer pasti dapat mengatasi dan menguasai semua kondisi saat pemotretan karya foto berlangsung.  Untuk menciptakan nuansa baru untuk mendukung tema foto, untuk mengatasi keadaan yang tidak sesuai karena keberadaan cahaya yang tidak tepat, sehingga fotografer dengan tehnik dan teori dapat mengatasi semua kondisi  yang berhubungan dengan warna baik pemotretan dalam studio maupun luar studio.

Sederhananya White balance merupakan aspek penting dalam dunia fotografi dan berpengaruh pada hasil akhir foto. Alasan kenapa kita perlu memahami white balance adalah karena kita ingin warna foto kita seakurat mungkin. Jadi, white balance berpengaruh terhadap warna foto.

.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00