Yuk, belajar tentang white balance – Bagian I

Camera_tips_custom_white_balance_gearcraft.step3_
// Apa sih white balance itu ? //

Bila membahas tentang fotografi dijaman sekarang,  semua orang akan lebih tertarik dengan karya fotografi berwarna.

Sekarang semua peralatan elektronik yang dinikmati dengan visual pasti dibuat untuk menghasilkan warna yang lebih tajam, yang lebih baik, dan yang lebih lain-lainnya. Alasan ini juga akan memperkuat pengamat fotografi lebih menikmati foto berwarna daripada hitam putih. Walaupun karya foto hitam putih tetap memiliki penggemar dan penikmat yang pasti selalu ada, namun fotografi warna memiliki banyak aspek untuk dieksplorasi dan dikembangkan baik dari segi karya maupun dari pihak pengamatnya.

Menurut wikipedia White Balance adalah kemampuan kamera dalam membaca/menterjemahkan warna putih berdasarkan sumber cahaya yang ada. Sumber cahaya dapat mempengaruhi kemampuan kamera dalam membaca warna putih ( biasanya oleh sensor kamera ), karena setiap sumber cahaya mempunyai suhu yang berbeda sehingga bisa mempengaruhi kamera dalam membaca warna putih.

warna-itu-apa
/ sebelum  meninjau lebih dalam tentang white balance, ada baiknya kita pahami tentang warna  /

Kita bisa mulai mencari tahu pengertian Warna secara ilmiah, Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

visible-light

Secara prinsip, warna merupakan salah satu elemen penting dalam fotografi, warna sangatlah berpengaruh pada respon visual manusia. Warna juga dapat menimbulkan rangsangan emosi,sehingga masing-masing pribadi bisa mengemukakan perasaan yang berbeda-beda dalam mengomentari suatu warna. Yap, warna juga menjadi sering menjadi simbol atau digunakan untuk melambangkan suatu maksud, serta mengidentifikasi sesuatu. Sebagai contoh, kesan hangat dari warna foto saat tenggelamnya matahari, atau kesan menenangkan dari warna biru laut.

spectrum-visibleDengan memahami teori tentang warna seorang fotografer pasti dapat mengatasi dan menguasai semua kondisi saat pemotretan karya foto berlangsung.  Untuk menciptakan nuansa baru untuk mendukung tema foto, untuk mengatasi keadaan yang tidak sesuai karena keberadaan cahaya yang tidak tepat, sehingga fotografer dengan tehnik dan teori dapat mengatasi semua kondisi  yang berhubungan dengan warna baik pemotretan dalam studio maupun luar studio.

Sederhananya White balance merupakan aspek penting dalam dunia fotografi dan berpengaruh pada hasil akhir foto. Alasan kenapa kita perlu memahami white balance adalah karena kita ingin warna foto kita seakurat mungkin. Jadi, white balance berpengaruh terhadap warna foto.

.

 Correct_white_balance_camera_tips_DCM139.shoot_rescue.step1_

// Warna dan White Balance dalam fotografi //

Cahaya sendiri sebenarnya merupakan perpaduan dari berbagai spektrum warna yang bercampur sehingga bermacam sumber cahaya memiliki karakter warna yang berbeda. Intensitas cahaya yang menerangi sebuah benda mempengaruhi tingkat eksposur. Dalam fotografi dikenal bermacam sumber cahaya yang  disesuaikan dengan kondisi pemotretan, seperti sinar matahari, lampu kilat, lampu ruangan (bohlam atau neon) hingga lampu studio. Meski kesemua sumber cahaya itu memiliki warna yang nampak sama bagi mata manusia, tidak demikian halnya dengan kamera.

Pada kamera, benda putih bisa nampak kekuningan bila disinari lampu dengan temperatur warna rendah, atau kebiruan bila disinari sumber cahaya dengan temperatur tinggi. Hal ini karena mata manusia memiliki kemampuan kompensasi warna sedangkan kamera hanya merekam warna apa adanya, temperatur warna dari sumber cahaya yang dipakai bisa berpotensi menggeser warna yang dihasilkan oleh kamera sehingga sebuah foto bisa nampak tidak natural.

white-balance-comparison

Untuk itulah pada kamera digital diberikan sebuah fitur yang bernama White Balance (WB), yaitu suatu proses kompensasi warna yang dilakukan pada kamera untuk mencegah hasil foto yang warnanya tidak natural. Proses WB pada kamera akan menyesuaikan dengan temperatur warna yang dipancarkan dari sumber cahaya sehingga benda yang berwarna putih akan tetap tampak putih, tidak terlalu oranye atau kebiruan.

Hal ini karena benda putihlah yang mudah untuk dijadikan acuan sekaligus mampu bereaksi terhadap perubahan warna dari sumber cahaya. Warna putih tidak mengenal kompromi, tidak ada putih muda atau putih tua, tidak ada putih kebiruan atau putih kekuningan. Warna putih akan jadi kuning bila disinari cahaya kuning, dan akan jadi biru bila disinari lampu berwarna biru. Itu sebabnya benda putih bisa menjadi tolok ukur tepat atau tidaknya pengaturan WB kamera. :)

 sunrise-sunset-sun-calculator

/ suhu  warna dalam fotografi /

Suhu warna atau Correlated Color Temperatur ( CTC ) merupakan skala ilmiah yang dinyatakan dalam satuan derajat kelvin dan digunakan untuk mendeskripsikan warna.
Suhu warna merupakan karakteristik warna yang terlihat dari sumber cahaya,  dihitung dengan menentukan temperatur cahaya pada garis isotemperatur pada grafik kromatisitas, Istilah suhu warna hanya digunakan untuk mengukur warna dari sumber cahaya yang sama dengan radiasi yg dipancarkan.

Planckian-locus

” Suhu warna merupakan faktor penting untuk aplikasi pencahayaan seperti, fotografi, videografi dan bidang lainnya yang melibatkan pencahayaan.

Dalam Fotografi Cahaya dikelompokkan dalam satuan skala yaitu Kelvin ( K ), Nol derajat Kelvin (ini didefinisikan sebagai nol absolut di mana tidak ada gerakan molekul) sesuai dengan -459,67 derajat Fahrenheit. Hubungan antara temperatur warna dan Kelvin berasal dari pemanas “radiator hitam” (menganggap ini sebagai sepotong logam hitam) sampai bersinar.

Cara-Seting-WB-Kelvin-DSLR-550x446

color-temperature-scale

Warna yang memancar dari elemen lampu tersebut berkorelasi dengan warna yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari. Warna yang dipancarkan dari lampu tungsten di ruang tamu Anda adalah identik dengan cahaya putih kuning ketika suhu elemen lampu adalah sekitar 3200 derajat Kelvin. Bila suhu naik sampai 5500 derajat, kualitas cahaya putih identik dengan warna matahari pada tengah hari. Kualitas kebiru-biruan senja sesaat sebelum gelap sama dengan warna hitam di sekitar 12.000 derajat Kelvin.

Pada bagian selanjutnya, kita akan bahas memahami cara aturan white balance pada kamera dslr anda, terus baca artikel dari kita yak :)

Bersambung pada bagian ke dua..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *