Tripod Terbaik Untuk Kamera DSLR & Mirrorless

Sudah punya kamera? Mau kamera DSLR atau mirrorless, pastikan Anda punya tripod lho. Tidak perlu mikir “buat apa beli tripod, nggak bakal kepakai kok” karena niscaya akan terpakai cepat atau lambat. Apalagi dengan makin beragamnya jenis tripod untuk mengakali situasi yang mungkin tak akan terpikir oleh Anda saat ini.

Biar Anda tidak bingung harus beli tripod mana yang sesuai kebutuhan, bisa simak review kami ini.

 

Manfrotto Pixi Evo

Merk Manfrotto mungkin sudah familiar di kalangan fotografer/videografer untuk tripod “besar”nya yang bagus. Namun nggak banyak yang tahu kalau Manfrotto juga punya tripod mungil yang tidak kalah recommended lho!

Tripod Pixi Evo didesain untuk yang kecil juga seperti smartphone dan action cam, namun juga sangat kuat untuk mirrorless dengan lensa panjang sekalipun. Walau kesannya kecil mungil tapi dijamin kokoh dan anti selip. Nilai plusnya nih, tripod yang mirip baling-balingnya drone ini bisa dipegang tangan juga dengan posisi semua kakinya menutup yang berguna untuk merekam video. Paling sering dipakai oleh travel vlogger, bisa dipegang seperti tongsis, bisa dijadikan desktop tripod juga.

Manfrotto Pixi Evo

Joby Gorillapod SLR-Zoom

Mencari tripod yang super fleksibel? Tentu saja harus punya GorillaPod. Walau namanya gorilla tapi bentuknya lebih mirip tentakelnya gurita yang fungsinya memang seperti itu, mencengkeram. Jadi Anda tidak perlu bingung cari penyangga di tempat yang sulit. GorillaPod bisa mencengkeram apapun dan sanggup menahan kamera dalam posisi miring.

Namun pastikan memilih seri yang sesuai dengan kamera karena beda-beda ukurannya. Misal GorillaPod ukuran L lebh cocok untuk mirrorless & smartphone, sedangkan DSLR harus pakai yang ukuran XL. Tenang saja pada dasarnya GorillaPod kuat kok menyangga kameramu, aman.

Gorillapod

MeFoto Backpacker Travel Tripod

Ringkes, colorful, dan serbaguna, MeFoto Backpacker Travel Tripod adalah salah satu tripod yang punya nilai jual paling menarik di antara semua yang kita list di sini. Layaknya tripod-tripod keluaran MeFoto lainnya, tripod ini hadir dengan macam-macam pilihan warna, mulai dari silver hingga ungu. Sesuai dengan namanya, tripod ini juga memungkinkan untuk ditaruh di dalem tas. Kemudian ballheadnya pun cukup kuat dengan mampu menahan beban kamera hingga 4kg.

MeFOTO RoadTrip Air Travel Tripod Blue

Tripod Beike Q999

Tripod Beike Q999 bisa jadi pilihan Anda yang suka kegiatan outdoor maupun indoor. Tripod ini cukup murah dan bisa dipakai untuk semua merk kamera yang ada di pasaran, plus desainnya yang cukup elegan baik untuk keperluan acara indoor atau untuk kegiatan di lapangan.

Kualitas material Beike Q999 terbilang sangat bagus yaitu aluminium alloy yang juga ringan untuk dibawa bepergian. Panjang saat dilipat 43cm sehingga masih memungkinkan masuk kedalam tas jadi cukup praktis. Apalagi salah satu kaki tripodnya bisa dilepas untuk dijadikan monopod.

Tripod ballhead ini punya build yang kokoh dan stabil terutama untuk pengambilan gambar di outdoor. Selain itu juga memiliki 6 section center column pada kaki-kakinya yang bisa mengakomodasi pemotretan angle paling rendah sekalipun.

Beike Q999

Benro iSmart IS05

Tripod yang dikhususkan untuk traveller banyak digarap beberapa produsen termasuk Benro yang recommended. Benro iSmart IS05 menjadi tripod yang super duper ringkas, ringan dan portabel dibawa bepergian karena bentuknya yang tipisl.

Benro iSmart IS05  juga salah satu tripod traveller terkecil di dunia lho. Panjang setelah dilipat hanya 26,5 cm dan saat dipanjangkan maksimal bisa sampai 1,5 meter tingginya. Apalagi beratnya tidak sampai 1 kg termasuk head sehingga benar-benar ringkas untuk dibawa-bawa.

Tripod ini didesain bisa mencengkeram DSLR namun untuk performa terbaik adalah kamera pocket dan mirrorless. Meski begitu tripod ini kuat untuk menahan beban hingga 4 kg.

Benro iSmart IS05

Nah, sudah memutuskan mau membeli tripod yang mana? Pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda dan kompatibel dengan kamera Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *