TERRY RICHARDSON: Fotografer Langganan Selebritis Dunia

Gimana ya rasanya jadi Terry Richardson? Fotografer langganan selebritis dunia kayak seleb Lady Gaga, Paris Hilton, Rihanna, Pharell Williams, bahkan juga jadi langganan Presiden Obama!

terry

Impian fotografer tuh biasanya ingin motret siapa sih? Idola? Artis? atau selebriti favorit?

Kalau saya ingin banget bisa memotret selebriti favorit saya (selain foto di panggung). Misalnya secara spesial memotret idola di studio. Kabayang ya suasana di studio? Hmm, bisa ngobrol sedikit-sedikit saja sudah bisa menjadikan hal itu sebagai achievement! Haha…

Terry Richardson mungkin adalah fotografer paling beruntung karena sering memotret idola masyarakat. Tapi, pria berusia 51 tahun ini jelas sudah lama berada di dunia fotografi, dan Terry termasuk fotografer yang berani memotret selebritis atau model dunia dengan tidak berpakaian sama sekali alias telanjang. Haha… Sirik ya? :p

ldggmdn

with Lady Gaga & Madonna

 

Beberapa waktu lalu Terry memotret Lady Gaga untuk cover single-nya “Do What You Want” yang berduet dengan R. Kelly. Selain itu ada Madonna untuk cover majalah Harper’s Bazaar, dan Kendrick Lamar untuk majalah Document. Wah, nggak main-main nih fotografernya.

And you know what?! Ternyata Terry juga pernah menjadi sutradara video klip Miley Cyrus “Wrecking ball” yang sempat fenomenal beberapa waktu lalu. Terlihat banget ya Miley Cyrus banyak beradegan tidak menggunakan baju, dan Terry Richardson berhasil membuat video yang sempat melejit itu.

 

brand zine

Proyek-proyek Terry Richardson di majalah-majalah

 

Sekarang, pertanyaannya adalah kenapa seorang Terry Richardson ini bisa dengan mudahnya berada di lingkungan para selebritis? Ya kan?

Terry adalah anak dari seorang artis tahun 50an, Norma Kessler, dan memang sangat tertarik dengan fashion photos. Tahun 1992 Terry berhenti bermusik dan saat mendapat hadiah kamera dari Ibunya, Terry mulai melakukan shooting pertamanya tentang young people partying and New York city’s night life.

Karirnya menanjak sejak karya fotografinya tampil di Paris International Festival De La Mode tahun 1994. Sejak saat itu, tawaran untuk memotret di-sana-sini berdatangan, sampai artis atau selebritis juga ingin dipotret olehnya.

 

1996vibesaturday4

Karya pertama Terry Richardson

1996vibesaturday3

Bisa Anda bayangkan lingkaran pergaulan Terry Richardson? :).

Sejak awal dia sudah memiliki potensi untuk bertemu dengan kalangan seleb. Dan dengan style foto-fotonya yang berhasil menangkap aktivitas hedon dengan keren, tidak heran jika para artis pun ingin menggunakan jasa dia.

 

Untuk konsep dan style, Terry suka mengeksplor ide ke arah sexuality, dan suka menggunakan white background.

Jadi kalau anda melihat foto selebritis berdiri dengan background putih dengan bayangan yang tajam di wajah seleb itu, berarti anda sedang menikmati karya foto Terry Richardson. Hehe… Memang sih menurut saya, white background itu terlihat keren. Bisa elegan, simpel, dan classy.

 

 

1

23

Kalau diperhatikan, hampir semua foto yang diambil oleh Terry Richardson menggunakan efek High Key. High Key adalah background dan subjek yang serba putih. Bisa dilihat kan dari gambar-gambar diatas? Kunci kebersilan high key adalah menghilangkan segala jenis bayangan dan menerangi subjek dengan diffused light atau menggunakan exposure compensation bila diperlukan. And they’re looks gorgeous! Dan white background menjadi salah satu ciri khas Terry.

 

Dari semua artis atau selebritis yang difoto oleh Terry, saya melihat artis atau model foto Terry merasa nyaman dan menjadi dirinya sendiri saat difoto. Alhasil, bisa dilihat & dirasakan bahwa sang model seakan memilih posenya sendiri dan ekpresi pun benar-benar mencerminkan kepribadian sang model.  I think it’s because of Terry has an extraordinary skills and can make his models comfortable (rare talent here).

sf

Terry and his cameras

 

old-white-background

Terry Richardson’s Cameras

Bicara tentang ‘alat perang’ apa saja yang Terry gunakan untuk memotret artis-artis papan atas? Terry menggunakan:

  • Nikon D3X
  • Sony DSC-RX100 II (anda bisa membelinya di Plaza Kamera)
  • Panasonic DMC-GF1 14-45 mm zoom

Kalau penasaran seperti apa model fotografi dari Terry Richardson? Silahkan cek di Terry Richardson’s Website

So, are you ready to be the next Terry Richardson yang bisa memotret banyak artis dunia? Nah, coba cek 100 tips fotografi yah, agar bisa bantu anda jadi fotografer keren!

 

Related Post

4 thoughts on “TERRY RICHARDSON: Fotografer Langganan Selebritis Dunia”

  1. fotografer mbois ini !!!
    makasih buat informasi artikel ini kak

    kulas dong soal fotografer profesional yang menggunakan kamera tercanggih(mahal) vs kamera jadul

    1. Terimakasih sudah membaca artikel ini,
      artikel tentang fotografer profesional yang menggunakan kamera tercanggih (mahal) vs kamera jadul akan secepatnya diposting…
      Mohon ditunggu ya,
      terimakasih..

      Salam,
      Shaula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *