Review DJI Mavic Mini, Drone Termurah, Terkecil, Teringan dari DJI

Munculnya DJI Mavic Mini ini mungkin tidak lepas dengan semakin ketatnya regulasi soal drone, terutama di kancah internasional. Beberapa insiden terjadi karena ke’ngawuran’ pilot drone yang membahayakan kegiatan operasional lainnya (contoh: aktivitas bandara). Dan dari sebagian regulasi baru soal drone, salah satu diantaranya adalah drone dengan berat 250g ke atas harus mendapat ijin dari pihak aviasi nasional (yang sudah berlaku di US dan UK). Lalu bagaimana produsen drone menyikapi aturan ini? Bagi DJI, tinggal bikin aja yang beratnya 249g, DJI Mavic Mini.

DJI Mavic Mini Harga dan Tanggal Rilis

Menurut website resmi DJI, drone mungil ini akan dirilis di tanggal 11 November 2019 (keesokan hari sejak blog ini ditulis kalau kamu cukup teliti). Dan seperti biasa, DJI akan mengeluarkan dua versi, paket basic (drone, baterai, remote) dan Fly More Combo yang nantinya dapat tambahan aksesoris berupa charging hub yang juga bisa jadi powerbank, propeller guard, dan dua baterai ekstra.

Baca juga :   Apa Saja Spesifikasi dan Fitur Baru dari DJI Spark?

Soal harga, mereka akan rilis di harga $399 (sekitar 5.6 juta) dan paket Fly More Combo di $499 (sekitar 6.9 juta). Kemungkinan ini akan menggantikan posisi DJI Spark dan harganya tidak akan jauh dari situ ketika nanti masuk Indonesia.

 

Desain

Layaknya drone kekinian lainnya, DJI Mavic Mini juga bisa dilipat, dengan kaki yang ditekuk ke dalam dan ke luar dengan mudah. Masih mirip mavic, gimbal depan di kamera juga dilindungi oleh shield, sementara di bagian belakang juga sudah tersedia slot memory dan usb yang bisa digunakan kapan pun. Di bagian atas ini adalah areanya baterai, sementara di bagian bawah adalah letak tombol power.

Baca juga :   Pilihan Kamera Untuk Fotografer Pemula

Yang paling menarik dari desain ini adalah beratnya DJI Mavic Mini yang cuma 249g. Seperti yang disebutkan di awal, ini juga mefasilitasi pengguna umum di wilayah US, UK, dan Australia agar tidak perlu repot-repot mendaftarkan drone mereka setiap kali ingin menggunakannya.

Dari beban yang ringan itu, 100g-nya adalah dari berat baterai. Ketika baterai dicopot akan kerasa sekali bahwa body dan teknologi di dalam DJI Mavic Mini ini sangat ringan sekali.

One thought on “Review DJI Mavic Mini, Drone Termurah, Terkecil, Teringan dari DJI”

Leave a Reply