Shopping Cart
beda memory card micro sd sdhc sdxc

Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, dan SDXC

Ketika pertama kali mempunyai gear baru, ntah itu HP baru atau kamera baru, kamu pasti pernah memikirkan memory card apa yang sesuai dengan gear baru-mu tersebut?

Atau bahkan kamu tidak tahu jenis memory card apa yang digunakan? Pokoknya kita mau beli MMC, Micro SD, SD Card, atau istilah lain yang biasa kita ucapkan.

Tapi tahukah kamu kalau memory card itu tidaklah sama?

Ya tentu, beda merek, beda kapasitas, beda kecepatan, pokoknya yang lebih mahal itu yang lebih bagus.

beda memory card micro sd sdhc sdxc

Hehehe, perbedaan memory card yang disebutkan tadi tidak ada yang salah. Biasanya kita pengennya memory nya harus class 10, tapi tahukah kamu tulisan class 10 pada memory card tersebut artinya apa?

Kali ini kita akan belajar sedikit lebih detail mengenai memory card yang sudah beredar di pasaran. Biar kita tahu bedanya memory card yang itu apa saja, agar kedepannya kita bisa mengerti kebutuhan memory card yang seharusnya kita beli itu seperti apa?

Baca juga :   Ini Alasan Fujifilm X-A10 Menang Dibanding Mirrorless ‘Hemat’ Lainnya

Baiklah, memory card yang sudah umum kita ketahui saat ini adalah Micro SD dan SD. Untuk SDHC dan SDXC mungkin jarang sekali kita dengar.

STORAGE CAPACITY

SD (Secure Digital) – Mampu menyediakan kapasitas sampai 2GB, sudah sangat jarang kita temukan untuk SD card dengan kapasitas segini.

SDHC (Secure Digital High Capacity) – Mampu menyediakan kapasitas 4GB sampai 32GB.

SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) – Mampu menyediakan kapasitas lebih dari 32GB sampai saat ini sudah ada yang sampai 2TB. Wow!

Kalau dilihat dari urutannya, SD adalah memory card generasi pertama yang mampu menyimpan data dengan kapasitas 2GB – 4GB, yang dimana mungkin waktu itu kita masih menggunakan floppy disk atau disket ya? Yang kapasitasnya cuman 1,4MB pada waktu itu.

Baca juga :   4 Kamera Untuk Pemula Di Tahun 2019

Kemudian bagaimana dengan Micro SD? Micro ini merupakan ukuran fisik dari memory card, jadi mulai dari SD, Mini SD, dan kemudian Micro SD. Sama seperti kartu SIM pada HP kita.

perbedaan memory card sdhc dengan sdxc

Mulai SDXC, mini SD sudah tidak diproduksi lagi dikarenakan sudah jarang sekali gadget / gear yang mengadopsi memory card mini SD ini.

SPEED

Kemudian kita bahas mengenai speed atau kecepatan rata2 transfer file. Mungkin kamu sudah sering sekali menyebutkan istilah ini, yes, “memory nya harus class 10. biar cepet!”.

20 comments

  1. fathoni haryanto

    ada barang micro sd dengan type dan ukuran sama, tapi harganya sangat jauh, yg satunya Rp.80,000,- yang satunya 24an dgn kata discount sekian persen.
    yg saya tanyakan apakah yang murah itu kw apa asli ?

  2. Patriot Widodo

    sebaiknya beli di authorized seller aja kak. Karena memory memang jadi aset terbesar kalau kita sudah di lokasi foto/video. Apakah asli? bisa jadi, karena sandisk maupun toko kadang memberikan promo. Pastikan saja belinya di toko yang jelas. Dan Sandisk pasti ada garansi lifetime…

  3. Anang habang

    Terimakasih gan infonya sangat mambantu saya terus berkarya ya gan…

  4. UHS nya mana?

  5. Patriot Widodo

    beda bahasan sih kak, hehe. Kalau soal SD, SDHC dan SDXC ini lebih ke kapasitas, sedangkan UHS lebih ke kelas dan pengkategorian writting dan reading speed

  6. Koreksi:

    SD : kapasitas up to 2 GB. Saya pernah pakai yang kapasitasnya 16 MB dan 256 MB (seperempat GB). Diatas 2 GB sudah termasuk SDHC. Camdig terbitan 2004 kebawah biasanya belum bisa baca SDHC ini.

    Kapasitas floppy disk (disket) adalah maksimal 1.4 MB (satu koma empat MB). bukan 14 (empatbelas) MB. Dulu tahun 2000, kamdig pertama saya masih pakai disket ini. SONY dengan resolusi gambarnya 480×640 pixel.

    Tolong artikelnya dikoreksi biar tidak menyesatkan :) Mungkin penulisnya termasuk generasi milenial yang kenal baru kenal kamera digital ditahun 2010 keatas. :D

  7. Apakah microsd ini telah aman digunakan,,,? pernah saya beli memory card merk yg lain dari online,harga sekitar 170 ribu,tapi setelah saya pakai 1 minggu kondisi baik,kemudian foto foto yang baru difoto sebagian tidak dapat dibuka alias tertutup putih dengan tanda ! .

  8. Itu microsd palsu, biasanya kalo yg palsu harganya murah/miring tetapi kapasitas besar.

  9. Nila AFP

    gan saya punya kamera sony cyber shot DSC-W570 dengan memory sdhc class 4 4gb ,klo misalkan saya beli sdxc sandisk class 10 64 gb kecepatan 48mbps ,apakah kamera saya yang notabene nya sudah cukup tua itu bisa memadai ketika menggunakan kartu memory sdxc dan tidak harus menggunakan merek sony ? karena kalau saya beli sd card merek sony itu jatuh nya lebih mahal , mohon respon cepatnya ya gan… itung2 buat pengetahuan juga nih hehe Terimakasih ??

  10. Patriot Widodo

    Tidak harus merk sony kok kak, harusnya pakai memory apa aja bisa selama size nya masih pas, tidak terlalu besar..

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00