Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, dan SDXC

beda memory card micro sd sdhc sdxc

Ketika pertama kali mempunyai gear baru, ntah itu HP baru atau kamera baru, kamu pasti pernah memikirkan memory card apa yang sesuai dengan gear baru-mu tersebut?

Atau bahkan kamu tidak tahu jenis memory card apa yang digunakan? Pokoknya kita mau beli MMC, Micro SD, SD Card, atau istilah lain yang biasa kita ucapkan.

Tapi tahukah kamu kalau memory card itu tidaklah sama?

Ya tentu, beda merek, beda kapasitas, beda kecepatan, pokoknya yang lebih mahal itu yang lebih bagus.

beda memory card micro sd sdhc sdxc

Hehehe, perbedaan memory card yang disebutkan tadi tidak ada yang salah. Biasanya kita pengennya memory nya harus class 10, tapi tahukah kamu tulisan class 10 pada memory card tersebut artinya apa?

Kali ini kita akan belajar sedikit lebih detail mengenai memory card yang sudah beredar di pasaran. Biar kita tahu bedanya memory card yang itu apa saja, agar kedepannya kita bisa mengerti kebutuhan memory card yang seharusnya kita beli itu seperti apa?

Baiklah, memory card yang sudah umum kita ketahui saat ini adalah Micro SD dan SD. Untuk SDHC dan SDXC mungkin jarang sekali kita dengar.

STORAGE CAPACITY

SD (Secure Digital) – Mampu menyediakan kapasitas sampai 2GB, sudah sangat jarang kita temukan untuk SD card dengan kapasitas segini.

SDHC (Secure Digital High Capacity) – Mampu menyediakan kapasitas 4GB sampai 32GB.

SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) – Mampu menyediakan kapasitas lebih dari 32GB sampai saat ini sudah ada yang sampai 2TB. Wow!

Kalau dilihat dari urutannya, SD adalah memory card generasi pertama yang mampu menyimpan data dengan kapasitas 2GB – 4GB, yang dimana mungkin waktu itu kita masih menggunakan floppy disk atau disket ya? Yang kapasitasnya cuman 1,4MB pada waktu itu.

Kemudian bagaimana dengan Micro SD? Micro ini merupakan ukuran fisik dari memory card, jadi mulai dari SD, Mini SD, dan kemudian Micro SD. Sama seperti kartu SIM pada HP kita.

perbedaan memory card sdhc dengan sdxc

Mulai SDXC, mini SD sudah tidak diproduksi lagi dikarenakan sudah jarang sekali gadget / gear yang mengadopsi memory card mini SD ini.

SPEED

Kemudian kita bahas mengenai speed atau kecepatan rata2 transfer file. Mungkin kamu sudah sering sekali menyebutkan istilah ini, yes, “memory nya harus class 10. biar cepet!”.

Tapi tahukah kamu kalau class 10 ini sebenarnya bukan istilah baru di dunia pe-memory card-an. Halaah.. :D

Jadi, dulu itu juga ada class – class gitu, cuman yang orang tahu ya si class 10 ini. Mungkin yang paling baru kali ya? Bedanya apa sih?

perbedaan memory card microsd dengan sdhc

  • Class 2 – 2MB/second to 25MB/second
  • Class 4 – 4MB/second to 50MB/second
  • Class 6 – 6MB/second to 150MB/second
  • Class 10 – 10MB/second to 312MB/second

Class inilah yang disebut rating speed, dimana class 10 merupakan yang paling cepat saat ini, dengan kecepatan reading & writing dari dan ke memory card. Contohnya memory card ABCXX 32GB Class 10, 45MB/s. Speed 45MB/s ini merupakan kecepatan maximum yang bisa dilakukan oleh memory tersebut dalam hal reading & writing. Kecepatan minimum-nya? Ya 10MB (class 10).

Banyak orang yang menginginkan speed tinggi karena ini sangat berguna ketika kamu mengambil foto dengan resolusi tinggi atau mengambil foto dengan format RAW. Semakin cepat memory card, semakin cepat pula file di-save atau tersimpan pada memory card. Kamu bisa mengukurnya dengan cara melakukan multi-shot burst.

Dan juga, memory card yang cepat juga berpengaruh ketika kamu memindahkan file dari memory card ke komputer. Memory card yang cepat akan menghemat waktumu dalam memindah file.

SECURITY & QUALITY

Bagaimana keamanan dan kualitas memory card? Sebenarnya ntah itu merek apapun, mereka ini memilki standard dan kualitas yang bersaing, dan bisa dikatakan hampir sama semua. Tapi ada juga yang sudah sering mendengar merek / brand yang sering digunakan teman – teman, jadinya yang dibeli ya merek / brand tersebut.

Biasanya pada memory card terdapat fasilitas tambahan seperti gratis download software recovery untuk berjaga – jaga ketika data foto / video yang tanpa sengaja terhapus bisa dikembalikan.

CONCLUSION

Kesimpulannya, memory card cepat itu penting, tapi yang lebih penting ketahui terlebih dahulu gear / gadget / kamera mu dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu (apa itu lebih ke foto saja atau lebih banyak mengambil gambar video?).

Hampir semua memory card yang beredar di pasaran sudah class 10, tapi apabila kamu mendapati class yang lebih rendah, misal bonus dari pembelian gear, bukan berarti memory card tersebut kurang canggih. Tapi dengan memory card tersebut sudah bisa digunakan, dan ready to go!

Bagaimana? Sudah cukup jelas? Apabila ada yang ditanyakan bisa langsung memberikan komentar di bawah ini yaa. Terima kasih.

Salam,
Bagus Prakoso

17 thoughts on “Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, dan SDXC”

    1. halo kak nakroth, untuk digunakan dimana ya kak? kalau digunakan di kamera sih bisa aja, namun apabila terjadi beberapa hambatan dalam merekam video dan photo yang membutuhkan spek yang tinggi, akan banyak kendala kak

  1. Kalo micro sd pake adapter di gunain di kamera mirorles ngaruh ga maksudny beda ga dengan yg dengan SD card langsung?

    1. kalau mengikuti standar format video kamera jaman sekarang, minimal class yang dibutuhkan class 10 kak. Bisa coba ganti ke memori yang class 10,kalau masih ada masalah langsung email ke [email protected] nanti kami bantu kak…

  2. kk, mau sharing nih dikit, kmren motret dr canon700d trus make micro sd yg 8gb class 10, trus mau buka hasilnya dari kamera sama laptop ada tulisan muncul cannot playback images.
    any way, itu masalahnya dimana yah kk.? apakah di memory ya

    1. di kamera apakah bisa muncul hasil fotonya? kalau hanya di komputer yang tidak muncul, kemungkinan hanya masalah extension file atau resolusi yang terlalu besar.

      tapi kalau di kamera juga tidak keluar, ada kemungkinan memorynya memang ada yang corrupt

  3. ada barang micro sd dengan type dan ukuran sama, tapi harganya sangat jauh, yg satunya Rp.80,000,- yang satunya 24an dgn kata discount sekian persen.
    yg saya tanyakan apakah yang murah itu kw apa asli ?

    1. sebaiknya beli di authorized seller aja kak. Karena memory memang jadi aset terbesar kalau kita sudah di lokasi foto/video. Apakah asli? bisa jadi, karena sandisk maupun toko kadang memberikan promo. Pastikan saja belinya di toko yang jelas. Dan Sandisk pasti ada garansi lifetime…

    1. beda bahasan sih kak, hehe. Kalau soal SD, SDHC dan SDXC ini lebih ke kapasitas, sedangkan UHS lebih ke kelas dan pengkategorian writting dan reading speed

  4. Koreksi:

    SD : kapasitas up to 2 GB. Saya pernah pakai yang kapasitasnya 16 MB dan 256 MB (seperempat GB). Diatas 2 GB sudah termasuk SDHC. Camdig terbitan 2004 kebawah biasanya belum bisa baca SDHC ini.

    Kapasitas floppy disk (disket) adalah maksimal 1.4 MB (satu koma empat MB). bukan 14 (empatbelas) MB. Dulu tahun 2000, kamdig pertama saya masih pakai disket ini. SONY dengan resolusi gambarnya 480×640 pixel.

    Tolong artikelnya dikoreksi biar tidak menyesatkan :) Mungkin penulisnya termasuk generasi milenial yang kenal baru kenal kamera digital ditahun 2010 keatas. :D

  5. Apakah microsd ini telah aman digunakan,,,? pernah saya beli memory card merk yg lain dari online,harga sekitar 170 ribu,tapi setelah saya pakai 1 minggu kondisi baik,kemudian foto foto yang baru difoto sebagian tidak dapat dibuka alias tertutup putih dengan tanda ! .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *