Shopping Cart

Perbedaan Format RAW dan JPEG, Mana Yang Lebih Baik?

Pencinta foto atau seorang fotografer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah format JPEG dan RAW. Jenis format tersebut biasanya digunakan untuk menyimpan gambar. Sebenarnya banyak yang penasaran akan kedua format tersebut mana yang lebih baik dan apa yang membedakan antar kedua format tersebut. Sebelum mengetahui apa kelebihan dan kelemahan menggunakan kedua format tersebut, kita bahas pengertian antara RAW dan JPEG.

Sebenarnya apasih RAW itu? Banyak orang berpikir bahwa RAW sebuah singkatan, namun RAW berasal dari bahasa inggris yang berarti sesuatu yang belum diolah, mentah, dan kondisi alami. Dengan kesimpulan bahwa RAW merupakan hasil gambar mentah yang belum diperoses. Jadi format RAW memiliki karakter mentah, baik kualitas maupun ukuran foto.

Baca juga :   Jual Lens Hood Nikon

Lalu apa JPEG itu? JPEG merupakan singkatan dari Join Photographic Expert Group yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara “lossy” dengan begitu kualitas gambar siturunkan untuk mendapatkan ukuran file kecil. Dengan demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan terlihat jelas untuk gambar tertentu. JPEG biasa digunakan untuk gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dan sebagainya. File JPEG merupakan gambar yang sudah matang yang dihasilkan kamera digital, proses penyesuaian warna, pencahayaan dan juga ukuran.

Perbedaan-Format-RAW-dan-JPEG-Mana-Yang-Lebih-Baik-1
Sumber gambar: sewa kamera jogja

Dari pengertian RAW dan JPEG diatas bisa dikatana bahwa RAW menghasilkan gambar mentah, baik kualitas maupun ukuran foto, sedangkan JPEG menghasilkan gambar yang sudah matang, dari segi warna, pencahayaan dan juga ukuran. Jika anda memakai format RAW berarti anda hanya dapat menggunkan kamera tertentu saja. Karena hanya terdapat di kamera khusus yang diberikan fasiitas menangkap gambar RAW pada sensornya. Saat ini semakin banyak fotografer amatir yang sadar akan manfaat dari sebuah kamera yang menghasilkan gambar dengan format RAW. Lalu bagaimana dengan JPEG? dengan menggunkan format JPEG ukuran yang dihasilkan lebih kecil, karena dalam prosesnya JPEG menggunakan kompresi “lossy” ukuran file tersebut yang berarti anda kehilangan beberapa parameter darikualitas gambar setiap kali file diambil.

Baca juga :   Cara Untuk Menghubungkan Mic Apapun Ke Kamera Anda: Saramonic Audio Adapters
Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 17:00