Shopping Cart

Peralatan & Tips Foto Makro

Prinsip dasar fotografi makro adalah membidik objek dengan sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi. Peralatan yang bisa anda gunakan untuk melakukan fotografi makro adalah :

1. Lensa Makro

Jenis lensa yang khusus digunakan untuk foto makro atau mempunyai fitur makro.

lensa macro canon
lensa macro canon

2. Extension Tube

Berbentuk tabung silinder yang berfungsi untuk memperjauh titik fokus objek pada sensor sehingga memperbesar objek dengan pembesaran yang cukup signifikan.

jual-aputure-auto-focus-macro-extension-tube-set-for-nikon-04
extension tube

Terdapat 2 variasi extension tube, yaitu tipe AF dan Manual. Untuk tipe AF extension tube memliki fitur dimana fungsi auto fokus pada kamera tetap berfungsi. Untuk tipe extention tube manual auto fokus tidak dapat berfungsi sehingga lensa kamera menjadi manual.

Baca juga :   10 Kesalahan Menerbangkan Drone dan Cara Menghindarinya

3. Reverse Ring

Reverse ring adalah alat termurah untuk menghasilkan foto makro, yaitu dengan cara memasang secar terbalik lensa pada bodi kamera.

Reverse Ring
Reverse Ring

4. Filter Close Up

Cara pasang dan penggunaan sama persis seperti penggunaan filter pada umumnya yaitu dipasang didepan lensa. Filter ini mempunya nilai +2, +4 dst, semakin besar nilai +nya maka semakin detail makro yang dihasilkan.

How_to_use_close_up_filters_macro_photography_tips_NIK20.zone_2.step1_
filter close up

5. Macro Converter

Converter makro adalah converter yang dipasang didepan lensa, sehingga membuat lensa standart dapat berfungsi seperti lensa macro.

macro converter raynox
macro converter

Tips memotret makro :

Dengan ukuran objek yang relatif kecil penggunaan shutter speed tinggi merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasio pergerakan objek. dengan mengatur shutter speed dan bukaan diagfragma besar akan diperoleh DOF yang sempit. Akan tetapi jika objek dalam keadaan diam dan Anda menginginkan DOF yang lebih lebar maka diperlukan bukaan diagfragma yang kecil sehingga shutter speed juga akan rendah. Dengan demikian sebaiknya gunakan tripod supaya gambar tidak kabur.

Baca juga :   Baterai Kamera Nikon

macro_photography_35

Depth of Field sempit menitikberatkan fokus pada bagian depan dan pada bagian belakang dibuat buram akan menghasilkan foto yang sangat menarik. Penggunaan bukaan diagfragma besar sangat diperlukan untuk menghasilkan foto dengan ruang tajam yang sempit.

One comment

  1. Gatry Amalia Sari

    Terimakasih atas infonya dan untuk referensi silahkan cek http://www.fotografi.blog.gunadarma.ac.id

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00