Olympus TG Tracker: ActionCam ‘Tahan Banting’ Dengan Banyak Fitur Penting

Apakah Anda adalah seorang traveller yang gemar sekali naik turun gunung, snorkeling melihat keindahan alam bawah laut, atau bahkan hingga melakukan olahraga ekstrem lainnya?

Tentunya Anda ingin dong setiap kali melakukan hobi-hobi tersebut terabadikan dengan sebuah dokumentasi video atau foto. rekomendasi-kamera-untuk-traveller

Namun yang menjadi permasalahan adalah, kamera apa yang cocok digunakan? Yang tahan banting, yang tanpa menggunakan housing sudah tahan air dari pabrikannya. Tahan terhadap suhu yang ekstrem, yang juga dilengkapi dengan GPS dan kompas sebagai penunjuk arah.

Apa ada kamera dengan fitur seperti itu, yang benar-benar diperuntukkan bagi traveller sejati? mana ada?

Pertanyaannya pesimis banget, semuanya ada kok di Olympus Stylus TG Tracker!

Apa Itu Olympus TG Tracker?

olympus-stylus-tg-tracker

Stylus TG Tracker ini adalah produk Action Cam yang baru dikeluarkan Olympus pada bulan Juli 2016 lalu.

Pihak Olympus sendiri mengklaim bahwa TG Tracker ini dirancang khusus bagi para traveller. Itulah sebabnya pada action cam ini terdapat beberapa fitur yang tak dimiliki oleh action cam kebanyakan.

Beberapa fitur yang membedakan dengan lainnya adalah adanya fitur untuk merekam semua informasi dan pelacakan log olahraga outdoor. Misalnya seperti mencatat suhu, lokasi (gps), ketinggian, dan kedalaman.

Jadi sembari Anda menjepret gambar atau merekam video, Anda masih bisa melakukan pencatatan terhadap hal-hal tersebut. Bahkan selain itu, ada beberapa keunggulan lain seperti halnya:

Bertahan Pada Suhu Ekstrem

Olympus TG Tracker ini mampu bertahan di suhu ekstrem hingga -10°C. Sehingga, dalam kondisi cuaca apapun, TG Tracker masih mampu bekerja dengan baik. Itulah mengapa action cam ini begitu direkomendasikan bagi para traveller.

Tanpa Housing, Sudah Tahan Air

olympus-tg-tracker-murah

Berbeda dengan action cam lainnya yang jika digunakan untuk mengambil gambar di bawah air perlu menambahkan housing, maka itu tidak berlaku pada TG Tracker.

Tanpa bantuan housing, Action Cam ini mampu digunakan untuk kegiatan underwater hingga kedalaman 30 meter.

Olympus ini  juga dilengkapi dengan fitur Underwater Detector, yang mana jika melampaui kedalaman 0,5 m, sensor kamera akan bekerja dan secara otomatis beralih ke modus optimal untuk pemotretan underwater.

Kokoh dan Tahan Banting

Fitur inilah yang paling disenangi para pelaku olahraga ekstrem. Mau sengaja dibanting atau gak sengaja kebanting, Olympus TG Tracker ini mampu tahan terhadap benturan hingga ketinggian 2,1 meter. Bahkan, pihak dari Olympus juga mengklaim bahwa kamera ini mampu bertahan terhadap beban 100 kg. Meskipun begitu, apakah Anda tega membanting atau menindasnya dengan beban seberat itu? hahaha…

Kelengkapan & Desain Fisiknya

Setelah tahu apa saja keunggulan yang paling ‘beda’ dari Olympus TG Tracker, sekarang kita masuk ke produknya ya…

Saat Anda membeli Olympus TG Tracker ini, adapun kelengkapannya seperti: TG-Tracker, strap, baterai, adapter, kabel USB, standard lens protector, underwater lens protector, steady grip, dan manual book.

jual-olympus-tg-tracker

Olympus TG Tracker tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan hijau. Kebetulan yang saat ini kita review berwarna hijau :D

Melihat dari desain fisiknya, Olympus TG Tracker ini terlihat kuat sebagaimana fitur yang ditawarkan. Sedangkan jika bicara bentuk fisiknya, TG Tracker ini sebenarnya lebih mirip seperti Mini Handycam.

Hanya saja, LCD nya terbuka tidak pada sisi kamera. Untuk mengoperasikannya, masukkan terlebih dahulu baterai dan kartu micro SD-nya.

baterai-olympus-stylus-tg-tracker

Untuk membuka baterai, geser terlebih dahulu kunciannya ke bawah dan dorong ke arah kanan. Masukkan baterai dan Micro SD-nya.

Ngomong soal baterai, Stylus TG Tracker ini mampu bertahan selama 95 menit (continuous shooting time – 4K 30p).

 Menembak dengan Bantuan Steady Grip

Memang pada saat pertama kali pembelian, Olympus TG Tracker ini telah dibekali dengan steady grip. Kita hanya perlu memasangkannya saja. :D

Dan tampilannya terlihat seperti sebuah pistol seperti ini…

olympus-tg

Jika sudah dipasangkan steady grip di atas, tampilannya sungguh berbeda dengan action cam kebanyakan. Terlihat lebih keren :D

Memang benar jika Olympus TG Tracker telah dilengkapi dengan LCD seukuran 1,5 inch. Meskipun begitu, LCD tidak mendukung fungsi flip yang bisa diputar secara 360 derajat. Melainkan, hanya dapat dibuka tutup (90 derajat).

Tapi tak perlu khawatir, Anda tetap dapat melakukan selfie dengan bantuan selfie mirror yang berada tepat di bawah kamera. Hal ini untuk memastikan agar objek selfie secara keseluruhan masuk ke dalam frame.

olympus-stylus-tg-tracker

Dan juga, Olympus ini juga dilengkapi pula LED Headlight yang dapat menyala ketika dibutuhkan (auto) ataupun secara continous.

Pada gambar di atas bagian tengah, terdapat lock lens. Ini berfungsi untuk mengunci lens protector agar dapat sepenuhnya menempel pada kamera.

Karena Olympus TG Tracker ini dibekali dengan 2 lens protector (standard dan underwater), maka cara menggantinya gampang. Anda hanya harus menggeser lock lens ke arah kiri, dan putar lens protector Anda untuk melepaskannya.

Untuk kontrol pada kamera, Anda dapat bermain-main dengan banyak tombol pada Olympus TG Tracker ini. Misalnya untuk pengaturan white balance, field of view, resolusi, timer, image stabilizer, wifi, dan masih banyak lainnya.

jual-olympus-tg-tracker-hijau

Memang dengan adanya steady grip ini merupakan terobosan cerdik untuk memudahkan pengguna ketika mode pengambilan gambar. Namun sayangnnya, ini menjadi nilai minus ketika tombol shutter berada di bagian atas.

Bayangkan jika seandainya, tombol shutter berada pada lock baterai. Maka hanya dengan jempol, Anda masih bisa menjangkaunya. Dan tak perlu menggunakan kedua tangan untuk mengoperasikannya.

Poin Utama: Bagaimana Kualitas Kamera?

Jika melihat kualitas kameranya, Olympus TG Tracker ini memiliki lensa wide-angle 204 derajat (f/2.0). Sehingga, membuatnya terlihat mempunyai sudut pandang yang lebih lebar.

kamera-olympus-tg-tracker

Untuk foto, Stylus TG Tracker ini dibekali dengan sensor CMOS (1/2.3) 8 megapixel. Sedangkan pada videonya, menggunakan prosesor Truepic TM VII yang telah mampu merekam video dengan resolusi 4K di 30fps dan 720 fps atau 240 fps.

Yang paling menyenangkan bagi video maker adalah, TG Tracker ini telah dibekali pula dengan 5-axis image stabilization yang berfungsi untuk meredam goyangan ketika Anda merekam video.

Ya, perlu dibuktikan memang. Berikut adalah percobaan pengambilan gambar menggunakan Olympus Stylus TG Tracker:

Foto:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kualitasnya cukup oke untuk sebuah actioncam yang mempunyai resolusi 8 MP. Bisa dibilang sangat worth it… Namun begitu, saya merasa efek distorsi yang terjadi sangat terlihat. Bahkan lebih kuat dibandingkan GoPro.

Ini dikarenakan, pada Olympus TG Tracker mempunyai pandangan lensa yang lebih luas, yakni sekitar 204 derajat. Sehingga cukup kuat memicu timbulnya distorsi hebat.

Sebenarnya terdapat pengaturan Field of View pada mode foto, namun yang tersedia hanya dua opsi saja. Yakni, wide atau fish eye. Dan wide lebih memiliki tampilan dengan distorsi lebih tajam dibanding fish eye (gambar di atas menggunakan wide).

Juga, dalam mode foto kita harus merasa puas dengan setingan auto yang digunakan. Karena, pada TG Tracker ini kita tidak dapat menemui pengaturan manual seperti ISO Limit, Color, Sharpness, Shutter Speed, Exposure, dan lainnya.

Video

Coba perhatikan, video di atas direkam menggunakan resolusi 4K. Secara kualitas gambar bisa dibilang cukup baik.

Namun saya tak bicara banyak dengan kualitas gambarnya. Justru, pada video di atas yang menyita perhatian saya adalah stabilitas gambarnya yang tetap terjaga meski pengguna merekam video sembari bersepeda.

Seperti pada spesifikasi, 5-axis image stabilizationnya bekerja dengan baik. Buktinya pada video di atas gambar tetap stabil dan tak terjadi goyangan parah.

Satu lagi, pada kedua mode (foto/ video), Olympus TG Tracker ini tidak cukup baik jika digunakan untuk mengambil gambar dalam keadaan low light. Namun tak usah sedih.

Manfaatkan saja LED Headlight untuk menambahkan pencahayaan. Meskipun tidak membuat gambar memiliki kualitas oke, setidaknya objek terlihat dan terabadikan dengan baik melalui foto/ video.

Smartphone App

Meskipun Olympus Stylus TG Tracker ini dibekali dengan LCD 1,5 inch sebagai liveview, namun LCD tersebut tidak mendukung flip. Sehingga, terbatas untuk pergerakannya.

Untuk itulah, pihak Olympus juga menyertakan sebuah smartphone App yang dinamakan Olympus Image Track. Ini merupakan sebuah app yang kompatibel dengan Android ataupun IOS yang nantinya terkoneksi menggunakan WiFi.

app

Bukan hanya itu, Anda dapat melakukan seluruh kontrol Stylush TG Tracker melalui smartphone Anda. Termasuk, ketika ingin menyimpan semua data foto Anda ke smartphone.

Selain aktivitas tersebut, fitur lainnya yang Anda dapatkan dengan app ini adalah adanya Data Track dan GPS. Track data mampu memeriksa sejauh mana perjalanan yang telah Anda tempu hdan diinformasikan dari WiFi kamera ke smartphone dalam bentuk peta dengan rute yang telah Anda tempuh.

Sedangkan GPS, akses internet didapatkan melalui smartphone Anda dan kemudian mentransfernya ke kamera Anda menggunakan WiFi.

smartphone-app

Namun sebelum melakukan itu semua, Anda harus mengkoneksikan Olympus Stylus TG Tracker ke smartphone Anda menggunakan WiFi.

Caranya cukup sederhana kok, Anda hanya harus memindai kode barcode dari kamera Anda ke smartphone. Selanjutnya, tinggal ikuti saja petunjuk yang diberikan.

Besaran Harga dengan Kualitas yang Ditawarkan?

Jujur, secara kualitas kamera belum begitu mencangangkan (pendapat saya pribadi lho). Namun, cukup baik untuk fitur image stabilizernya.

Jika saya melihat, fitur yang paling ditonjolkan dari Olympus ini adalah ketahanannya menghadapi cuaca ekstrem, tahan banting, dan mampu mencatat semua aktivitas terkait suhu, kedalaman di air, GPS, dan masih banyak lainnya.

Itulah mengapa Olympus TG Tracker ini diperuntukkan bagi mereka yang suka berpetualang. Untuk harga, action cam ini dibanderol di pasaran dengan kisaran 5 jutaan. Gak jauh dengan GoPro Hero4 Silver. Sebenarnya ini tergantung selera saja…

Tertarik dengan Olympus TG Tracker ini? Segera hubungi CS Plazakamera saja :)

 

 

 

Related Post

7 thoughts on “Olympus TG Tracker: ActionCam ‘Tahan Banting’ Dengan Banyak Fitur Penting”

    1. Maunya Mirrorless atau DSLR kak? Kalau dengan budget sekian, rekomendasinya untk Mirrorless Canon EOS M10. Kalo untuk DSLR Canon 100D uda bagus.

    1. Kalau hasil video yang diinginkan kayaknya mending GoPro Hero 5 sih kak…. Tapi kalau ketahanannya tetap TG Tracker aja…

  1. Bagus juga ini Olimpusnya yaa… dengan harga 5 juta fitur yang didapat begitu banyak dan saya rasa cukup murah.. Terima kasih reviewnya..

  2. Bagus juga ini Olimpusnya yaa… dengan harga 5 juta fitur yang didapat begitu banyak dan saya rasa cukup murah.. Terima kasih atas penjelasannya yang cukup lengkap..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *