Shopping Cart

7 Langkah Photographer menjadi Videographer

Disclaimer : artikel ini disadur dari DPreview https://www.dpreview.com/articles/0326094138/a-photographer-s-look-into-the-world-of-video

7 Langkah Photographer menjadi Videographer

// Seorang Fotografer memasuki dunia video

Akan butuh waktu yang lama bagi beberapa fotografer untuk benar-benar mengerti tentang dunia videography, namun kali ini saya akan membahas beberapa tips yang saya sadur dari DPreview untuk mengenal lebih dekat tentang dunia videografi, dan tentunya dengan sedikit beberapa bumbu tips dari saya bisa bagikan kepada kamu semua :)

Langkah Pertama |  Gambar Harus Stabil !

” Stop shaking the camera, you’re making me feel sick ”

DCM134.foldout_sharp.flow_video_stabiliser 031211428004424ea38c0Well… Hal pertama yg kamu harus ketahui dalam merekam video ( dengan menggunakan kamera DSLR ataupun Mirrorless ) adalah menjaga kameramu agar tetap stabil dalam pergerakan proses merekam momen, hal ini sangat sangat penting agar yang melihat hasil video kamu tidak merasa “mabuk”,.. Perhatikan pada cara pernafasan kamu saat mengambil momen video, apakah terlalu cepat atau terlalu lamban? karena hal ini akan berpengaruh pada kondisi kekuatan tangan dalam menjaga kestabilan pengambilan gambar.

Solusi-nya dengan :

1a23b039c4b1f62c24170268ccbd6c08_largea.) Menahan Nafas
Berlatih menahan nafas sejenak saat mulai merekam momen, tergantung juga pada interval waktu proses pengambilan video sih, klo terlalu lama  menahan nafas juga berakibat sesak :D

Baca juga :   Kamera Prosumer, Apa Itu dan Bagaimana Baik Buruknya?

b.) Stabilizer , Tripod atau Monopod dan Rig
Dengan menggunakan alat bantu seperti : Stabilizer , Tripod atau Monopod dan Rig sangat bisa membantu kameramu tetap stabil dan ini penting agar hasil yang ditayangkan menjadi nyaman untuk mata, nah.. yuk cari tahu harga Tripod/Monopod dan Stabilizer.

Langkah Kedua | Maksimalkan Fitur Kameramu !

” Exposing some limitations ”

1865_products_imgA. Diafragma adalah point penting pertama dalam perekaman video, dengan memahami berapa banyak cahaya yang kamu butuhkan untuk menerangi object, kamu dapat atur diafragma (aperture) sesuai yang kamu inginkan. Ini sangatlah penting, kenapa? karena dengan membuka exposure lebih besar otomatis cahaya yang (ditangkap) masuk ke sensor melalui lensa menjadikan gambar video lebih terang, oh iyaa.. kamu juga harus memperhatikan pencahayaan dilokasi kamu sedang shooting, apakah terlalu banyak lampu atau di luar ruangan sekalipun, yaahh intinya sih kamu harus benar benar mengerti tentang cara kerja diafragma (aperture) itu sendiri.

Baca juga :   Daftar Baterai Grip Nikon

One comment

  1. Athalla Feiza

    Part 2 nya ada dimana yaa? Penasaran nih..

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00