Kenalan Dulu Dengan Fitur & Spesifikasi DJI Tello

DJI tampaknya belum puas dengan Spark, dan kini melanjutkan usahanya untuk mendominasi pasar drone hemat dengan meluncurkan yang lebih kecil lagi. Dia diberi nama Tello.

Dilabeli dengan “the most fun drone”, DJI Tello adalah drone mungil yang cocok untuk anak-anak atau pemula yang baru mulai belajar menerbangkan drone. Meski begitu bukan berarti Tello ecek-ecek lho. Ryze Tech sebagai produsen resmi Tello ini bekerja sama dengan DJI dan Intel untuk membuat Tello menjadi lebih spesial.

Seberapa spesial?

Tello memiliki teknologi flight stabilization yang dikembangkan oleh DJI. Sedangkan Intel “menyumbang” teknologi untuk membuatnya lebih aman dan mudah diterbangkan dalam ruangan.

Keunikan Tello lainnya adalah kemampuannya akrobatik di udara, live streaming dan bisa memprogram airframe dari drone ini .

Note: Kenapa kok dinamai DJI Tello? Bukan Ryze Tello? Jawabannya: karena mereka ada kerjasama dan pakai nama DJI Tello pasti lebih menjual hehe ?

DESAIN BODI

DJI Tello benar-benar terasa kecilnya dibanding Spark dengan ukurannya yang hanya 98 x 92.5 x 41mm dan berat 80 gram. Jika memegang Spark masih perlu melebarkan tangan, maka Tello tidak. Jadilah ia yang terkecil diantara semua seri DJI.

Selain itu Tello cukup mirip Spark dari segi bodi dan warna. Desainnya menghilangkan bagian landing gear dan justru memperpanjang bagian dasar rotor sebagai kakinya. Jadilah Tello benar-benar compact dan mungil sehingga bisa terbang lebih mudah di indoor.

Namun dengan bodi seperti itu, Tello memang terkesan “ringkih” untuk diterbangkan di luar.

 

FITUR

Meski imut-imut namun sebenarnya Tello bisa dibilang agak lebih pintar daripada Spark. Intel membuatnya bisa terbang langsung dari telapak tangan. Jadi Anda cukup melemparnya dari tangan, dan seketika Tello ini akan terbang. Ini juga masih dilengkapi beberapa gerakan akrobatik serta flight stabilization yang aman.

Tapi tentu saja ada yang dikurangi. Salah satu yang paling mencolok adalah kualitas jepretannya yang “hanya” 5MP dan merekam video 720p.

Sementara dengan Spark, kita bisa mendapatkan rekaman footage full HD 1080p dan menghasilkan foto 12MP.

Durasi terbang juga dipotong menjadi 13 menit saja, lebih pendek 3 menit dari baterainya Spark. Meski begitu itu sudah pencapaian yang bagus lho untuk ukuran sekecil itu. Kecepatannya pun hanya 8m/s dan baru bisa diterbangkan di luar jika kondisi tak ada angin sama sekali.

Lalu apa nilai plusnya Tello?

Tak seperti drone DJI lainnya, Tello bisa untuk atraksi kecil-kecilan. Ada tombol untuk flip di interface controller. Ada beberapa mode terbang juga, termasuk merekam cepat video 360 derajat dan terbang naik ke atas dalam sekali jalan yang smooth.

Pengguna DJI Tello juga bisa memprogram pola terbang drone satu ini dengan “ngoding” bagi yang bisa, karena ada tool coding bernama Scratch yang siap untu ngecustom Tello ini. Selain itu, Tello juga sudah bisa connect dengan  VR dan kita bisa menikmati pengalaman penuh action menggunakan mode POV.

Ryze & DJI juga menjamin pengoperasian Tello tidak akan bikin pusing seperti drone lainnya, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Keunggulan:

  • Harga terjangkau dan fun
  • Sudah ada mode POV berbasis smartphone
  • Kontrol intuitif untuk mode terbang yang akrobatik

Kekurangan

  • Terlalu ringan sehingga bisa terbawa ikut angin
  • Didesain bukan untuk diterbangkan di luar ruang

Tertarik untuk memiliki si Tello ini?

Untuk harga tidak menguras kantong kok, quadcopter imut ini hanya dibanderol kisaran Rp 1,6 juta. Jauh lebih murah dari Spark. Kalau untuk nilai fun yang lebih tinggi, Tello menjadi better choice.

Sudah cukup sebanding kan dengan kemampuannya, apalagi pilihan warnanya juga menggoda. Setidaknya Tello mampu terbang selama 13 menit, tidak seperti drone mungil lainnya yang baru 5-7 menit sudah keok.

Sedikit ngasih PR, kira-kira mending beli Tello atau Syma hayo?

6 thoughts on “Kenalan Dulu Dengan Fitur & Spesifikasi DJI Tello”

    1. biasanya karena overheat gan kalau yang 205, penyebab utama bagian bawah drone tertutup dan kurang mendapat banyak udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *