DJI Osmo Pocket vs GoPro Hero 7 Black. Mana yang Cocok untuk Kamu?

DJI Osmo Pocket vs GoPro Hero 7 Black, teknologi gear fotografi maupun videografi semakin hari makin compact ya. Tidak hanya kamera digital, sekarang pun merambah ke stabilizer yang makin compact.

Dulu kita sudah dibuat terkesima dengan lahirnya teknologi 3-axis gimbal yang bikin footage jadi mulus meski bentuknya masih bodi besar, tapi kini bentuknya semakin praktis.

Yup! Stabilizer pun makin compact dengan dirilisnya DJI Osmo Pocket dan GoPro Hero 7 Black dengan fitur Hypersmooth-nya. Seberapa compact nih? Beneran kecil atau masih terhitung gede?

Makin kecil bodinya apa juga makin bagus kualitasnya?

Nah, yuk kita kulik lebih dalam soal DJI Osmo Pocket dan GoPro Hero 7 Black Hypersmooth!

 

Bodi DJI Osmo Pocket

Pastinya, kedua gear tersebut adalah sama-sama memiliki fitur stabilizer untuk perekaman videonya. Bedanya, Osmo Pocket berbentuk gagang dengan kamera bertengger di atas gripnya dan berupa gimbal 3-axis. Meski handheld namun ukurannya muat dalam genggaman tangan dan bisa masuk ke saku celana.

 

Bodi GoPro Hero 7 Black Hypersmooth

Beda dengan DJI Osmo Pocket, stabilizer kamera action GoPro ini memakai sistem peredam goyangan secara digital yang dibenamkan di dalam kamera GoPro Hero 7 Black. Sistem ini diberi nama Hypersmooth, yang diklaim jauh lebih canggih dibanding Electronic Image Stabilizer (EIS) sebelumnya dan cocok buat Anda yang gemar share video di social media.

Sama seperti GoPro lainnya, seri Hero 7 Black Hypersmooth cocok jadi andalan untuk Anda yang suka olahraga ekstrim, butuh ketahanan air dan shockproof maupun dibawa travelling.

 

Namun jika Anda bukan tipe dua-duanya maka mana yang lebih cocok?

Mungkin secara gampangnya, kalau kamu lebih suka extreme sports, lebih butuh kamera yang anti air dan (cukup) tahan banting, maka ambil GoPro Hero 7 aja.

Tapi kalau kamu lebih suka kamera yang digunakan buat have fun bareng keluarga dan teman, dan kira-kira bakal menggunakannya seperti camcorder, maka DJI Osmo Pocket mungkin jadi pilihan yang lebih tepat.

 

Resolusi dan framerate

GoPro Hero7 Black mantap di resolusi 1080p dengan framerate 240fps, untuk120fps juga baik-baik saja dan keduanya (DJI Osmo Pocket & GoPro Hero 7 Black) juga sama-sama bisa 4K di framerate 60fps.

Osmo Pocket menawarkan mode yang memungkinkan merekam footage 1080 dengan bitrate 100MB/s. Sangat high quality. Tapi mode ini bakal membuat bodi overheat dan memory cepat habis.

RESOLUSI DAN FRAMERATE = Sama bagusnya

 

Audio

Jika Anda tipe yang sangat mementingkan mic dan sound saat perekaman video maka tidak perlu terlalu khawatir. Osmo Pocket punya mic built-in yang ciamik.

Bahkan Anda bisa mengatur adjustment sehingga di kondisi berangin pun bisa mematikan penghilang noise untuk meningkatkan kualitas audio. Secara umum, di kondisi normal, mic-nya juga bagus dalam merekam ambient dan direct vocal.

Sedangkan untuk GoPro, urusan audio juga patut diacungi jempol. GoPro sudah membuat terobosan dengan menghadirkan kualitas audio yang sangat bagus. Mic-nya bisa otomatis menyesuikan situasi perekaman, memilihkan setting yang terbaik.

AUDIO STANDAR = Sama bagusnya

 

Untuk penggunaan standar memang dua-duanya sama bagusnya, tapi bisakah untuk kebutuhan yang lebih?

GoPro Hero7 Black bisa dibilang lebih unggul karena punya adapter USB-C mic. Jadi Anda bisa memakai mic external seperti Rode Video Micro. Ya walaupun Osmo Pocket punya colokan USB-C tapi tidak bisa difungsikan untuk colokan mic external.

AUDIO ADVANCED = GoPro Hero7 Black

Integrasi ke Social Media

Ini nih salah satu poin yang juga ditunggu-tunggu reviewnya. Memang sih di era sosmed sekarang ini jadi penting banget masalah social integration, apakah komplit? Apakah cepat?

Untuk urusan save dan upload foto/video, Osmo Pocket maupun GoPro Hero7 Black sama-sama mumpuni kok, namun GoPro masih lebih cepat dan mudah. Sedangkan untuk live streaming seharusnya Osmo Pocket jadi juara karena GoPro nggak punya fitur ini, namun pada prakteknya, live streaming ini masih belum lancar.

Integrasi Social Media = GoPro Hero7 Black

Kemampuan Stabilisasi

Apalagi kalau bukan kemampuan stabilisasi rekaman video yang paling penting direview, ya kan? Setelah tes yang cukup lama dan detil, akhirnya ketahuan nih.

Osmo Pocket ternyata lebih bagus untuk digunakan sebagai kamera handheld.

Tapi….GoPro juga masih tetap juara kalau butuh kamera yang bisa dipasang di beragam tempat seperti di helm, setir, dan beragam tempat dan sudut pandang unik lainnya.

GoPro Hero7 Black juga bisa sih digunakan sebagai kamera handheld karena penyetabilnya sebenarnya udah cukup banget. Namun ketika disandingkan sebelahan dan kita coba jalan, pasti sekejap sudah langsung tahu kalau gimbal 3-axis mekanikal memang do the job lebih baik dari pada stabilizer digital. Plus kemampuan Osmo Pocket lain yang tidak bisa diremehkan adalah Face Tracking-nya, yang bekerja sangat bagus sekali.

Apalagi jika menghubungkan Osmo Pocket dengan smartphone maka siap-siap kaget. Akan ada banyak sekali fitur dan kemampuan yang lebih lengkap. Bahkan Anda bisa tetap menggerakkan dan memutar head Osmo Pocket meski tidak terkoneksi secara mobile. Ciamik banget kan? Hal ini tidak mungkin dilakukan GoPro meski terhubung ke Karma Grip.

Kemampuan Stabilisasi = Osmo Pocket

 

Fitur untuk Nge-vlog

Osmo Pocket menyediakan special effect simpel dan mudah diaplikasikan untuk membuat klip pendek yang bagus. Tapi karena pilihannya masih terbatas jadi rasanya hasil editan bakal itu-itu saja. Konon katanya sih DJI bakal menambahkan lebih banyak lagi ke depannya.

Sedangkan GoPro Hero7 Black punya app bernama QuickStories yang cukup memenuhi kebutuhan Anda sebagai user dalam hal editing, yang bisa menghasilkan video bagus dalam sekejap secara otomatis.

Overall sih keduanya memiliki aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan standar user untuk mengolah footage vlog.

Fitur Tambahan untuk Nge-Vlog = Sama bagusnya

 

Osmo Pocket Vs GoPro Hero7 Black, Mana yang Terbaik?

Setelah melakukan tes perbandingan bisa dibilang, untuk saat ini, GoPro Hero7 Black lebih bagus dibanding DJI Osmo Pocket “sebagai kamera”.

Namun untuk mayoritas user dan kebutuhan sehari-hari, Osmo Pocket mungkin akan jadi pilihan favorit. Pocket punya video perekaman berkualitas tinggi, audio yang bagus dan banyak fitur penunjang yang sudah mumpuni untuk kebutuhan dokumentasi sehari-hari.

Osmo Pocket menjadi solusi all in one untuk mengisi kekosongan yang ada pada kamera pada umumnya.

Tapi memang perlu digaris bawahi bahwa Osmo Pocket dan GoPro Hero7 Black adalah dua gear yang berbeda. Punya poin-poin yang berbeda.

GoPro Hero7 Black punya fitur yang absen di Osmo Pocket seperti live streaming dan audio eksternal. Selain itu, namanya juga GoPro, tetap dong jadi jawaranya untuk action cam.

Jadi kesimpulannya nih. Pilihlah GoPro Hero7 Black jika butuh action cam, apalagi jika butuh banget fitur live streaming. Tapi jika keperluan Anda sekedar mendokumentasikan tapi cantik lebih baik pilih Osmo Pocket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *