Cara Menerbangkan Drone untuk Pemula!

Drone sudah semakin lazim belakangan ini seiring dengan makin terjangkaunya harga dan kemudahan untuk mengoperasikannya. Meski mudah namun bagi pemula tentunya tetap saja bikin pusing  ya, maklum sih sebenarnya karena baru pertama tapi setelah dipraktekkan beberapa kali nantinya akan terbiasa. Apakah Anda juga sedang berlatih menerbangkan quadcopter?

Kalau masih rencana, bisa segera dimulai lho. Paling penting adalah jangan takut memulai. Pelajari dulu persiapannya dengan baik dan jangan takut salah, namun tetap berhati-hati ya. Bisa simak guide dari kita ini ya biar Anda makin cepat menguasai menerbangkan drone.

Pertama, kenalan dulu dengan anatomi dasar pemancar:

Pahamilah dengan benar perbedaan tombol dan stick adalah kunci penting. Tiap drone bisa memiliki pemancar dengan jumlah tombol yang berbeda, tapi pastinya terbagi dua yaitu stick kiri dan stick kanan. Kedua stick tersebut mengontrol 90% manuver dasar yang bisa dilakukan dengan quadcoptermu lho jadi pastikan Anda benar-benar menguasainya hingga terbiasa. Dan pastinya, semua drone sudah diwajibkan menggunakan settingan default yang sama.

Yuk, sekarang mari kenali lebih detil fungsi masing-masing.

 

Stick Kiri (Yaw/Throttle)

Stick kiri mengontrol dua aspek penerbangan drone : yaw dan throttle.

YAW

Yaw adalah berputarnya multirotor kiri dan kanan. Jadi jika Anda mendorong stick kiri ke x-axis (kiri maupun kanan) maka akan membuat drone berputar ke arah yang Anda pilih.

Berputar membantu Anda menghadapkan quadcopter tanpa perlu berpindah posisi.

Tapi ini tidak sama dengan rolling lho ya (akan kita bahas di poin berikutnya).

Sedangkan throttle adalah menggerakkan multirotor naik turun. Kontrol ini ada pada y-axis pada stick kiri. Jika Anda menggerakkan stick naik dan turun maka quadcopter akan mengubah altitude alias ketinggian.

Ketika terbang Anda akan butuh menghafal (dan mensetting) kecepatan throttle quadcopter Anda karena selain dari sisi keamanan, gerakan tilt naik-turun adalah gerakan kamera paling dasar dalam videografi. Semakin smooth dan semakin ahli Anda mengendalikan throttle maka besar kemungkinan video Anda juga lebih bagus.

Stick Kanan (roll/pitch)

Stick kanan mengontrol gerakan quadcopter pada x-axis yaitu mengatur roll dan pitch.

 

ROLL

Roll adalah pergerakan quadcopter ke samping. Jika Anda menggerakkan stick ini ke kiri atau ke kanan maka drone akan berguling memiringkan badan sambal bergeser ke samping ke arah yang Anda pilih. Gerakan ini tidak mengubah ketinggian quadcopter (posisi y-axis) tapi hanya posisi x-axis.

PITCH

Pitch adalah pergerakan maju dan mundur quadcopter. Jika Anda menekan stick kanan ke atas/bawah maka drone akan bergerak maju atau mundur.

Untuk membuat gerakan stick kanan yang baik, Anda harus tahu arah drone yaitu mana yang depan mana yang belakang.

Instruksi Step by step menerbangkan drone untuk pemula

Setelah mengenali basic/dasar gerakan yang bisa dilakukan untuk mengontrol drone melalui pemancar, sekarang saatnya mempersiapkan penerbangan pertama drone Anda.

Pastikan Anda sudah memilih lokasi yang tepat untuk menerbangkannya ya. Ingat jangan yang berangin atau cuaca tidak stabil. Lebih baik menunggu cuaca benar-benar cerah jika tidak ingin drone Anda rusak.

 

1. Baca Petunjuk Penggunaan

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah membaca seluruh instruksi dari buku yang disertakan oleh produsen drone.

 

2. Charge/Isi Baterai Drone

Pastikan baterai sudah terisi penuh sebelum terbang, pakai baterai dan charger dari produsen resmi ya. Jika ada masalah jangan langsung membeli asal-asalan, lebih baik kontak ke pihak produsen resmi.

 

3. Posisikan Quadcopter

Pastikan area yang Anda gunakan untuk menerbangkan quadcopter bersih dari halang rintang sebelum memulai. Bahkan ketika terbang, Anda harus terus memposisikan drone sesuai manual jadi harus tahu mana yang sisi depan dan mana yang sisi belakang. Selalu posisikan diri Anda di belakang drone sebelum lepas landas.

 

4. Dorong throttle quadcopter ke bawah

Masih ingat perintah throttle pada stick kiri? Nah, yang itu. Sebelum Anda memindah pemancar, dorong throttle turun, baru nyalakan pemancarnya. Hal ini untuk jaga-jaga jika ternyata ada yang error di stick/remote Anda, supaya drone tidak tiba-tiba terbang begitu remote dinyalakan.

Untuk urutan menyalakan, biasakan menyalakan remote terlebih dahulu baru quadcopter. Ketika Anda selesai menerbangkan drone maka pertama-tama matikan baterai drone kemudian matikan remote.

 

5. Lepas Landas dan Mendarat

Manuver penerbangan pertama yang harus Anda lakukan adalah lepas landas dan mendarat. Saat Anda melakukan semua langkah sebelumnya, Anda dapat mendorong throttle (tongkat kiri) ke atas perlahan. Maka quadcopter akan mulai lepas landas.

Jika quadcopter mulai condong ke depan atau ke belakang, balas dengan menggunakan pitch command (stick kanan ke atas dan ke bawah). Hal yang sama berlaku untuk kontrol roll (stick kanan ke kiri dan kanan).

Jika Anda melihat drone mulai condong ke salah satu sisi, maka balaslah  dan pertahankan posisinya agar tetap seimbang. Ini adalah menu latihan awal bagi yang pertamakali menerbangkan drone.

 

6. Lepas landas dan mempertahankan posisi quadcopter

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menerbangkan quadcopter dan menahannya beberapa meter di atas tempat pendaratan. Sangat penting untuk diingat bahwa langkah ini membutuhkan konsentrasi dalam mempertahankan posisi melayang.
Jaga drone tetap stabil dan tahan sediam mungkin. Ini mungkin tampak membosankan pada awalnya, tetapi mempelajari teknik ini akan sangat membantu Anda untuk memulai dan menyelesaikan sesi terbang. Selain itu, pelajaran ini akan membuat Anda jadi pilot yang baik dan tahu bagaimana menjaga quadcopter tetap aman sehingga masa pakainya bisa tahan lama.

Ini penting karena tanpa mempelajari cara melakukan manuver dasar untuk lepas landas, mendarat, dan menyeimbangkan maka bisa jadi nanti Anda akan mengalami kesulitan ketika sampai di tahap yang lebih rumit.

Praktekkan terus menerus sampai Anda bisa melakukannya dengan santai.

 

7. Memutar Quadcopter

Ini nih salah satu manuver yang paling penting. Ingatlah, yaw control (stick kiri) mengontrol bagaimana multirotor drone bisa berputar.  Jika Anda mengikuti semua petunjuk di atas, Anda akan berdiri di belakang quadcopter selama lepas landas.

Sekarang kita sampai pada tahap lebih rumit. Sekarang Anda harus lepas landas dan memutar drone untuk menghadap ke arah Anda.

Kedengarannya mudah ya? Tapi saat dicoba mungkin Anda bisa frustasi lho. Karena ketika drone diputar maka posisi frame ikut berubah. Nah, jika Anda memutarnya maka biasanya Anda akan bingung mana sisi depan dan belakangnya. Jadi perhatikan baik-baik ya saat memutar drone.

 

8. Bayangkan diri anda di drone

Menerbangkan quadcopter itu gampang-gampang susah, apalagi memahami arahnya. Anda bisa meniru cara pilot drone profesional sehingga bisa bermanuver dengan luwes.

Caranya adalah membayangkan diri Anda (sebagai pilot) duduk di drone. Dengan begitu Anda tidak akan bingung ketika bermanuver ke segala arah.

 

9. Mengenal lebih dalam kontrol drone

Lho bukannya sudah dibahas di awal?

Iya memang sudah, tapi hanya mencakup yaw, throttle, pitch dan roll saat belum mengenal transmitter/pemancar/remote. Namun sebenarnya masih banyak fungsi advance dari remote yang belum dibahas, tak perlu dibawa stress juga sih. Anggap saja seperti main video game menggunakan joystick. Awal-awal saja akan kerepotan tapi setelah terbiasa rasanya sama seperti bernafas, nggak perlu mikir.

Paling penting adalah Anda harus memahami benar bagaimana perilaku drone.  Berlatih akan lebih mudah jika Anda sudah paham perilaku drone dan hapal kontrol remote-nya. Teruslah berlatih hingga bisa mengontrol drone tanpa berpikir keras.

Sumber: Dronenodes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *