Canon EOS 80D: Kamera Semi Pro dengan Teknologi Auto Fokus Terbaik (Review)

Anda sudah mendengar ‘kan bahwa Canon telah mengeluarkan kamera terbaru dengan melanjutkan seri 2 digit-nya?

Ya, yang saya maksutkan adalah Canon EOS 80D!

Secara resmi kamera Canon EOS 80D ini diperkenalkan ke publik pada Bulan Februari 2016 kemarin. Saya yakin, Anda pun telah ‘gatal’ mencari informasi secara lengkap tentang kehebatan kamera terbaru jebolan Canon ini. Be patient guys, good thing takes time! ☺

Jual Canon EOS 80D Murah

Sebelum kita mereview lebih jauh tentang kamera Canon EOS 80D ini, saya akan mengajak Anda flashback sedikit.

Tentunya Anda masih ingat ‘kan pada tahun 2013 lalu saat Canon memperkenalkan EOS 70D?

Seperti yang kita tahu, Canon EOS 70D ini fiturnya sudah paling optimal bagi kebutuhan banyak orang.

Baik itu ketika dipakai normal melalui jendela bidik (view finder) ataupun melalui Life View-nya yang sudah mendukung fitur layar sentuh. Bahkan, melalui kamera ini kita juga dapat menentukan titik fokus dengan mudah dan cepat. Untuk merekam video pun, Canon EOS 70D juga  sudah sangat mumpuni. >> Lihat Spesifikasi Terlengkap dari Canon EOS 70D<<

CANON EOS 80D

Lalu yang saya pikirkan adalah, jika Canon akan melanjutkan ke seri 80D, apa lagi yang akan disempurnakan, mengingat kamera pendahulunya (70D) sudah cukup oke?

Bicara Soal Kualitas Fisik & Desain

Sebelum menjawab itu semua, mungkin ada baiknya kita bicara soal desain fisiknya dulu ya…

Memang, Anda pasti berpikir kalau desain fisik antara Canon EOS 80D dengan pendahulunya sangat sama persis. Benar, saya awalnya juga berpikir begitu. Namun jika Anda jeli mempehatikan detailnya, ada beberapa poin pembeda lho…

Coba perhatikan view finder atau jendela bidiknya. Cakupan viewfinder EOS 80D telah diperbaiki. Tentu saja, kini fitur utamanya yakni mempunyai cakupan yang lebih luas hingga 100%. Dan yang terpenting adalah, cakupan ini juga memiliki kualitas yang sama untuk viewfinder dan fungsi Live View.

EOS 80D VS 70D

Bukan hanya itu, perbedaan juga terdapat pada roda dial, port samping, dan tuas live view-nya. Bukan hanya itu, pada EOS 80D ini juga diberikan modul GPS, WiFi, dan NFC. Kompabilitas kamera dengan NFC akan memungkinkan EOS 80D terhubung dengan mudah ke smartphone yang kompatibel dengan NFC.

Bingung Cari Kamera DSLR Terbaik & Terlengkap dengan Harga Murah?

Plazakamera.com menjual berbagai merek dan tipe kamera DSLR terbaru dengan harga termurah. Cek daftar harga, lihat spesifikasi lengkapnya, dan bawa pulang kamera impianmu!

Lihat Berbagai Kamera DSLR Terbaikmu Sekarang Juga, KLIK DISINI!

Belum puas sampai disitu, pada mode dial, kini telah terdapat dual custom slot (C1 & C2), serta berbagai fitur baru yang dapat pengguna manfaatkan untuk membuat video timelapse. Masih ada kabar baik lainnya, colokan mic dan headphone yang berada disamping kiri menambah segudang fitur dari Canon EOS 80D ini. Belum lagi kemampuannya yang dapat merekam dengan 2x frame rate normal yang mengagumkan.

Lensa KIT Terbaik dengan Nano-USM

Memang, jika kita lihat desain fisik dan kualitas pada body Canon EOS 80D ini secara signifikan memang cukup baik . Tapi, apa jadinya sebuah body kamera tanpa lensa? Hambar, serasa hidup segan mati tak mau ?

Itulah sebabnya, untuk pertama kalinya diperkenalkan sebuah lensa dengan teknologi terbaru besutan dari Canon. Adapun lensa tersebut adalah Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM. Lensa tersebut hadir dengan teknologi motor fokus terbaru yang dinamakan dengan Nano USM.

lensa KIT Canon EOS 80 D

Pasti Anda bertanya-tanya, apa kehebatan lensa ini dibandingkan dengan lensa produksi Canon sebelumnya?

Jangan salah, Nano USM bukan hanya sebuah nama untuk mendongkrak penjualan Canon EOS 80D, melainkan ini adalah teknologi baru yang membuat lensa ini menawarkan AF dengan kecepatan dan presisi tinggi untuk pemotretan gambar diam. Itu artinya, lensa ini mampu menetapkan fokus dengan lebih cepat. Sedangkan AF untuk pembuatan film juga lebih senyap dan lebih mulus dibandingkan lensa-lensa sebelumnya.

Lensa KIT ini merupakan bawaan dari Canon EOS 80D yang memiliki rasio zoom tinggi dengan kisaran fokus 18 hingga 135mm. Intinya, lensa KIT ini merupakan rekomendasi terbaik bagi Anda yang mementingkan kecepatan AF.

Lihat saja, berikut adalah perbedaan video kecepatan AF dengan teknologi STM (teknologi pada kebanyakan lensa Canon) dan Nano USM:

Dilengkapi 45 Titik Fokus Jenis Cross

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari Canon EOS 80D dibandingkan dengan pendahulunya adalah sistem autofokus yang menggunakan 45 titik fokus dengan jenis crocss yang menjanjikan kecepatan dan akurasi yang lebih baik.

Titik fokus jenis crocs ini mampu mendeteksi pola cahaya vertikal maupun horisontal. Bahkan, mampu bekerja dengan baik meski dengan cahaya redup dan juga kompatibel dengan banyak lensa.

Jual Canon EOS 80D Murah

Jual Canon EOS 80D Murah

Canon EOS 80D juga memiliki 4 jenis mode pilihan area AF yang berguna untuk situasi yang berbeda-beda. Pertama, Single-point AF yang memungkinkan kita untuk memilih salah satu dari 45 titik fokus. Kedua, Zona AF yang memungkinkan Anda memilih salah satu dari 9 Zone AF yang telah ada. Ketiga, Large Zone AF yakni dimana Anda dapat memilih salah satu dari 3 zona AF. Keempat, 45-point AF Auto Selection yang memungkinkan kamera mendeteksi AF secara otomatis.

24.2 Megapixel (APS-C) CMOS Sensor

Selain dilengkapi dengan 45 Titik Fokus, fitur lainnya yang juga jadi pembeda dengan pendahulunya (EOS 70D) adalah sistem Dual Pixel AF yang berguna pada saat live view dan mengunci subjek bergerak. Kedua fitur tersebut tentunya sangat dibutuhkan bagi seorang videografer.

Review Canon EOS 80D

Canon EOS 80D juga dilengkapi dengan sensor CMOS APSC dengan resolusi 24,2MP dengan rentang ISO antara 100 sampai 16000 yang masih dapat dikembangkan hingga angka 25600. Dengan kualitas video yang dihasilkan FHD 60p dan peningkatan sistem AFnya, membuat kamera ini mampu memanjakan videografer. Karena, pengguna akan lebih mudah memindahkan fokus dengan cepat dari titik subject tertentu ke titik lainnya.

Coba lihat sendiri bagaimana hebatnya CMOS APSC ini bekerja:

Bahkan, Canon ini juga mampu digunakan untuk memotret beruntun dengan waktu yang sangat cepat (6 frame per detik) berkat pemroses gambar yang dinamakan DIGIC 6. Dan lagi, fitur HDR juga tersedia pada kamera ini.

Canon EOS 80D Anti-Flicker

Bahkan, EOS 80D ini juga dilengkapi dengan flicker detection yang langsung dapat Anda lihat pada View Finder guna mengimbangi sorotan dari sumber cahaya. Fitur ini sebenarnya berfungsi untuk meminimalkan gradasi warna dan eksposur, terutama selama pengambilan gambar terus menerus menggunakan sumber pencahayaan dari lampu (dalam kondisi indoor). Sistem ini diperkenalkan pertama kali pada kamera pro sekelas 7D Mark II.

Dibekali dengan Power Zoom Adapter Canggih

Tak hanya dibekali dengan lensa KIT khusus, Canon EOS 80D ini juga hadir dengan adaptor zoom bertenaga listrik dan digerakan oleh empat baterai AAA. Adaptor PZ-E1 ini dapat Anda sesuaikan kecepatan zoom-nya dengan mengoperasikan sakelar mode kecepatan dan tuas zoom.

Jual Canon EOS 80D Termurah

Adaptor yang dapat dilepas-pasang ini dapat membantu meluaskan jangkauan fotografis Anda, baik pada saat pemotretan gambar diam ataupun pembuatan film. Pengguna dapat mengoperasikan zoom jarak jauh menggunakan EOS Ultility dan aplikasi Camera Connect. Sehingga, Anda dapat menggunakannya apabila menjepret gambar dari lokasi yang jauh.

Jual Canon EOS 80D Terbaru

Lalu pertanyaannya, apakah kemampuan dari Adaptor PZ-E1 ini dapat digunakan ke semua lensa Canon?

Sayang sekali, Adaptor PZ-E1 dijual terpisah dengan pembelian kamera Canon EOS 80D. Karena, adaptor PZ-E1 terhitung sebagai salah satu aksesoris pelengkap untuk menambah performa Canon EOS 80D. Dipasaran, adaptor ini dijual dengan kisaran 2 jutaan.

Dan yang sangat disayangkan lagi, hingga saat ini Adaptor ini sama seperti Lensa KITnya yang hanya bisa dipakai pada kamera 80D. Itu artinya, Adaptor PZ-E1 hanya kompatibel dengan EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS USM.

Ya, itulah fitur dari Canon EOS 80D yang menurut saya paling mencolok. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi fitur dari kamera yang baru dirilis pada Februari 2016 kemarin. >> Lihat Daftar Spesifikasi Terlengkap Canon EOS 80D, KLIK DISINI!<<

Lalu Apa yang Anda Pikirkan Tentang Kamera Ini?

Jika ditanyai mengenai kamera ini, maka saya pribadi akan berpendapat bahwa pada seri ini (80D) Canon tidak terlalu banyak berinovasi. Sebaliknya, Canon hanya meningkatkan fitur yang sudah ada dari series pendahulunya.

Canon EOS 80D Terbaru

Secara umum, memang kamera ini setara dengan kamera-kamera dikelasnya dalam fitur fotografi. Namun begitu, dalam hal videografi Canon EOS 80D ini jauh lebih mampu bersaing berkat teknologi autofokus dual pixel-nya, live view, dan layar sentuhnya yang jauh lebih baik.

Namun sayangnya, pada series ini Lensa KIT dan Adaptornya hanya bisa kompatibel dengan Canon EOS 80D. Itulah yang membuat pengguna tak bisa mengeksplorasi lebih dalam lagi.

Soal harga, Canon EOS 80D dan lensanya dipatok dengan harga 16 jutaan. Itupun masih bisa lebih murah jika Anda mendapatkan tempat terbaik untuk membelinya ?

Ingin Canon EOS 80D Bergaransi dengan Harga Murah?

Canon EOS 80D sangat direkomendasikan bukan hanya untuk fotografi, melainkan  juga sangat mumpuni untuk videografi. Kemampuan sensor CMOS APSC yang beresolusi 24,2MP-nya akan memudahkan Anda dalam memindahkan fokus dengan cepat dari titik subject tertentu.

Segera Dapatkan Penawaran Harga Terbaik Canon EOS 80D  di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *