Sony A6000 vs Fuji X-T10, Mana yang lebih baik ?


Kamera rilisan lama bukan berarti ketinggalan jaman. Meski setiap bulan banyak kamera baru bermunculan namun nama Sony A6000 dan Fuji X-T10 masih bikin penggemar fotografi galau untuk membelinya.

” Emangnya apa sih keunggulannya? “

Sony A6000 dirilis pertama pada Februari 2014 dan disusul Fuji X-T10 diluncurkan  pada Maret 2015. Meski sudah lama namun kedua kamera tersebut masih banyak yang menjual dan diminati karena beberapa faktor.

Faktor utamanya karena keduanya tergolong bagus untuk berbagai jenis fotografi. Apalagi harganya kini semakin terjangkau dengan munculnya kamera yang lebih baru.

/ Sony Mirrorless A6000

Keunggulan Sony A6000

  • Resolusi lebih tinggi
    Sony A6000 memiliki sensor foto 24MP yang jauh lebih tinggi dibanding Fuji XT10 yang hanya 16MP. Itu membuat pekerjaan cropping dan nge-print jadi lebih menyenangkan tapi di sisi lain noise jadi lebih banyak di ISO yang tinggi.
  • Desain kamera yang ringan: Sony A600 lebih ringan 200 gram.
  • Image buffer lebih besar
    Sony A6000 memiliki buffer sekitar 20 shot, sedangkan Fuji X-T10 nafasnya hanya 9 shot.
  • Konektivitas lebih baik
    Sony A6000 memiliki NFC jadi anda bisa menggunakannya lebih praktis setelah memasangkannya dengan smartphone ber-NFC.
  • USB charging
    Rasanya lebih praktis karena bisa langsung nge-charge baterai di kameranya.
  • Harga!
    Fuji XT10 harganya sekitar USD 200 lebih mahal namun sekarang mungkin bisa berbeda-beda dengan banyaknya promo oleh para penjual.

Contoh hasil jepretan Sony A6000

 

/ Fuji X-T10

Keunggulan Fuji X-T10

  • EVF lebih terang
    dengan lebih banyak informasi yang bisa ditampilkan di viewfinder.
  • Solid, bug-free operation
    Lebih cepat saat dinyalakan.
  • No anti-aliasing filter
    Secara teori bisa menghasilkan foto lebih tajam.
  • External audio jack
    untuk merekam audio
  • Kemampuan low light yang lebih baik
    Berkat photosites yang lebih besar (setiap pixel memiliki space lebih banyak di sensor sehingga lebih mudah menangkap cahaya)
  • Kontrol!
    Sulit untuk memahami kenapa begitu banyak tombol yang tersebar di bodi kamera sampai anda memegang sendiri Fuji XT10. Tapi itu membuat perbedaan besar dari segi kecepatan operasi dan dalam kondisi memotret cepat-cepat.
  • Autofokus lebih cekatan
    Kalau autofokus di A6000 payah sekali maka X-T10 terbilang memuaskan. Itu akan membuat perbedaan besar pada ketajaman foto hasil jepretan. Ini saja sudah cukup menjadi alasan memilih untuk membeli Fuji XT10.
  • Penampilan bodi yang lebih kece
    Jika anda tipe mementingkan desain bodi kamera maka Fuji pilihan yang tepat. Dengan desain retro yang classy bakal membuatnya Instagram-able. Sedangkan A6000 biasa-biasa saja.

Contoh Hasil Jepretan Fuji X-T10

” Kesamaan Sony A6000 dan Fuji X-T10″

Sony A6000 bisa jadi sudah terhitung jadul sekarang, namun ia pernah jadi mirrorless pertama yang populer di pasaran. Titel itu juga diperolehnya berkat sensor pendeteksi autofokus yang bagus.

Begitupun dengan Fuji X-T10 yang juga memiliki masa keemasan berkat sensor pendeteksi autofokus. Tapi karena dia model lebih baru maka teknologi tersebut lebih bagus dibanding milik A6000.

Keduanya sama-sama memiliki LCD yang bisa dimiringkan. Tentunya ini memudahkan anda untuk shooting dari angle sangat bawah atau malah dari atas. Hanya dimiringkan, bukan berputar menyeluruh.

Keduanya juga sama-sama dibekali konektivitas Wi-Fi.

Keduanya sama-sama menghasilkan foto yang ciamik lewat sensor APS-C, namun beda dari segi resolusi. Sony A6000 memiliki 24MP sedangkan X-T10 “hanya” 16MP namun tetap tajam saat di-zoom 100%.

Lebih spesifiknya, Fujifilm lebih unggul dalam menangkap warna kulit yang lembut dan enak dipandang. Sedangkan Sony ciamik di foto landscape yang lebih pekat.

 

Overall, Sony A6000 dan Fuji X-T10 sama-sama mirrorless dengan range harga cukup terasa. X-T10 dibanderol sekitar Rp 12 juta sedangkan Sony A6000 “hanya” sekitar Rp 9 jutaan.

Jadi sudah memutuskan ingin membeli yang mana?

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *