Phantom 3: 15 Things Before Flying Your Phantom

15 HAL DASAR YANG PERLU ANDA KETAHUI SEBELUM MENERBANGKAN DRONE

15 hal dasar yang perlu anda ketahui sebelum menerbangkan drone

Sebelumnya Anda telah mengenal bagian – bagian aircraft dan remote controll, sekarang Anda sudah tidak sabar untuk mencoba menerbangkannya. Tapi, sebelum menerbangkan drone kesayangan Anda, berikut ada 15 hal dasar yang perlu Anda ketahui:

1 – How to Power ON/OFF & check battery levels
Poin pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menyalakan dan mematikan drone & remote control? “Press power button twice & hold 2second to turn on”. Ya, tekan tombol power 2kali dan tahan selama 2 detik untuk menyalakannya. Tekan sekali untuk melihat battery levels atau indikator battery.

2 – Charging The Batteries
Charger Phantom memiliki 2 cabang, satu untuk charge baterai drone dan satu lagi untuk charge remote. Sebelum men-charge, pastikan intelligent battery & remote controller dalam keadaan mati / off. Ketika men-charge LED pada baterai akan menyala berurutan sesuai dengan kondisi power terakhir. Proses charge akan berhenti secara otomatis begitu battery penuh / full.

3 – Preparing Remote Controller
Nyalakan remote seperti pada poin pertama, yang perlu disiapkan untuk remote controller adalah kabel data USB to Micro USB (mobile device) untuk disambungkan dari remote ke device yang sudah terpasang pada mobile holder.

4 – Adjust Antenna for Strong Signal
Posisi antenna juga berpengaruh pada seberapa kuat untuk menangkap signal dari drone. Jadi, jangan suka – suka memposisikan antenna-nya, posisikan seperti pada gambar di bawah ini:

cara pasang antenna untuk dapatkan sinyal yang kuat drone surabaya indonesia

5 – Flight Mode (P.A.F)
Ada 3 Flight Modes pada Phantom 3, dan yang paling sering dipakai adalah ‘P mode’. Anda bisa menggantinya ke ‘A mode’ ketika kondisi ‘P mode’ tidak tersedia.

flight mode dji phantom 3 series

Need to Know: By default, flight mode – ‘P mode’ terkunci. Untuk membuka flight mode (A(TTI) dan F(unction), “Enable Multiple Flight Mode” harus dinyalakan / turned on pada app DJI GO -> MC Setting / Advanced Settings.

Untuk lebih detail tentang Flight Mode (P.A.F), akan diupdate melalui email. Jadi, pastikan Anda sudah subscribe untuk update tentang drone khususnya DJI Phantom 3 Series. Klik subscribe drone interest.

6 – DJI Pilot App (DJI GO)
Gunakan aplikasi DJI GO ini untuk mengontrol gimbal, kamera dan pengaturan aircraft lainnya. Aplikasi ini juga terdapat menu Map, Academy, dan User Center.

Need to Know:
Kapanpun dan dimanapun Anda melakukan perubahan / setting pada DJI GO App, pastikan Aircraft / drone dalam keadaan menyala / ON dan terhubung dengan remote controller (LED harus menyala hijau). Meskipun Anda membuka dan melakukan perubahan tanpa melakukan hal tersebut (koneksi antar drone & remote), banyak menu dan opsi yang tidak muncul.

7 – Stick Mode
Default stick mode pada Phantom 3 adalah ‘Mode 2’, mode yang biasa digunakan. Jika kalian menginginkan reverse stick, pilih ‘Mode 1’. Lebih detailnya bisa lihat video di bawah ya..
cara setting stick mode phantom 3 surabaya indonesia

8 – Preparing The Drone
Persiapan pada drone seperti, memasang intelligent battery pada drone setelah di charge (pastikan battery dalam keadaan penuh; untuk memaksimalkan waktu pengambilan gambar), kemudian pemasangan propeller yang sesuai color dot & nut masing – masing, jangan lupa juga untuk melepas gimbal clamp sebelum menyalakan drone, pastikan LED Green menyala dan connect pada remote controller.

9 – Attach Propeller
Gray dot to motors with the gray nut, putar se-arah jarum jam untuk menguncinya. Black dot to motors with black nut, putar melawan arah jarum jam untuk menguncinya.

10 – Remove Gimbal Clamp
Lepas dan simpan gimbal  clamp sebelum menyalakan drone. Anda akan memerlukan gimbal clamp tersebut setelah melakukan penerbangan dan memasangnya kembali pada gimbal untuk keamanan ketika menyimpan drone pada tas.

11 – Verify Secure Connection Radio Control, Image Transmission, & Battery Life
Pastikan koneksi antar aircraft dan remote controller (LED berwarna hijau), coba image transmisi-nya dengan mengontrol gimbal kamera atau menggeser posisi drone, dan pastikan jumlah power battery sebelum lepas landas.

12 – Light Signal

status light phantom3 surabaya indonesia
Light signal yang saya maksud disini adalah pada app DJI GO ketika Anda mengkoneksikan pada remote controller dan mulai menyalakan app -> tap camera icon (Aircraft State)

13 – Calibrate The Compass
Tekan Calibrate, putar drone 360 sampai LED Kuning berubah menjadi HIJAU. – Rotasi drone dengan bagian depan (camera) menghadap ke bawah. lakukan kalibrasi sekali lagi (memutar 360) sampai lampu HIJAU berkedip / flashing. Lebih jelasnya bisa dilihat pada video di bawah.

14 – Light Sequence
Light sequence ini merupakan cahaya pada drone / aircraft yang memiliki maksud yang berbeda dengan nyala cahaya yang berbeda pula. Berikut list maksud dari cahaya pada drone:

BLINKING GREEN: Safe to Fly, GPS Working
BLINKING GREEN 2X: Vision Positioning system working, no GPS
BLINKING YELLOW: P-ATTI or ATTIN Mode
BLINKING YELLOW QUICKLY: Not Connected to the Remote Controller
BLINKING RED: Low Battery Level Warning
BLINKING RED QUICKLY: Critical Low Battery Level Warning
BLINKING ALTERNATELY RED / YELLOW: Compass calibration required

15 – Ready to Flight
Jika semua sudah siap, carilah tempat yang datar dan luas dengan kamera menghadap ke depan. – Safe Flight

Video di bawah ini akan memberikan pengetahuan dasar (lebih jelas) bagaimana dan apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum menerbangkan drone milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *