Shopping Cart

Mau Beli Lampu LED? Kenali Dulu CRI dan Kelvin

Dalam dunia fotografi maupun videografi, elemen warna menjadi hal krusial dan tentunya tidak lepas dari lighting. Anda pasti juga sering merasa juga bukan jika cahaya saat berfoto bisa mengubah warna keseluruhan foto?

Nah, selain cahaya matahari kita mengenal lampu sebagai sumber cahaya buatan. Salah satunya yang familiar adalah lampu/panel LED yang biasa digunakan pada kamera. Sebagai lampu untuk pemotretan, LED juga memiliki kualitas berbeda dalam mereproduksi warna pada foto atau video. Seperti apa?

 

Kegunaan LED dalam fotografi dan videografi

Lampu LED memang menjadi favorit di dunia foto maupun videografi karena keunggulannya meski harganya relatif mahal. LED dinilai lebih “ramah” dibanding lampu biasa dari banyak segi, salah satunya adalah jauh lebih hemat energi.

Baca juga :   Bagaimana Cara Memilih Lensa untuk Food Photography? (Part 1)

LED tidak panas seperti lampu putih jika digunakan dalam jangka waktu lama. Tangan anda tidak akan tersengat saat menyentuhnya dan bahkan bisa menggunakan gel untuk mengontrol colour temperature-nya.

Jadi LED bisa digunakan untuk memotret obyek senstif, misalnya makanan. Memotret dalam jarak dekat menggunakan LED tidak akan membuat makanan itu menjadi kering akibat terkena gelombang panasnya. Model juga tidak akan merasa gerah atau tersengat panas selama pemotretan.

LED tidak hanya digunakan sebagai flash yang ciamik tapi juga bagus untuk keperluan pencahayaan tipe continuous light saat pemotretan.

Setelah mengenal kegunaannya, ada hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk memakainnya dalam pemotretan maupun syuting yaitu color temperature dan CRI-nya.

Baca juga :   Deretan Kamera Vlog Terbaik

 

Suhu warna lampu LED

Seperti pada lampu bohlam biasa, LED juga memiliki efek pada obyek yang disinari. Ini disebut dengan color temperature atau suhu warna yang diukur menggunakan Kelvin.

Temperatur Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap sebuah obyek ketika cahaya itu mengenainya. Makin besar ukuran derajat Kelvin, warna obyek semakin putih dan begitupun kebalikannya.

  • Cool White : 4000 hingga 5000K

Warna di suhu ini cocok untuk kesan modern bagi ruangan kantor, sekolah, supermarket dan area komersil. Ini juga jadi LED paling disukai orang-orang.

  • Warm White – 2700 hingga 3000K

Warna suhu ini memiliki efek keemasan sehingga tepat digunakan untuk rumah atau kafe.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00