DJI INSPIRE 2, Drone Terbaik untuk Videografi? Atau Termahal?

Para pembaca PlazaKamera.com, tentu drone bukan topik yang asing lagi bagi kalian.

Wajar, mengingat drone merupakan alat rekam yang kekinian. Saat ini pun, banyak orang yang berburu drone dengan harga terjangkau demi memenuhi kebutuhan mereka masing-masing (mulai dari main-main, travel, sampai yang beneran project).

Namun jika videografer dan aerial fotografer yang ditanya, maka bukan itu esensinya.

Yang mereka buru adalah drone yang mampu memberikan hasil terbaik. Yang memaksimalkan kreatifitas mereka sebagai director. Dan yang mewujudkan sesuatu yang selama ini tidak mungkin menjadi mungkin.

“Terus, drone seperti apa yang terbaik itu?”

Beruntung, beberapa waktu lalu sepertinya kita sepakat dengan satu jawaban: DJI Inspire 2.

 

dji-inspire

 

DJI Inspire 2 ada untuk menjawab kebutuhan para videografer dan videography enthusiasts akan kualitas super-prima dalam melakukan kegiatan videography.

Dengan harga yang mahal, yakni Rp40.490.000,00 (itupun belum dengan kamera) atau sekitar 3 hingga 7 kali lipat harga DJI series yang juga terkenal di kalangan pemburu drone (DJI Phantom, red.), bisa dikatakan seri drone DJI terbaru ini mampu memberikan hampir segala fitur terbaik untuk videography.

 

Di satu sisi, harga drone yang mahal dengan fasilitas terbaik untuk videography adalah investasi yang tidak akan merugikan. Di sisi yang lain, mungkin ada juga kalangan videografer yang tidak terima mengenai mengapa DJI Inspire 2 sebagai seri drone pendatang terbaru ini begitu mahal dibandingkan dronedrone lainnya.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengemukakan berbagai kemungkinan alasan-alasan mengenai mengapa dan apa saja yang membuat DJI Inspire 2 menjadi drone yang mahal. Agar tidak penasaran, berikut ini adalah hal-hal yang saya pikir dapat membuat DJI Inspire 2 ini menjadi mahal:

 

1. Video Transmission System

Video transmission system dari DJI Inspire 2 adalah fitur yang termasuk dalam update terbaru DJI.

Dengan adanya video transmission system, DJI Inspire 2 dapat menyetor informasi gambar-gambar yang terkandung dalam video (mentransmisi, red.) hingga 7 km apabila tidak ada penghalang atau gangguan. Jarak ini lebih jauh dibandingkan dronedrone yang lain yang, menurut apa yang saya amati, hanya dapat menempuh hingga 5 km.

 

dji-inspire-2-1-1024x576

 

Adanya video transmission system juga menolong pilot DJI Inspire 2 dalam mengatur sendiri kontrol dan stabilitas video yang mereka inginkan dengan cara mengubah frekuensi. Tidak lupa, sistem ini juga dilengkapi kamera kecil untuk FPV, di mana kamera ini juga adalah terobosan terbaru DJI Inspire 2, salah satunya adalah dengan memberikan tampilan video monitoring dengan kualitas 1080p/720p.

Kalau melihat pada ketiga kelebihan yang terkandung dalam video transmission system ini, yakni jarak transmisi yang jauh, pengaturan kontrol dan stabilitas frekuensi sesuai keinginan, dan tampilan monitor yang baik, tentu tidak mengherankan apabila seri drone terbaru dan terbaik untuk videography ini dihargai begitu mahal.

Hal ini wajar, mengingat natur barang apapun yang dapat dikustomisasi secara pribadi pasti berharga lebih mahal, termasuk DJI Inspire 2. Apalagi, drone terbaru ini juga hadir dengan kualitas yang baik.

 

2. Serba Ganda: Dapat Dikendalikan Dua Pilot dan Frekuensi Sinyal Ganda

Poin kedua ini, menurut saya, juga termasuk keunikan DJI Inspire 2 sebagai drone terbaru yang membuatnya mahal. Selain baru diperkenalkan, fitur “serba ganda” yang memudahkan pengguna ini juga merupakan keunggulan yang dimiliki oleh DJI Inspire 2.

Yang pertama adalah kemampuan DJI Inspire 2 dalam fleksibilitas pengendalian, yakni dapat dikendalikan dua pilot (pemakai, red.) secara sekaligus. Satu pilot mengontrol drone, sementara satunya lagi mengontrol gimbal. Apabila dikaitkan dengan proses pembuatan video yang sering memakan banyak waktu, tentu hal ini akan menghemat waktu sekaligus meringankan beban videografer. Tampilan akhir video pun menjadi lebih “wah” seperti yang terdapat pada video-video pemenang lomba internasional.

Yang kedua, masih berkaitan dengan videografi, frekuensi sinyal ganda pada DJI Inspire 2 yang artinya saat frekuensi liveview 2.4 GHz terganggu, kita bisa dengan cepat beralih ke frekuensi 5.8 GHz. Semua ini untuk hasil video transmisi yang lebih baik.

Dengan kedua macam fasilitas berfungsi ganda ini, sudah pasti harga DJI Inspire 2, drone terbaru dan terbaik untuk videography, menjadi mahal. Bagaimanapun juga, yang “serba-ganda” pasti lebih mahal dibandingkan fitur apapun yang sifatnya satu arah, seperti hanya dapat dikendalikan satu orang atau hanya dapat merekam dengan satu kamera saja.

 

 

3. Baterai Ganda yang Tahan Lama

Satu lagi sistem ganda yang dimiliki DJI Inspire 2. Pada poin sebelumnya, kita tahu kalau peralatan dengan fitur apapun yang berfungsi ganda pasti lebih mahal dibandingkan yang tidak. Poin ini akan membahas mengenai baterai ganda DJI Inspire 2 yang tahan lama dapat membuat DJI Inspire 2 menjadi mahal.

Dengan adanya baterai ganda, DJI Inspire 2 dapat terbang hingga 27 menit apabila menggunakan kamera X4S. Waktu terbang ini berada di atas pendahulunya, yakni DJI Inspire 1 v2.0 Quadcopter, yang hanya mampu terbang hingga 15 menit dengan kamera X5. DJI Inspire 1 v2.0 Quadcopter sendiri berharga Rp28.000.000,00, di mana harga ini 2 kali lipat lebih sedikit lebih murah dibandingkan DJI Inspire 2.

Namun, semua itu setimpal dengan hasilnya. Dengan adanya baterai ganda yang tahan lama, pemakai akan lebih leluasa dalam melakukan kegiatan videografi dan meminimalisir kemungkinan video yang terpotong-potong.

 

4. SelfHeating Intelligent Flight Battery

Berdasarkan apa yang saya amati, fitur ke-4 ini juga merupakan hal baru yang ada pada DJI Inspire 2. Meskipun sama-sama intelligent flight battery, baterai yang dimiliki DJI Inspire 2 ini memang berbeda dibandingkan intelligent flight battery pada seri DJI serupa.

Pada seri sebelumnya, yakni DJI Inspire 1, intelligent flight battery hanya berfungsi sebagai pelacak saja. DJI Inspire 2 ini memiliki tambahan fitur selfheating, di mana dengan adanya selfheating ini, drone dapat beroperasi meskipun dalam suhu minus. Tambahan fitur selfheating yang sebelumnya tidak ada inilah yang membuat drone terbaik untuk videography ini lebih mahal dibandingkan seri-seri sebelumnya.

 

5. Workflow yang Efisien

Kita tahu segala sesuatu yang mahal harus diimbangi dengan fasilitas dan kemampuan yang bekerja dengan baik, tidak terkecuali DJI Inspire 2. Dengan kemampuan videografi yang mumpuni, tidak mengherankan kalau harga drone terbaru ini menjadi mahal.

DJI Inspire 2 memiliki efisiensi dalam hal merekam video. Dengan kemampuannya untuk mendukung format FAT32 / exFAT yang memungkinkan untuk memindahkan file tanpa harus terlebih dahulu menggunakan software. Ini tentu akan sangat mendukung, terutama bagi para videografer yang memiliki banyak klien dan pekerjaan sehingga harus menyimpan file video di berbagai tempat dengan cepat.

 

Melalui pemaparan saya, dapat terlihat bahwa alasan utama DJI Inspire 2 mahal adalah dari fasilitas yang ditawarkan, di mana fasilitas-fasilitas ini belum pernah ada dan merupakan upgrade dari seri-seri sebelumnya.

Kustomisasi pribadi pada stabilitas yang terletak pada video transmission system, “serba-ganda” dalam hal pengendalian drone dan gimbal serta kemampuan menangkap video menggunakan dua kamera sekaligus, dan adanya selfheating yang memungkinkan drone dapat beroperasi pada suhu minus adalah contoh-contoh fitur tambahan yang baru diperkenalkan sekaligus hebat pada DJI Inspire 2. Adanya baterai ganda dengan daya tahan yang lebih juga membuat salah satu drone terbaru ini mahal.

Namun, tenang saja: Semua itu sebanding dengan kualitas yang hendak didapatkan. Saya sendiri berpendapat, DJI Inspire 2 ini merupakan investasi terbaik bagi para videografer untuk menghasilkan kualitas video tingkat dunia. Memang harganya mahal, namun, semua itu akan terbayar melalui hasil yang diberikan oleh drone terbaik untuk videography ini.

Jika Anda merasa perlu senjata terbaik untuk proyek-proyek videografi Anda, maka sepertinya kita sepakat sekali lagi ya, jawabannya adalah: DJI Inspire 2.

Ingin melihat Inspire 2 in action? Lihat saja sendiri saat product launch yang keren dari DJI ini…

DJI Inspire 2 tersedia di PlazaKamera.com untuk para videografer yang tidak sabar menggunakan segala fasilitasnya yang mutakhir. P.S.: Jangan lupa untuk memesan terlebih dahulu jauh-jauh hari, karena drone ini juga masih baru.

WhatsApp Image 2017-01-30 at 3.06.14 PM

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *