Canon EOS M3 vs Fujifilm X-A2, Mirrorless Mana yang Cocok untuk Anda?

Sekarang benar-benar jamannya mirrorless…

Mulai dari foto-foto di Instagram, Vloggers, masyarakat lebih menginginkan solusi foto & video yang praktis, berkualitas, simple, dan (percaya atau nggak ini yang paling penting) disarankan oleh teman-temannya :), dan itu semua ada di: mirrorless.

 

Nggak hanya kecil, kualitas mirrorless sudah jauh lebih baik dibanding waktu pertama keluar dulu, bahkan untuk seri “budget “mirrorless”.

That’s why, sebentar lagi akan kita bahas 2 kamera mirrorless yang termasuk paling sering ditanyakan di PlazaKamera: Canon EOS M3 vs Fujifilm X-A2.. Let’s dig it!

 

Sensor & Pixel

Baik Canon EOS M3 maupun Fujifilm X-A2, keduanya tergolong di kategori APS-C untuk ukuran sensor. Meskipun X-A2 memiliki ukuran sensor 30mm2 lebih besar dibandingkan EOS M3, perbedaannya tidak terlalu signifikan sehingga kalau kita tidak benar-benar mengamati kita tidak tahu perbedaannya. But yes, kita mungkin akan melihat kualitas detail yang lebih baik pada hasil foto X-A2.

Baca juga :   Banyak Produk Canggih di CES 2018. Siap-Siap Laper Mata!

Sementara untuk resolusi foto, dimana EOS M3 mencapai 24MP sementara X-A2 hanya 16MP, artinya EOS M3 dipastikan mampu menangkap kuantitas detail lebih banyak dibandingkan X-A2. Jujur, sampai titik ini EOS M3 terlihat lebih unggul.

Namun kita juga tidak boleh melupakan dynamic range yang dimiliki X-A2 berkat jumlah micron yang lebih banyak di sensornya. X-A2 akan memberikan warna yang lebih natural (yang terang tidak terlalu terang, dan yang gelap tidak terlalu gelap).

 

Pilihan Lensa

Fujifilm sudah jauh lebih dulu memproduksi mirrorless, sehingga lensa-lensa yang diproduksi mereka sejak awal memang diperuntukkan semua lini mirrorless mereka. Mulai dari lensa fix hingga tele mereka, semua available untuk mirrorless fuji termasuk X-A2.

Baca juga :   5 Mitos Umum dalam Digital Fotografi

Sebaliknya, Canon besar di DSLR dan memproduksi mirrorless baru-baru ini saja. Lensa-lensa EF-M atau eksklusif untuk EOS M (alias mirrorless Canon) baru beberapa saja, dan itupun di Indonesia juga agak susah carinya. Solusi yang sering digunakan oleh pengguna EOS M3 adalah membeli adapter sehingga lensa DSLR Canon ataupun lensa lain bisa masuk, namun jadi sering mengorbankan fitur AutoFocus.

3 thoughts on “Canon EOS M3 vs Fujifilm X-A2, Mirrorless Mana yang Cocok untuk Anda?”

  1. sepertinya kalo dah punya lensa Canon, lebih cenderung ke Canon. kalo masih pemula ato lon invest dan belon punya koleksi lensa, mending ke Fuji sih ….

Leave a Reply