Cara ‘Tercepat’ Menyiarkan Live View Kamera Anda ke Screen? See This Aputure Array…

Apakah Anda adalah seorang broadcaster, sineas, atau orang dengan profesi sebagai jasa dokumentasi video?

Jika ya, tentu Anda pernah merasakan bagaimana repotnya mentransmisikan sebuah video dari kamera ke perangkat display seperti TV-HD?

Broadcaster

Bayangkan, sebagai seorang videografer kita harus mengolor kabel yang sangat panjang agar lebih mudah menjangkau setiap objek yang kita dokumentasikan (terlebih, jika Anda menggunakan rig atau crane). Pun ketika kegiatan pengambilan gambar telah selesai, masih ada tugas tambahan menggulung kabel.

Belum lagi jika kabel terinjak-injak, maka ada kemungkinan kabel akan mengalami kerusakan karena putus. Faktanya, kabel HDMI ini harganya cukup mahal jika kita membeli bermeter-meter panjangnya.

Sungguh, hal tersebut dapat menguras waktu Anda. Risiko kerusakan kabel pun juga sangat besar!

Lalu, adakah solusi terbaik?

Ada, solusinya ada pada Aputure Array Trans Video Transceiver!

Apa Itu Array Trans (Unboxing)?

Seperti yang sedikit kita singgung di atas, sebenarnya Aputure Array Trans Video Transceiver merupakan sebuah transmisi wireless yang mampu mentransmisikan video dari kamera ke perangkat display.

Alat ini terdiri dari perangkat transmitter yang terhubung ke kamera dan receiver ke perangkat display. Cara kerjanya pun cukup sederhana.  Dan yang terpenting, Anda tak perlu direpotkan dengan gulung-gulung kabel.

Jual Aputure Array Trans

Aputure Array Trans

Langsung saja ke produknya ya…

Setelah membuka kemasan box, ternyata Aputure Array ini dibekali dengan tas hardshell kecil guna melindungi perangkat di dalamnya. Memang, produk-produk Aputure ini sebagian besar bermain rapi pada packaging-nya.

Begitu tas hardshell dibuka, kita langsung disuguhkan beberapa kelengkapan dari Aputure Array Trans ini. Kelengkapan tersebut seperti halnya: transmitter (TX), receiver (RX), 3 HDMI Cable (tipe A – A, A – C, dan, A – D), Power Plug, Power Adapter Cable, 2X Li-Ion Baterai, Baterai Charger, Zippered Case, manual book dan kartu garansi.

Cara Mengoperasikannya?

Sebenarnya gampang sih untuk mengoperasikan alat ini. Pertama, setelah Anda baru membeli Aputure Array Trans, maka hal yang pertama dilakukan adalah mengisi daya pada kedua baterai.

Jual Array Trans

Berhubung Array Trans ini hanya membekali satu buah charger dan dua baterai untuk transmitter dan receiver, maka pengisian daya juga harus dilakukan secara bergantian.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kamera dan perangkat display Anda. Lalu pertanyaannya, apakah semua kamera kompatibel dengan Array Trans ini? Ya, semua kamera yang terdapat port HDMI cable, itu berarti kompatibel.

Lalu, perangkat display apakah yang mendukung Array Trans? Jawabannya ya masih sama, yang ada port HDMI-nya.  Toh Array Trans ini juga membekali beberapa kabel HDMI yang disesuaikan dengan tipe port HDMI yang berbeda-beda pada beberapa kamera.

APUTURE ARRAY WIRELESS VIDEO

Kali ini, saya dan team mencoba menggunakan Canon EOS 600D dan Digital Monitor Vs-2 yang juga produk dari Aputure.

Setelah TX dihubungkan ke kamera dan RX ke perangkat display melalui kabel HDMI, selanjutnya tekan tombol saklar pada keduanya ke mode ON. Maka, secara langsung liveview pada kamera akan berpindah ke perangkat display.

RX dan TX keduanya memiliki adapter hot shoe untuk me-mount pada kamera dan tripod mini (persis seperti yang saya lakukan pada gambar di atas).

Sebelum Anda mempertanyakan tentang bagaimana kualitasnya, maka coba simak spesifikasi Aputure Array Trans berikut ini:

Tabel Spec

Audio

Bagaimana Kualitasnya?

Secara spesifikasi, Aputure Array ini mampu mengirimkan sinyal video 1080 dari kamera ke perangkat display Anda dengan jarak hingga 80 meter. Bahkan, dengan frekuensi 60GHz, pihak Aputure mengklaim hampir tidak ada delay ketika mengirimkan sinyal dari kamera ke monitor.

Jual Aputure Array Murah

Untuk mencoba kebenarannya, saya sendiri bersama team melakukan tes terkait dengan kualitasnya…

Percobaan 1

Pertama, saya dan team mencobanya di showroom Plazakamera.com. Hasilnya memang bagus. Tidak ada delay antara objek gambar yang ditangkap oleh kamera dengan hasil liveview pada monitor. Mungkin karena jarak antara TX dan RX masih terhitung dekat dan tidak ada penghalang, sehingga sinyal Wi-Fi dari wireless masih bisa terhubung.

Percobaan 2

Lokasi masih indoor di showroom Plazakamera.com. Hanya saja kini saya dan team mencoba menempatkan TX dan RX di ruangan yang berbeda, namun masih dalam jarak yang cukup dekat. Hasilnya, liveview masih terhubung. Sayangnya, terdapat delay yang terjadi pada gambar yang dikirimkan dari kamera ke monitor. Semacam patah-patah gitu gambar di monitor.

Percobaan 3

Kali ini, saya dan team mencoba melakukan tes dengan alat ini pada kondisi outdoor. Namun, masih dalam satu jarak pandang (tidak ada penghalang). Perlahan, kami melakukan tes dengan jarak yang cukup dekat terlebih dahulu. Semakin lama, kita menambahkan rentang jarak yang semakin jauh.

Dan delay parah mulai terjadi di kisaran jarak 70 meter. Semakin menjauh, maka yang terjadi adalah disconnection. Coba deh, liat videonya berikut:

Yang Menjadi Perhatian Adalah..

Antara TX dan RX harus berada dalam satu jarak pandang. Artinya, tidak ada penghalang tembok atau sesuatu lainnya yang menghalangi sinyal Wi-Fi dari wireless antara TX dan RX.

Bahkan, pihak dari Aputure sendiri telah menyarankan sebaiknya antara TX dan RX antenanya harus tetap berhadapan dan tidak melenceng lebih dari 15 derajat. Hal ini untuk tetap menjaga koneksi wireless anatara keduanya dan menghindari delay.

Aputure Array Tranceiver Murah

Satu lagi, saat kamera telah terhubung langsung melalui wireless ke perangkat display (monitor), maka seketika itu juga liveview pada kamera secara otomatis akan mati. Saat itu terjadi, Anda hanya bisa menggunakan jendela bidik (viewfinder) pada kamera.

Namun begitu, sebenarnya kehadiran Aputure Array Trans ini sebenarnya  begitu dibutuhkan dalam dunia broadcasting. Ya, untuk memudahkan kinerja mereka tanpa harus ribet pasang dan gulung kabel bermeter-meter panjangnya.

Bahkan jika dari segi harga, Aputure Array ini juga dibanderol dengan harga cukup murah, yakni  8,2 jutaan. Jauh dengan kompetitornya dipasaran seperti Connex Mini atau HD yang harganya bisa jauh 3 kali lipat lebih mahal dari Array Trans.

Mau Aputure Array Video Transceiver Murah? Stock Terbatas!

Aputure Array Video Transceiver merupakan sebuah transmisi wireless yang mampu mentransmisikan video dari kamera ke perangkat display. Jadi, seorang broadcaster tak perlu lagi pasang – gulung kabel untuk mengkoneksikan antara kamera ke monitor. Sangat ringkas ‘kan?

Segera Dapatkan Array Video Transceiver Murah dan Bergaransi, KLIK DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *