Shopping Cart

5 Tips Bikin Foto Kece di Sosmed

Suka upload foto di Instagram? Atau suka follow akun yang feed-nya bikin ngiler dengan hasil foto yang memukau? Mungkin diantara kalian juga ada yang kepengen bisa seperti itu.

Membuat foto yang standout di belantara jagat maya hingga meraih ribuan follower loyal memang tidak mudah tapi itu bisa kalian lakukan juga kok. Yuk, simak 5 tips bikin konten foto ciamik untuk diposting di medsos kamu!

 

Framing and Composition

Namanya memotret, mau untuk dipamerkan di medsos atau disimpan pribadi, minimal tahu dasarnya. Basic memotret adalah rumus “dibagi 3”. Tidak seperti jaman kamera analog, di jaman sekarang aturan itu sudah dipermudah dengan adanya 3 garis imajiner yang otomatis muncul pada settingan kamera digital.

Lalu bagaimana rumusan itu bekerja?

Baca juga :   Step by Step Cara Memilih Kamera Digital

Nah, anda tidak perlu meletakkan obyek foto di bagian tengah frame melulu. Obyek bisa diletakkan di tepi kanan atau kiri dari frame pembagian tiga tersebut. Teknik ini membuat orang memperhatikan foto anda lebih lama dibanding memakai kompisisi simetris.

Namun itu tidak mutlak, namanya aja juga bukan ilmu pasti yak an sob. Karena dengan lahirnya mode “foto kotak persegi: di Instagram justru meletakkan obyek tepat di tengah mampu memberikan efek menarik perhatian.

Jadi apakah aturan “Rule of Third” ini tidak berguna untuk foto Instagram?

Jawabannya: Tetap berguna

Seperti contoh foto di atas, meski persegi namun tetap dibagi tiga bagian. Justru rumus “dibagi 3” itu jadi menarik di era foto kekinian yaitu membaginya jadi bagian dasar, tengah dan background dalam sebuah kotak persegi. Kompisisi yang dinamis ini bakal ampuh menarik perhatian sekaligus memberikan kesan anda bukan amatiran. Niscaya akun anda dianggap worth it untuk di-follow.

Baca juga :   IGTV: Komposisi Video untuk Format Vertical (Part 2)

Apalagi sekarang Instagram sudah support foto potrait dan lansdcape juga selama rasionya adalah 4:5, rumusan “Rule of Third” yang basic ini bakalan lebih fleksibel lagi penggunaannya.

 

Resolusi

Salah satu yang dianggap kesalahan terbesar di medsos adalah soal kualitas ukuran foto. File yang diunggah akhirnya jadi terlalu kecil untuk dilihat di berbagai jenis ukuran layar. Meski kini sebanyak 51 persen media yang diakses adalah perangkat mobile, tapi masih ada 42 persen orang yang mengakses media melalui desktop komputer/laptop lho.

3 comments

  1. Artikel yang menarik. Aplikasi android apa saja yang bisa edit foto dengan mudah, gratis dan hasilnya bagus? mohon referensinya. Terima kasih

  2. Lulu Nailil Huda

    terimakasih artikelnya sangat menarik dan kita juga punya referensi artikel mengenai fotografi, silahkan dikunjungi dan dibaca di http://www.fotografi.blog.gunadarma.ac.id

  3. Patriot Widodo

    Sementara ini Snapseed dan VSCO sih kak… Snapseed untuk selective editing, sementara VSCO untuk filter dan general editing… untuk pengguna IOS bisa menggunakan Lens Distortion untuk aplikasi penambah cahaya atau efek pantulan kaca…

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00