Shopping Cart

5 Jenis Mikrofon untuk Merekam Video

Membuat video tidak hanya soal gambar HD namun juga harus memiliki audio yang jernih kan? Kualitas rekaman audio juga ditentukan oleh mikrofon yang dipakai lho! Sama seperti kamera yang banyak sekali pilihannya di pasaran, mikrofon pun demikian.

Kamera yang memiliki kemampuan merekam video biasanya sudah dilengkapi mikrofon built in di dalamnya. Namun jangan harapkan kualitasnya. Jika tak ingin ada noise yang terekam, sebaiknya anda membeli mikrofon eksternal yang lebih jernih dan akurat dalam menangkap audio.

Yuk, kita kulik sebenarnya ada mikrofon apa saja sih yang oke untuk merekam video?

Mikrofon camcorder ternyata ada tiga jenis: shotgun, lapel (atau lavaliere) dan mic tangan.

Diantara ketiga jenis itu makanakah mikrofon yang sesuai kebutuhan?

Baca juga :   Anda Harus tahu 8 Hal Saat Anda Telah Beli Kamera dSLR / Mirrorless

 

Shotgun

Mikrofon jenis Shotgun memiliki kekhususan karena menerima sinyal suara hanya dari satu arah saja. Dengan bentuknya yang silinder, Shotgun jadinya malah mampu menangkap dengan sangat baik kualitas suara yang diterima dari arah depan. Tidak heran kan kalau jenis ini dinamakan “Shotgun”.

Dengan kemampuannya yang ciamik itu membuat shotgun jadi andalan filmmaker untuk membuat film. Namun YouTuber juga suka mjenggunakan jenis ini jika mengandalkan kamera DSLR sebagai senjata utama nge-vlog.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua mikrofon yang berbentuk silinder seperti ini termasuk kategori shotgun, perlu juga diperhatikan polar pattern-nya. Bisa jadi malah bisa merekam sumber suara dari segala arah.

 

Lavaliere

 

Mic jenis Lavaliere alias Lavs ini lebih sering digunakan oleh pembawa acara sebuah televisi karena memang bagus untuk merekam wawancara.

Baca juga :   RODE Wireless GO, Mic Wireless Versi Hemat dari RODE..

Lavs juga sangat cocok untuk melakukan vlog di luar ruangan oleh para YouTuber, misalnya untuk jenis travel-log. Hal ini karena lav-mic ini jelas yang paling dekat dengan mulut kita dan hanya merekam suara yang benar-benar keras (suara kita), jadi cocok banget untuk mengurangi suara-suara lain.

Untuk tipe Lavs ada yang memakai kabel maupun yang sudah wireless.

Ukurannya yang sangat kecil juga menambah nilai plus karena tidak mencolok sehingga penampilan anda tidak akan terlihat aneh. Cukup jepitkan di baju dan berbicaralah sambil bergerak seperti biasa dan hasilnya sangat jernih. Pastikan mikrofon tersebut tidak jauh-jauh dari mulut.

5 comments

  1. Kenapa saya pakai microphone jenis Lavaliere tapi suaranya jadi Mono nya ( yang kanan mati, yang hidup suara kiri aja, kalau kita pakai headset/earphone) ?

  2. Patriot Widodo

    berarti kemungkinan micnya mono memang kak. Kebanyakan lav memang mono, tapi ada yang stereo. Kalau mau keluar di kiri dan kanan, bisa diedit di Premiere atau Audition dengan mirrorring sumber suaranya kak

  3. Kalau saya sendiri lebih memilih jenis mikrofon condensro, kecil, simpel dan juga sensitif. Hanya saja memang dari karakter suara “cempreng” tipis,

  4. pengin beli mic tapi masih bingung info harga…

  5. Patriot Widodo

    Untuk list harga langsung kepoin di halaman kategori audio kak di web ini, update semua kok

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00