5 Cara Motret Multiple Exposure

// Bagaimana sebenarnya membuat foto dengan multiple exposure ini?

theuppermost 1( credit : The Uppermost Photography )

Teknik double exposure adalah teknik menggabungkan secara overlay melalui kamera atau bantuan software post-processing.

Kali ini kita enggak membahas softwarenya, tapi yuk kita bahas 5 cara bagaimana menggunakan fitur kameranya.

mulitple exposure

Well.. Enggak semua kamera DSLR, mirrorless atau m4/3 bisa digunakan untuk memotret double exposure. Beberapa kamera yang pernah kita coba untuk membuat ini adalah Olympus Pen Epl-3, Canon EOS 5D Mark III, 6D dan 70D, beberapa Nikon yang terbaru, Fujifilm X-Pro1 dan kamera lainnya yang ada fitur multiple exposure. Dan kamera itu biasanya harus support RAW.

Pertama

Syarat mutlak adalah jenis kamera. Ternyata tidak semua kamera digital mempunyai fasilitas atau feature multiple exposure. Kalaupun tidak memiliki namun ingin mencobanya, berarti memerlukan olah digital lewat Photoshop. Yakni dengan menggabungkan beberapa layer/lapis yang ditumpuk menjadi satu frame, pada artikel ini saya hanya akan bahas mengenai tekniknya pada kamera saja.

Multiple_exposures_in_camera_long_exposure_effects_NIK23.zone_1.multiexposure_05
Sebagai catatan, tulisan ini mengupas multiple exposure yang dibuat di internal kamera, bukan di komputer. nah untuk pengen lihat beberapa macam-macam tipe kamera klik gambar dibawah ini yak

Digital-Camera

Kedua

280-11

Teorinya, coba kalian lihat foto diatas, teknik ini menggunakan minimal 2 foto untuk di overlay.

280-12Pastikan kondisi cahaya menjamin suksesnya multiple exposure. Background foto harus lebih gelap dari subjek. Hal ini untuk menjaga speed dan diafragma terjaga saat merekam beberapa adegan. Cahaya yang jatuh di subjek juga perlu konstan, tidak berubah-ubah. Kebutuhan ini untuk menjaga auto fokus tidak lari dan lightmeter terjaga.

280-13

Kalian foto satu per satu, dan kemudian fitur di kamera akan secara otomatis menggabungkannya. Mengatur komposisi akan lebih mudah jika kalian menggunakan Live View, karena kalian bisa lihat mana yang terlalu terang, cari flare atau terlalu gelap. Beberapa kamera juga bisa menggabungkan foto tanpa harus kita foto 2 obyek dalam waktu yang sama.

280-11

Kalo ada foto bagus, tapi belum dapet texture menarik untuk di overlay, simpen dulu di memori, jangan di delete.

warmth

Ketiga

Tentukan berapa frame yang akan ditumpuk dalam satu frame. Biasanya kamera menyediakan fasilitas 2 hingga 10 frame. Banyak sedikitnya adegan yang terekam tergantung kreatifitas fotografer.

double_exposure_photos_cover

Sejajarkan komposisi foto siluet pertama dengan texture yang akan kalian foto. Texture, foto ke-2, akan muncul di warna gelap pada foto siluet. Jadi background terang dibelakang obyek siluet akan menjadi hilang. Intinya, warna putih pada foto siluet pertama akan menghilangkan texture. Warna gelap/hitam lah yang menjadi fill place texture kalian.

Keempat

Ruffled - photo by http://www.kelseaholder.com/ - http://ruffledblog.com/cambria-pines-lodge-wedding/

Karena tujuan multiple exposure membuat suatu adegan lebih hidup dan dramatis, tetap perhatikan bahasa tubuh dan ekpresi subjek yang hendak dijepret. Jangan sampai keduanya tertutup oleh banyaknya layer yang ditumpuk.

Kelima

Foto double exposure merupakan cara asyik untuk meningkatkan kreatifitas kita dengan memungkinkan kita untuk membuat foto yang menonjolkan bentuk dinamis atau geometri yang kompleks. Memiliki peralatan yang sesuai akan membantu memudahkan kita mengaplikasikan teknik ini, tapi jika tidak punya pun hasil yang serupa tetap bisa dicapai dengan cara atau alternatif lain.

Cheesenclick-Double-exposure

Jadi yang terpenting adalah memiliki gambaran kreatif di kepala kita dan kemudian mengomunikasikannya melalui karya foto dengan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Latih kemampuan multiple secara terus menerus dan berulang-ulang. Latihan ini diperlukan karena multiple memerlukan teknik dan cita rasa yang cukup tinggi.

lukegram-landscape

mulitple exposure 2Sebagai catatan, multiple ini cukup menguras shutter count di kamera kamu loh, dengan demikian hasil yang luar biasa akan membuat bersemangat, bukan? Nah, Selamat berkarya guys :)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *