5 Cara Motret Multiple Exposure

// Bagaimana sebenarnya membuat foto dengan multiple exposure ini?

theuppermost 1( credit : The Uppermost Photography )

Teknik double exposure adalah teknik menggabungkan secara overlay melalui kamera atau bantuan software post-processing.

Kali ini kita enggak membahas softwarenya, tapi yuk kita bahas 5 cara bagaimana menggunakan fitur kameranya.

mulitple exposure

Well.. Enggak semua kamera DSLR, mirrorless atau m4/3 bisa digunakan untuk memotret double exposure. Beberapa kamera yang pernah kita coba untuk membuat ini adalah Olympus Pen Epl-3, Canon EOS 5D Mark III, 6D dan 70D, beberapa Nikon yang terbaru, Fujifilm X-Pro1 dan kamera lainnya yang ada fitur multiple exposure. Dan kamera itu biasanya harus support RAW.

Pertama

Syarat mutlak adalah jenis kamera. Ternyata tidak semua kamera digital mempunyai fasilitas atau feature multiple exposure. Kalaupun tidak memiliki namun ingin mencobanya, berarti memerlukan olah digital lewat Photoshop. Yakni dengan menggabungkan beberapa layer/lapis yang ditumpuk menjadi satu frame, pada artikel ini saya hanya akan bahas mengenai tekniknya pada kamera saja.

Baca juga :   Mau Beli Mikrofon? Kenali Beberapa Istilah Ini Dulu

Multiple_exposures_in_camera_long_exposure_effects_NIK23.zone_1.multiexposure_05
Sebagai catatan, tulisan ini mengupas multiple exposure yang dibuat di internal kamera, bukan di komputer. nah untuk pengen lihat beberapa macam-macam tipe kamera klik gambar dibawah ini yak

Digital-Camera

Kedua

280-11

Teorinya, coba kalian lihat foto diatas, teknik ini menggunakan minimal 2 foto untuk di overlay.

280-12Pastikan kondisi cahaya menjamin suksesnya multiple exposure. Background foto harus lebih gelap dari subjek. Hal ini untuk menjaga speed dan diafragma terjaga saat merekam beberapa adegan. Cahaya yang jatuh di subjek juga perlu konstan, tidak berubah-ubah. Kebutuhan ini untuk menjaga auto fokus tidak lari dan lightmeter terjaga.

280-13

Kalian foto satu per satu, dan kemudian fitur di kamera akan secara otomatis menggabungkannya. Mengatur komposisi akan lebih mudah jika kalian menggunakan Live View, karena kalian bisa lihat mana yang terlalu terang, cari flare atau terlalu gelap. Beberapa kamera juga bisa menggabungkan foto tanpa harus kita foto 2 obyek dalam waktu yang sama.

Baca juga :   7 Langkah Photographer menjadi Videographer

Leave a Reply