Daftar Kode Error Kamera Canon dan Solusinya

Pasti uring-uringan gitu ya, kalau semisal kita lagi asyik-asyiknya foto-foto, terus muncul error di LCD kamera, terus kita bingung nggak tahu errornya kenapa, nggak tahu cara benerinnya, dan kemudian jadi keinget harga dulu waktu beli, terus sepanjang perjalanan jadi stress kepikiran kamera. Pernah?

Hmm salah satu yang sering ditanyakan ke tim Instagram PlazaKamera adalah soal error pada kamera Canon. Mungkin karena penggunanya cukup banyak ya, jadi lebih sering ditanyakan.

Error pada kamera (dan juga pada Canon tentunya) biasanya ditandai dengan sebuah kode (seringkali berupa angka) untuk memberi tahu kepada pengguna letak problem kamera mereka. Namun sayangnya kode error ini sering dilewatkan, tidak diikuti dengan usaha browsing sedikit dan mencari solusinya (maklum karena kita pasti takut kameranya malah jadi lebih rusak lagi, ya kan?). Karena itulah pada blog kali ini, PlazaKamera.com akan memberikan list kode error yang paling umum pada kamera Canon, dan solusi singkat untuk masing-masing kode error tersebut.

Daftar Kode-Error Kamera Canon

Err 01

Problem: Komunikasi antara kamera dengan lensa ada masalah.

Solusi: Secara pelan-pelan, coba bersihkan konektor elektrik pada body kamera (area pada kotak merah) dan juga pada lensa menggunakan kain yang bersih dan kering.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika membersihkan konektor ini:

  • Jangan membersihkan menggunakan kain yang basah
  • Jangan menyentuh konektor secara langsung dengan tangan. Kalau tidak, bisa saja sentuhan dengan kulit yang sederhana itu malah menyebabkan korosi, dan malah bikin kameranya jadi nggak bisa dipakai.
  • Ketika membersihkan konektor yang ada di lensa, jangan sampai merusak bagian kaca lensa ya.

Err 02

Problem: Kamera tidak bisa mengakses memory card.

Solusi: Lepas dan pasang kembali memory card, kemudian format memory card tersebut melalui menu di kamera. Jika hal itu masih tidak menyelesaikan error kali ini, maka coba ganti menggunakan memory card lain. Kalau ternyata bisa, berarti ada kemungkinan konektor pada memory yang ada masalah, tapi kalau masih saja tidak bisa, bisa jadi karena konektor yang di kamera yang trouble.

Coba bersihkan konektor yang trouble tersebut menggunakan kain kering dan coba perhatikan apakah ada yang miring atau tidak.

Err 03

Problem: Ada terlalu banyak folder di dalam memory card. Nah, kebanyakan folder ternyata juga bisa bikin error kalau pas dipasang di kamera.

Solusi: Cara terbaik ya segera copy semua file yang dibutuhkan dari memory card ke komputer atau penyimpanan data lain, kemudian format memory yang akan digunakan di kamera.

Err 04

Problem: Foto/Video tidak bisa disimpan karena memory card penuh.

Solusi: Coba hapus foto-foto/video yang tidak begitu penting, atau format saja memory card-nya kalau memang dirasa semua file yang ada tidak lagi digunakan. Kalau ternyata format tadi belum menyelesaikan masalah, dan pesan Err 04 masih muncul, maka coba ganti menggunakan memory card yang lain.

Err 05

Problem: Flash built-in bawaan kamera tidak bisa naik/keluar.

Solusi: Coba cek pegas pada flash built-in, tombolnya, dan area sekitar sana apakah ada yang tersangkut, kalau sudah, coba matikan kamera dan nyalakan lagi, coba mengeluarkan flash sekali lagi.

Err 06

Problem: Proses sensor cleaning tidak dimungkinkan.

Solusi: Coba matikan kamera, kemudian nyalakan sekali lagi.

Err 10

Problem: Terdeteksi adanya file yang malfungsi atau tidak bisa dibuka pada memory card.

Solusi: Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, kemudian nyalakan lagi, dan coba apakah problem tersebut masih muncul.

Err 20

Problem: Terdapat malfungsi pada mekanisme mekanik kamera.

Solusi: Sama dengan Err 10 di atas, coba matikan kamera, copot dan pasang baterai, kemudian nyalakan sekali lagi.

Err 30

Problem: Shutter tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Solusi: Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, kemudian nyalakan lagi, dan coba apakah problem tersebut masih ada.

Err 40

Problem: Ada malfungsi pada sumber power kamera.

Solusi: Masih sama, copot dan pasang kembali baterai kamera. Kemudian nyalakan lagi kameranya.

Err 50

Problem: Ada malfungsi pada part yang terkait dengan kontrol elektrik kamera.

Solusi: Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, kemudian nyalakan lagi, dan coba apakah problem tersebut masih muncul.

Err 60

Problem: Error terjadi yang membuat kamera tidak bisa shutter, kemungkinan besar pergerakan lensa terganjal sesuatu.

Solusi: Periksa apakah lensa memang benar terganjal suatu objek, kemudian matikan dan nyalakan lagi kameranya.

Err 70

Problem: Terjadi malfungsi pada file foto-foto.

Solusi: Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, kemudian nyalakan lagi, dan coba apakah problem tersebut masih muncul.

Err 80

Problem: Malfungsi terdeteksi pada dua area, yaitu kontrol elektrik dan pada file foto.

Solusi: Matikan kamera, copot dan pasang kembali baterai kamera, kemudian nyalakan lagi, dan coba apakah problem tersebut masih muncul.

Err 99

Problem: Kode error ini muncul karena beberapa alasan (alias sumber errornya bisa beragam).

Solusi: Matikan kamera, kemudian bersihkan konektor elektrik antara body kamera dengan lensa seperti yang kita bahas di awal tadi, kemudian masukkan baterai dan nyalakan kamera sekali lagi.

bu59/bu54/buSY/busy

Problem: Jika error message ini muncul di kamera, kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Flash sedang recycle. Kalau kita nge-shoot 20 foto menggunakan flash dalam waktu yang singkat, flash akan berhenti beroperasi untuk sementara waktu. Hal ini untuk melindungki flash dari overheat.
  • Continuous Shooting mode sedang aktif, namun buffer pada kamera dan memory sedang penuh sehingga tidak bisa melanjutkan continuous shooting.
  • Kamera EOS sedang terhubung dengan PC, Mac, atau printer.

Solusi:

  1. Coba tekan setengah shutter, dan muncul pesan di LCD berupa “Wait until the display turn off”. Ini artinya kamera sedang berusaha memberi kesempatan pada flash untuk recycle atau sedang membersihkan buffer. Tunggu beberapa saat maka kamera akan bisa digunakan lagi.
  2. Kalau kamera terhubung ke PC, Mac, atau printer, coba disconnect dulu kemudian gunakan lagi.

catatan: jangan pernah mematikan kamera ketika pesa “busy” muncul. Ini bisa menyebabkan trouble baik pada memory maupun pada kamera.

Battery Level is too low, cannot clean sensor.

Problem: Ini agak bahaya. Jadi karena baterai mau habis, menyebabkan shutter menutup waktu sedang ada proses sensor cleaning. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sensor kamera.

Solusi: Selalu gunakan baterai yang penuh ketika mencoba sensor cleaning.

Cannot playback images.

Problem: Error message ini muncul ketika kamera berusaha open/playback file di kamera namun gagal. Penyebabnya antara lain:

  • Kita mencoba membuka file yang dipotret menggunakan kamera non EOS.
  • Foto sebelumnya sempat ditransfer ke laptop kemudian di-rotate atau diedit, kemudian dimasukkan kembali ke memory.
  • Ada kerusakan di memory card.

Solusi:

  1. Import file foto ke komputer dan coba cek apakah bisa dibuka
  2. Kalau punya memory card lebih, coba format memory lain dan gunakan di kamera, ambil beberapa gambar, apakah masalah yang sama masih terjadi.

Kalau ternyata file foto bisa diplayback secara normal, kemungkinan besar memory card-nya yang error. Kalau seperti ini, coba format memory card yang tadi digunakan, kemudian cek sekali lagi. Kalau tidak bisa berarti memang harus merelakan file yang ada di memory card.

CLean/CLn/CCd

Problem: Sensor sebenarnya sama seperti film kalau di kamera film. Kalau saja ada debu di sensor, bisa-bisa akan kelihatan bintik hitam di dalam fotonya. Ketika ini terjadi, cermin akan terkunci dan shutter akan tetap terbuka, kemudian tulisan “CLEAn” atau “CLn” akan berkedip-kedip di LCD.

Solusi: Matikan kamera kemudian nyalakan lagi untuk mengaktifkan kembali proses sensor cleaningnya secara otomatis.

Langkah lainnya adalah dengan secara manual melanjutkan kembali proses sensor cleaning dengan cara: Pilih menu sensor cleaning di tab Set-up pada setting, kemudian pilih ‘Clean Now’. Kemudian proses cleaning akan dimulai, mungkin kamera akan mencoba shutter di proses ini tapi tidak ada foto yang diambil.

ErrCF/CardErr/Folder number full

Problem: Kalau saking banyaknya folder sampai-sampai nomer pada folder mencapai 999, dan file yang dicreate dari foto/video sampai 9999, maka error message ini akan keluar bahkan ketika di memory card sebenernya masih ada space.

Solusi:

  1. Lepas dan pasang lagi memory card
  2. Coba gunakan memory card lain
  3. Jika memungkinkan, transfer semua foto dari memory card ke PC dulu, kemudian format memory card-nya

L – Error Message

Problem: Kalau switch [LOCK] masih terkunci dan kita mencoba mengakses kontrol kamera yang terkunci juga, maka error message ini akan muncul.

Solusi: coba buka dulu [LOCK] nya sebelum mengakses kontrol-kontrol kamera yang sebelumnya terkunci.

Share
Published by
Patriot Widodo

Recent Posts

5 Spot Prewedding Atap Gedung di Surabaya

5 Spot Prewedding Atap Gedung di Surabaya Seringkali foto pre-wedding digelar di studio. Pasangan pengantin hanya perlu datang ke tempat…

1 week ago

5 Mitos Umum dalam Digital Fotografi

Mitos dan kesalahpahaman bisa bertahan karena ketidaktahuan kita mengenai kerumitan Complex Physics dalam dunia digital. dan bagi kita ( para…

2 weeks ago

Review DJI Mavic Mini, Drone Termurah, Terkecil, Teringan dari DJI

Munculnya DJI Mavic Mini ini mungkin tidak lepas dengan semakin ketatnya regulasi soal drone, terutama di kancah internasional. Beberapa insiden…

3 weeks ago

4 Elemen Penting untuk Astrofotografi

// Mengenal Astrofotografi Selalu saja ada banyak obyek hal menarik pada malam hari dan meninggalkan banyak pertanyaan di luar sana…

3 weeks ago

4 Kamera Untuk Pemula Di Tahun 2019

Pentingnya kamera untuk pemula Bicara soal kamera untuk pemula, sebenarnya ini layak diperdebatkan (atau paling tidak dibahas) lebih dulu ya,…

4 months ago

RODE Wireless GO, Mic Wireless Versi Hemat dari RODE..

Bulan ini, RODE merilis sistem audio recording terbaru mereka, Wireless GO. Desainnya yang compact, kecil, singset ini menawarkan antarmuka tanpa…

8 months ago