Shopping Cart
Yuk-Mengenal-3-Elemen-Penting-Fotografi-Cover

Yuk Mengenal 3 Elemen Penting Fotografi

Untuk mendapatkan hasil foto yang apik, tidak terlepas dari alat yang digunakan serta ilmu fotografi atau kemampuan untuk memotret. Ilmu fotografi memang perlu dimiliki agar menghasilkan jepretan yang bagus serta komposisi yang pas agar terlihat seperti profesional. Selain pentingnya memiliki kemampuan menghasilkan jepretan yang sesuai, terdapat beberapa istilah dan teknik yang perlu anda ketahui dan juga dikuasai agar hasil foto yang dihasilkan menjadi lebih sempurna. Salah satunya fitur yang terdapat di setiap kamera.

Terdapat tiga pengaturan atau elemen penting yang perlu diketahui agar memaksimalkan hasil jepretan yaitu, aperture, shutter speed, dan ISO. Berikut penjelasan 3 elemen penting fotoografi:

  • Aperture
  • Shutter Speed
  • ISO
  1. Elemen penting pertama yaitu aperture, aperture atau biasa dikenal dengan bukaan diafragma. Setting kamera yang mengontrol atau mengandalkan jumlah cahaya yang ditangkap oleh lensa. Aperture mengatur besaran keburaman pada objek atau latar belakang sebuah objek. Dengan dua fungsi tersebut, dapat mengatur jumlah cahaya yang masuk dan menentukan tingkat kedalaman atau keburaman latar belakang seuah foto. Istilah yang menunjukkan seberapa besar aperture yang digunakan adalah f-number seperti f/1.8 f/5.6 dan lainnya. Semakin kecil f-number bukaan bilah aperture (aperture blade) yang dibentuk akan semakin besar dan sebaliknya.
Baca juga :   Perbandingan Wireless HDMI Hollyland Mars 300 Pro dan 400

Namun f-number yang besar atau aperture kecil jumlah cahaya yang akan diterima akan kecil. Jika ingin memotret objek dalam ruangan yang cenderung redup, akan lebih baik menggunakan f-number yang kecil karena bukaan aperturenya akan besar. Selain pencahayaan aperture digunakan untuk menciptakan depth-of-field atau fokus pada sebuah foto.

f-number kecil atau aperture besar, depth-pf-fieldnya akan kecil atau dangkal. Hal tersebu menyebabkan fokus yang ditetapkan pada objek latar depan sehingga latar belakang menjadi buram dan juga sebaliknya.

 

  1. Shutter Speed, fitur ini mengatur waktu yang dibutuhkan untuk shutter kamera yang mempengaruhi cahaya yang tertangkap pada sensor kamera. Shutter speed biasa digunakan untuk menangkap gambar yang bergerak serta hasil fotonya akan terlihat tajam walaupun terkesan blur. Istilah yang digunakan untuk menulis keterangan shutter speed dalam hitungan detik seperti: 1 s, 1/4s, 1/5s dan lainnya.
Baca juga :   Bagaimana 4K Membantu Kita Sebagai Videografer?
Sumber gambar:belajat inet marketing.wordpress.com
Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00