YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dan Hasil Gambar

Pernah gak sih berpikiran ada aksesoris kamera dengan kualitas mumpuni, tapi dengan harga cukup murah?

Pasti wajar kalau semua orang yang hobi fotografi akan berburu segala aksesoris kamera dengan harga yang miring. Masalahnya, sering kali harga yang murah identik dengan kualitas yang kurang memuaskan. Terlebih, sejauh ini yang kita tahu harga lensa terkenal cukup mahal. Sungguh ini merupakan dilema terbesar, mengingat lensa adalah salah satu kebutuhan bagi seorang fotografer untuk menentukan kualitas jepretannya.

YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dengan Hasil Gambar Memuaskan

YongNuo Hadirkan Lensa dengan Harga Terjangkau

Good news guys!

Akhirnya, ada solusi untuk keluar dari permasalahan ini. Ya, YongNuo yang selama ini terkenal hanya menyediakan berbagai aksesoris seperti flash kamera dengan harga murah, pada tahun 2015 kemarin telah merambah ke lensa kamera. Pastinya, ini merupakan angin segar bagi kamu yang ingin mendapatkan lensa dengan harga terjangkau dengan harga di bawah satu jutaan.

Untuk aksesoris seperti lensa, Yongnuo menghadirkan varian lensa fix untuk kamera DSLR Canon dan (juga akan ada) Nikon. Adapun beberapa lensa yang disediakan mirip dengan bawaan Canon seri 50mm f/1/1.4, 50mm f/1.8 dan 35mm f/2. Untuk Nikon kemungkinan besar juga akan mengikuti seri focal length yang sama.

Hasil dari beberapa foto sampel menggunakan Lensa YongNuo memiliki kemiripan dengan hasil bidikan lensa 50mm Canon/Nikon. Bahkan, kemiripan juga dalam hal ukuran fisik, fungsi tombol, dan spesifikasi optiknya.

YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dengan Hasil Gambar Memuaskan

Lensa YongNuo EF 50 f/1.8 VS Canon EF 50 f/1.8

Hasil review Lensa YongNuo ini secara lebih lengkap pernah dipublikasikan melalui Shootingonbudget.com. Adalah Jay Leavitt, seseorang yang melakukan perbandingan mengungkapkan bahwasanya antara Lensa YongNuo EF 50 f/1.8 dan Canon EF 50 f/1.8 memang tampak mirip jika dilihat dari luar. Namun, sebenarnya berbeda secara signifikan, bahkan pada susunan elemen optiknya.

Sebelumnya, tes perbandingan dilakukan menggunakan tripod agar stabil dan dilakukan pengaturan (setting) yang sama pada satu kamera. Adapun perbandingan hasil komparasi tersebut memperhatikan beberapa aspek, misalnya seperti:

1. Ketajaman: Menggunakan Aperture 1.8 / 2.8 / 5.6

Canon VS YongNuo 1

Canon – Titik Fokus Tengah

YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dengan Hasil Gambar Memuaskan

YongNuo – Titik Fokus Tengah

===> Setelah dibandingkan, hasil lensa YongNuo lebih baik dibandingkan dengan Canon jika dilihat dari pengambilan di titik fokus tengah.

YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dengan Hasil Gambar Memuaskan

Canon – Titik Fokus Sudut Kiri Atas

Canon VS YongNuo 4

YongNuo – Titik Fokus Sudut Kiri Atas

===> Setelah dibandingkan pada pengambilan titik fokus sudut kiri atas, lensa YongNuo mempunyai hasil lebih baik. Namun, sedikit lebih terang dibandingkan dengan Canon.

Canon VS YongNuo 5

Canon – Titik Fokus Sudut Kanan

Canon VS YongNuo 6

YongNuo – Titik Fokus Sudut Kanan

===> Setelah dibandingkan, pada pengambilan di titik fokus sudut kanan lensa YongNuo mempunyai hasil yang hampir sama dengan Canon, namun sedikit lebih terang pada hasil lensa YongNuo.

2. Flare

Perbedaan tes untuk efek flare pada lensa YongNuo dan Canon EF 50 f/1.8 juga telah didapatkan. Flare sendiri merupakan efek dimana terdapat cahaya yang masuk dan menyebar di dalam lensa melalui mekanisme yang tidak diharapkan, misalnya pantulan internal dalam lensa atau material (bilah) lensa yang kurang homogen. Dan berikut adalah hasil yang dimaksud:

Canon VS YongNuo 7

Uji pada bukaan aperture f/1.8

Canon VS YongNuo 8

Uji pada bukaan aperture f/5.6

Setelah didapatkan gambar dengan efek flare menggunakan lensa YongNuo dan Canon dengan aperture f/ 1.8 dan f/5.6, ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Efek flare YongNuo lebih lebar dan terkumpul disamping. Sehingga, menjadikan flare-nya lebih terkontrol.

3. Bokeh

Berdasarkan beberapa masukkan dari pengguna Canon 50mm f/1.8, ketika menggunakan efek bokeh, maka kelemahannya adalah bentuk bokeh-nya berbentuk persegi lima atau pentagon. Semakin kecil bentuk bokehnya, maka semakin mengganggu. Lalu, bagaimana dengan hasil bokeh pada kamera YongNuo? Berikut adalah hasil perbandingannya!

Sebelumnya, untuk mendapatkan efek bokeh ini maka perlu menggunakan kain yang dilubangi dan dihadapkan cahaya seperti pada gambar berikut.

Canon VS YongNuo 9

Canon VS YongNuo 10

Canon – Aparture 1.8 – 2.8 – 5.6

Canon VS YongNuo 11

YongNuo – Aparture 1.8 – 2.8 – 5.6

Bagaimana, sudah melihat sendiri hasilnya bukan?

Melalui perbandingan hasil gambar bokeh pada YongNuo dan Canon menggunakan lensa EF 50 F/1.8, YongNuo lebih mendapatkan hasil yang makismal dan mendapatkan bokeh yang lebih besar. Terutama, pada hasil segi enam bokeh-nya yang tampak lebih indah.

Terbukti, Lensa YongNuo Mampu Bersaing

Dari studi yang dilakukan oleh Jay Levitt terkait dengan perbedaan gambar yang dilihat dari beberapa aspek seperti ketajaman, efek flare, dan efek bokeh menggunakan lensa YongNuo dan Canon EF 50 F/1.8, didapatkan bahwa YongNuo lebih unggul.

Lantas, apakah hasil ini menjelaskan bahwa Canon kalah saing dengan YongNuo dari segi kualitas?

Benar jika dilihat dari tiga aspek perbandingan di atas, tapi tidak untuk yang lainnya. Tapi tetap saja, lensa YongNuo masih punya kekurangan. Beberapa kekurangannya seperti tak adanya garansi resmi dari distributor dan beberapa pengguna mengeluhkan akurasi auto fokus yang terkadang sedikit lebih lamban dalam mengambil objek gambar.

Pastinya setelah tahu kelebihan dan kekurangan lensa YongNuo, maka kamu akan lebih bijak dalam menentukan pilihan. So, which one would you choose guys?

 

♦Available Lens on PlazaKamera.com

62 thoughts on “YongNuo 50mm f/1.8 : Pilihan Terbaik untuk Harga dan Hasil Gambar”

      1. halo kak irham, jangan khawatir deh, yongnuo lens 50mm ada keterangannya kok yang kompatibel ama nikon dan canon, kontak CS yak untuk info lebih lanjut

    1. belum kak, Yongnuo nya masih belum kasih barang sampai sekarang…. bisa pakai adapter Kernel (manual) yang eos to fuji

  1. Gan untuk lensa fix YN 50 mm ukuran diameter nya Brpa ? 52 ?
    Trs kalau mau di pasangi lens hood ukuran Brpa gan Mksh

  2. gan buat nikon 1 j 5 perlu adapter tambahan?kan katanya yongnuo mau ngeluarin yang for nikon. cuma apa khusus buat dlsr?

    1. yongnuo keluarin yang untuk nikon kak, tapi untuk yang dslr… Untuk Nikon 1 J5 masih perlu adapter

    1. Halo bro, rencana mau beli lensa yongnuo 85mm for Canon / Nikon? kalo beli yang Canon, bisa pakai adapter Eos to Fuji X. -bg

  3. Untuk nikon d3000 apakah support , sementara d3000 mount nya DX, sementara yongnou mount nya tipe F/FX? mohon di jawab thanks.

  4. Halo min, untuk Olympus Pen E-PL 7, sensor Micro 4/3, harua pakai adapter apa ya jika mau pakai lensa ini? Apa PlazaKamera menjualnya?

    1. EOS to Nikon 1 kak, kalau pakai yang auto bisa fungsi kak. Sayangnya, eos to nikon 1 kami nggak punya yang auto…

  5. Saya punya kamera sony a
    a3000,saya pingin pasang lensa youngno di sony a3000 saya….adapter nya pke yg seperti apa ya kak?terima kasih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *