Shopping Cart

Tips: Visual Push Up, menu latihan wajib untuk fotografer

Akhir-akhir ini kami dan Festival Foto Surabaya mengadakan Instagram Contest, DAN penemuan yang sangat menakjubkan dari ribuan foto yang diupload adalah: KOMPOSISI & SETTING YANG (seringkali) HAMPIR SAMA SEMUA.

Bagaimana dengan dunia profesional? Mari kita lakukan sebuah test,

Apakah Anda familiar dengan foto pre-wedd outdoor dengan pakaian jas & gaun kemudian diambil dari angle rendah menghadap ke atas?

Dan apakah Anda masih sering melihatnya akhir-akhir ini?

Jika iya, maka kita setuju bahwa ternyata masih banyak dari kita yang jarang melakukan “push-up” (dalam hal fotografi tentunya).

Kami tersadar bahwa masih ada begitu banyak jurus-jurus komposisi baru yang belum tereksplorasi. Kami juga tersadar bahwa self-project menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas fotografer dalam diri.

Baca juga :   Anda Harus tahu 8 Hal Saat Anda Telah Beli Kamera dSLR / Mirrorless

Dan tidak ada waktu yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas fotografer dalam diri kita selain SEKARANG.

JADI, BAGAIMANAKAH VISUAL PUSH UP INI?

Ada begitu banyak galeri foto dari fotografer-fotografer di dunia di internet, seperti: 500px, VSCO Grid, NatGeo.

Screen shot 2015-05-08 at 10.02.27 AM
Grid pada halaman VSCO bisa jadi inspirasi

 

Setiap hari, cukup buka galeri-galeri tersebut dan temukan satu atau dua foto yang menarik perhatian Anda. Lalu coba telaah kenapa Anda tertarik pada foto tersebut, bagaimana komposisinya, light/shadow-nya, susunan garis/layer-nya, permainan warnanya, horizon yang digunakan, Depth 0f Field-nya, pose yang digunakan, dll.

Kuncinya adalah jika Anda saja yang fotografer tertarik pada foto itu, apakah masyarakat/klien anda juga tertarik pada foto itu?

Baca juga :   Pilih DJI Osmo Pocket 2 atau Moza Moin Pocket ?

Kemudian (ini yang penting), pastikan Anda menjadwalkan untuk mengambil gambar yang memiliki komposisi seperti foto itu (setiap hari, layaknya push-up pagi). Rasakan bagaimana proses mendapatkan komposisi tersebut.

Salah satu kualitas fotografer adalah seberapa banyak pattern/pola yang dimiliki. Semakin sering Anda mencoba & merasakan mengambil foto baru, semakin banyak pola yang Anda miliki. Semakin banyak pola Anda, semakin cepat Anda menemukan komposisi yang tepat (di segala situasi).

BUATLAH SELF-PROJECT..

Kami cukup terkejut bahwa ternyata memotret sebuah keluarga/persahabatan memiliki seni tersendiri. Coba cek foto hasil karya Karthika Gupta berikut:

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00