Tips: Visual Push Up, menu latihan wajib untuk fotografer

Akhir-akhir ini kami dan Festival Foto Surabaya mengadakan Instagram Contest, DAN penemuan yang sangat menakjubkan dari ribuan foto yang diupload adalah: KOMPOSISI & SETTING YANG (seringkali) HAMPIR SAMA SEMUA.

Bagaimana dengan dunia profesional? Mari kita lakukan sebuah test,

Apakah Anda familiar dengan foto pre-wedd outdoor dengan pakaian jas & gaun kemudian diambil dari angle rendah menghadap ke atas?

Dan apakah Anda masih sering melihatnya akhir-akhir ini?

Jika iya, maka kita setuju bahwa ternyata masih banyak dari kita yang jarang melakukan “push-up” (dalam hal fotografi tentunya).

Kami tersadar bahwa masih ada begitu banyak jurus-jurus komposisi baru yang belum tereksplorasi. Kami juga tersadar bahwa self-project menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas fotografer dalam diri.

Dan tidak ada waktu yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas fotografer dalam diri kita selain SEKARANG.

JADI, BAGAIMANAKAH VISUAL PUSH UP INI?

Ada begitu banyak galeri foto dari fotografer-fotografer di dunia di internet, seperti: 500px, VSCO Grid, NatGeo.

Screen shot 2015-05-08 at 10.02.27 AM

Grid pada halaman VSCO bisa jadi inspirasi

 

Setiap hari, cukup buka galeri-galeri tersebut dan temukan satu atau dua foto yang menarik perhatian Anda. Lalu coba telaah kenapa Anda tertarik pada foto tersebut, bagaimana komposisinya, light/shadow-nya, susunan garis/layer-nya, permainan warnanya, horizon yang digunakan, Depth 0f Field-nya, pose yang digunakan, dll.

Kuncinya adalah jika Anda saja yang fotografer tertarik pada foto itu, apakah masyarakat/klien anda juga tertarik pada foto itu?

Kemudian (ini yang penting), pastikan Anda menjadwalkan untuk mengambil gambar yang memiliki komposisi seperti foto itu (setiap hari, layaknya push-up pagi). Rasakan bagaimana proses mendapatkan komposisi tersebut.

Salah satu kualitas fotografer adalah seberapa banyak pattern/pola yang dimiliki. Semakin sering Anda mencoba & merasakan mengambil foto baru, semakin banyak pola yang Anda miliki. Semakin banyak pola Anda, semakin cepat Anda menemukan komposisi yang tepat (di segala situasi).

BUATLAH SELF-PROJECT..

Kami cukup terkejut bahwa ternyata memotret sebuah keluarga/persahabatan memiliki seni tersendiri. Coba cek foto hasil karya Karthika Gupta berikut:

w704 (1) w704 (2)

Apakah Anda merasakannya? Koneksi dan emosi yang tersampaikan melalui foto-foto rersebut? Itu adalah self-project yang dilakukan oleh Karthika Gupta, “menangkap koneksi dalam potret keluarga”.┬áDan bahkan ia melakukannya di tengah bisnisnya.

Masih ada begitu banyak tema self-project yang bisa Anda mulai saat ini juga, misal: senyum. Fotolah ribuan senyum hingga Anda sangat paham beda bentuk bibir, pipi, wajah, dan dampaknya terhadap senyuman. Arsitektur, suasana tempat, warna, garis, kaca, tatanan rambut, masih banyak sekali yang bisa menjadikan Anda sebagai fotografer yang paling…

Tidak masalah fotografi bagi Anda adalah sebuah hobi atau pekerjaan. Satu tema project, satu foto satu hari, satu inspirasi satu hari, maka hasil kerja keras Anda akan tercermin di foto-foto karya Anda. Seperti yang dilakukan Karthika Gupta.

Mari mulai melakukan (visual) push up bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *