Tips: Using GoPro Like a Pro

Terlepas dari betapa trendy-nya GoPro saat ini, hanya sekitar 30% yang menggunakan potensi GoPro sebagaimana mestinya. 70%-nya?? Ya, jangankan potensi maksimal GoPro, 70% persen pengguna GoPro belum tentu menggunakan fasilitas underwater yang disediakan GoPro sejak awal. But it’s OK, mari kita bahas trik-trik sederhana nan kece yang bisa kita pakai saat menggunakan GoPro.

SUDUT PANDANG YANG UNIK

a_ROCK

Kalau lihat hasil-hasil GoPro, percaya nggak sih kalau kameranya cuman segenggaman tangan?

Kelebihan GoPro yang paling utama adalah tak terbatasnya kemungkinan kita untuk meletakkannya dimana saja. Seperti gambar di atas yang diambil oleh Mike Wilkinson, dia meletakkan GoPro-nya di tengah retakan/pecahan batu yang ada di atas tebing, dan berhasil mendapatkan sudut pandang yang keren dari pendaki ini. Kamera DSLR atau pocket tidak bisa melakukan hal ini.

TIMELAPSE

Anda pernah melihat hasil rekaman video timelapse? Bagus bukan? Sekarang bayangkan kekerenan video timelapse digabung dengan kekerenan kemampuan GoPro untuk di-mount di mana saja. POV yang unik akan membawa timelape “to the next level”. Bahkan ada beberapa dari kita sering menggunakan GoPro untuk membuat timelapse sewaktu kita bekerja (photo session, misalnya).

8_rggedu-gopro_0

Namun ingat, ketika asyik membuat timelapse jangan lupa dengan persediaan baterai yang ada. Jika Anda ingin membuat timelapse dengan pengambilan gambar setiap 5 detik, Anda harus ingat bahwa dalam semenit hanya akan mendapatkan 12 foto, dalam sepuluh menit hanya mendapatkan 120 foto, dan jika ingin membuat timelapse yang bagus sebaiknya menggunakan 24 fps (frame per second). Maka paling tidak Anda harus merekam selama 20 menit untuk mendapat 10 detik video timelapse yang bagus (Agak ribet ya?).

Sudah cukupkah Baterai GoPro Anda??

UNDERWATER

Sesuai dengan julukan yang disematkan pada GoPro, “Action Cam”, memang selayaknya GoPro digunakan untuk kegiatan dan trik-trik yang cukup ekstrem. Nggak ada alasan lain selain karena GoPro memang mampu untuk hal itu.

large_2013IRONMAN_DM2126BW

Jangan takut untuk membawa GoPro saat diving atau hanya sekedar menenggelamkannya hanya untuk mendapatkan gambar yang fantastis seperti yang dilakukan Donald Miralle dalam foto di atas.

GoPro memang mahal, tapi dia memang dibuat untuk action. Jika Anda tidak memanfaatkan ketahanan GoPro tersebut, maka GoPro Anda tidak ada bedanya dengan kamera lain.

BIRD-VIEW & CATERPILLAR-VIEW

Wide lens selalu menarik perhatian kita karena mampu menangkap sudut lebih lebar daripada mata normal. Apapun objek dan sudut panda yang digunakan, wide lens memiliki daya tarik sendiri. Namun, jika kita mencari tips sederhana mengenai sudut pandang untuk mendapatan gambar/video yang menarik dari GoPro, jawabannya adalah Bird-View dan Caterpillar-View.

large_2013IRONMAN_DM13467

large_2013IRONMAN_DM4220

Seringkali kita beranggapan untuk mendapatkan gambar aerial yang bagus (birdview), kita mesti punya drone. Padahal kalau Anda punya GoPro, belum tentu Anda membutuhkan drone.

GoPro dilengkapi wide lens, cukup menggunakan tongsis yang sangar panjang (3m, misalnya) Anda sebenarnya sudah bisa mendapatan gambar aerial yang Anda butuhkan. Wide lens akan menangkap gambar lebih luas dari pada biasanya, jadi biarkan fasilitas itu bekerja maksimal.

Jika tidak ingin mengambil gambar dari atas, Anda masih bisa mendapatkan hasil yang memukau dengan meletakkan GoPro di bawah dan merekam apa saja yang terjadi di atasnya (Caterpillar-View). Cukup letakkan di bawah dan (sekali lagi) biarkan wide lens GoPro bekerja sendirinya. Trik sederhana yang herannya masih jarang dipakai oleh pengguna GoPro.

FIRST PERSON VIEW

Tak peduli apapun kegiatan Anda, meskipun tidak ekstrem seperti hiking, biking, racing, ataupun diving, First Person View akan memberikan kesan action yang keren. Anggap saja memancing, meskipun membosankan, tapi ada moment dimana Anda akan melempar pancing sejauh-jauhnya, yang mana itu adalah “action”. Bayangkan GoPro merekam dari sudut pandang Anda ketika Anda melempar pancing, kemudian buat itu menjadi slowmotion. Keren kan?

z_FLY

THIRD PERSON VIEW

Bagi Anda yang ingin me-highlight wajah sang aktor (mungkin Anda sendiri) ketika sedang melakukan atraksi, ini juga salah satu trik sederhana nan kece yang bisa Anda gunakan. Cukup pasang GoPro Anda di setir sepeda, di dekat gawang, dekat ring basket, dimanapun untuk merekam Anda semua in action.

z_CONCERTO

Intinya, denga GoPro, Anda bisa mendapatkan footage/foto/video yang keren karena GoPro memungkinkan Anda untuk mendapatkan sudut pandang yang menarik yang kamera lain tidak bisa melakukannya, dan seekstrem apapun keadaanya. Hal itu dimaksimal lagi dengan kelebihan lain seperti bisa di mount di mana saja dan adanya wide lens.

So, have fun with your GoPro!!

image by: Mike Wilkinson & Donald Miralle

Related Post

One thought on “Tips: Using GoPro Like a Pro”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *