STAGE PHOTOGRAPHY TIPS ((For Beginner))

Apa anda salah satu orang yang suka datang ke gigs? Acara pertunjukan memang seru sih kalau difoto, bisa pertunjukan konser musik, pertunjukan teater atau pertunjukan fashion / tari. Banyak lighting yang bisa menghiasi panggung dan hal-hal menarik dari objek yang difoto, tapi… Apa anda tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memotret panggung?

stage

 

Anda harus menentukan dulu nih, apa yang akan anda lakukan di dalam fotografi panggung (stage photography), karena fotografi panggung dibagi menjadi dua yaitu: dokumentasi dan liputan.

  • Dokumentasi pada fotografi panggung : biasanya dilakukan untuk merekam / memotret segala kegiatan yang terjadi, misalnya di depan atau di belakang panggung.
  • Liputan pada fotografi panggung : biasanya dilakukan oleh media massa untuk kepentingan kebudayaan atau kesenian di koran, majalah atau televisi.

 

www.perssonphotography.com/ftptemp/SIL/

dth-at-the-joyce-rachel-neville-photography

Catwalk-2010_09_19_LFW_Kinder_Aggugini_RAW_294

 

13138993_1818779531683843_3846664211012364753_n

photo by : @ryodinata

Biasanya, pertunjukan panggung berlangsung malam hari, dan fokus utama fotografi panggung adalah : low light photography (fotografi dengan pencahayaan yang minim).

Karena permainan pencahayaan memang dirancang untuk ditonton, jadi kadang saat difoto, pencahayaan di foto jadi tidak rata. Nah, karena pertunjukan panggung dirancang untuk ditonton, bukan difoto, jadi fotografer harus menyiasati beberapa hal untuk menyesuaikan diri.

 

MULAILAH KONSER TERDEKAT DI SEKITAR ANDA

1-8

Anda pernah nggak, mulai belajar sepak bola dan langsung bermimpi dipanggil sama tim nasional (TIMNAS)? Nggak kan? Nggak mungkin lah kita baru ‘kecemplung’ lalu langsung ditarik oleh timnas untuk join di tim inti sepak bola itu.

Nah, sama hal nya dengan fotografi panggung. Kalau anda baru saja mulai belajar memotret konser musik, mulailah dari yang kecil dulu. Kalau kebetulan anda pelajar, cobalah cari event musik di sekolah sendiri atau disekolah teman anda. Kalau anda kebetulan seorang karyawan, mulailah dari event di kantor. Atau ada acara di dekat kampung atau rumah anda, anda bisa coba memotret disana. Baru kemudian beranjak ke konser musik yang lebih besar, misalnya lomba musik yang sifatnya regional. Jangan melompat terlalu tinggi, mulailah dari yang kecil.

 

BERKEMAS SEPERLUNYA

096a3ae9e6c775123c374f4cf6c9af38

Nggak perlu membawa peralatan atau perbekalan melebihi dari apa yang kita butuhkan kok. Kalau anda butuh tripod, silahkan tapi nggak perlu yang besar. Lensa pun nggak perlu bawa lebih dari dua. Bawaan yang ringkas pasti bisa bikin kita bergerak lincah dan bisa berkonsentrasi kan?

 

CERITA

f337fdd281e01cf0c3910b38e2b8f91c

 

Professional-Concert-Photography-in-Chicago

Ada baiknya anda memotret objek yang bisa bercerita dengan sendirinya. Misalnya nih: saat anda meliput konser musik rock, pastikan kalau foto itu bisa menceritakan bahwa sang vokalis bernyanyi dengan sepenuh tenaga sampai urat lehernya keluar semua, sementara gitarisnya menunjukkan kemampuannya sebagai calon pengganti Slash karena mengangkat gitarnya tinggi-tinggi. Hehe… Tanpa memberi judul di foto aja, orang juga tahu bahwa konser yang anda foto adalah sebuah konser musik rock.

 

TINGGIKAN SETTING ISO

7db5829dc07520f558d6b1977870470c iso

 

Konser musik seringkali diadakan di gedung atau luar, dengan pencahayaan yang minim dan biasanya dilangsungkan malam hari kan? Nah, kalau memang lighting panggung kurang mencukupi, coba anda tinggikan ISO di settingan DSLR anda. Jadi meskipun muncul noise, paling nggak hasil fotonya bisa lumayan lebih tajam.

 

SETTING WHITE BALANCE DI POSISI AUTO

 

whitebalance

mtf

Biarkan cahaya lampu warna-warni yang menjadi sinar yang paling keren, dan biarkan pada posisi Auto White Balance (photo by : @an99ik)

Biasanya panggung untuk konser musik akan banyak cahaya warna-warni yang mencolok agar suasana jadi lebih dramatis. Nah, dengan warna yang sering berganti ini, saya yakin anda pasti akan kehabisan waktu kalau mau mengubah-ubah setting white balance. Makanya, pakai setting white balance auto di DLSR anda, ya! Kalau anda ingin mengerti lebih lanjut soal White Balance, anda bisa pelajari di blog kami terdahulu! Ada belajar White Balance Bagian I dan Bagian II. Siapa tau hasil foto anda bisa lebih oke?!

 

GUNAKAN LENSA TERCEPAT YANG ANDA PUNYA

dance-photography 10a491929af1fa83456778954b13f897

 

Foto diatas adalah foto dengan menggunakan slow shutter speed. Jadi lebih terasa ‘seni’ nya dan lebih artistik ya! Menurut saya, secara visual foto terlihat meninggalkan bayangan dan memperlihatkan bagaimana gerakan demi gerakan yang dilakukan oleh si penari.

 

Available for performance, studio, promotional and CV photography.

dancer-portraits-dance-photography-alexander-yakovlev-111 hhh

Foto di atas adalah foto dengan menggunakan fast shutter speed. Terlihat semakin keren ya? Fotonya seolah bisa membuat freeze objek yg difoto.

Nah, kalau anda punya lensa f/1.4 gunakan itu untuk sebagian besar foto anda. Kalau lensa tercepat anda memiliki aperture f/2.8, juga boleh pakai yang ini. Foto konser musik dan tari biasanya banyak momen yang menarik, yang hanya bisa dicapai saat kita punya kecepatan yang cukup. Nah, dengan kombinasi lensa cepat dan ISO tinggi (tapi wajar), anda bisa menangkap momen-momen bagus dengan kualitas foto yang lumayan tajam, yang bisa saja terlewatkan kalau shutter kita terlalu lambat.

 

JANGAN LUPAKAN PENONTON

Kalau saya nonton konser atau pertunjukan (misalnya konser musik rock), yang paling sering dijumpai adalah… tangan-tangan seperti ini…

b5a899a1aefa549bc86c70d1216fd785

8c765ffb28ae5c080214336f9d6c9f4b

Betapa artis yang mereka sukai ini sangat berpengaruh pada perilaku mereka sebagai penonton ya? Dari perilaku itu, kalau kita ‘jepret’, jadinya keren juga. Hahahaa… Got it? Ada hal yang cukup seru untuk stage photography, yaitu PENONTON.

Jadi, jangan lupakan penonton. Banyak ekspresi yang bisa kita tangkap yang bagus untuk kita abadikan. Apalagi, masing-masing lagu biasanya ada reaksi yang unik bagi pendengarnya, begitu juga aksi musisi dan penyanyi di panggung yang pasti memunculkan reaksi tersendiri. Anda bisa menangkap reaksi penonton dalam jepretan anda. And that will makes perfect.

 

da6666bb2ba9107c5d3f682a0a0672b9

13094179_1818780248350438_5761771779020372392_n

photo by : @ryodinata

JANGAN LUPAKAN LINGKUNGAN

gtr

photo by : @ryodinata

angan

photo by: @ryodinata

71cf719086e86967e4f6708ca63c850e

Lingkungan sekitar juga menarik lho untuk difoto. Jadi jangan hanya terpaku sama penyanyi dan musisinya saja. Saat gitar di stem, saat drum di set, saat sound system di tes, saat orang-orang lighting mencoba lampu atau gulungan kabel di pojok mungkin juga menarik?

Siap Memulai Stage Photography Sendiri?

Banyak yang perlu dipertimbangkan dalam memulai foto panggung ini: mulai dari kamera dengan ISO Performance yang bagus untuk low light hingga lensa wide atau tele untuk memaksimalkan dimanapun posisimu di panggung.

Get it all here on PlazaKamera.com

Related Post

2 thoughts on “STAGE PHOTOGRAPHY TIPS ((For Beginner))”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *