Shopping Cart

STAGE PHOTOGRAPHY TIPS ((For Beginner))

Apa anda salah satu orang yang suka datang ke gigs? Acara pertunjukan memang seru sih kalau difoto, bisa pertunjukan konser musik, pertunjukan teater atau pertunjukan fashion / tari. Banyak lighting yang bisa menghiasi panggung dan hal-hal menarik dari objek yang difoto, tapi… Apa anda tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memotret panggung?

stage

 

Anda harus menentukan dulu nih, apa yang akan anda lakukan di dalam fotografi panggung (stage photography), karena fotografi panggung dibagi menjadi dua yaitu: dokumentasi dan liputan.

  • Dokumentasi pada fotografi panggung : biasanya dilakukan untuk merekam / memotret segala kegiatan yang terjadi, misalnya di depan atau di belakang panggung.
  • Liputan pada fotografi panggung : biasanya dilakukan oleh media massa untuk kepentingan kebudayaan atau kesenian di koran, majalah atau televisi.
Baca juga :   LED Bisa Jadi YOUR ONLY LIGHT SOURCE, Loh!

 

www.perssonphotography.com/ftptemp/SIL/

dth-at-the-joyce-rachel-neville-photography

Catwalk-2010_09_19_LFW_Kinder_Aggugini_RAW_294

 

13138993_1818779531683843_3846664211012364753_n
photo by : @ryodinata

Biasanya, pertunjukan panggung berlangsung malam hari, dan fokus utama fotografi panggung adalah : low light photography (fotografi dengan pencahayaan yang minim).

Karena permainan pencahayaan memang dirancang untuk ditonton, jadi kadang saat difoto, pencahayaan di foto jadi tidak rata. Nah, karena pertunjukan panggung dirancang untuk ditonton, bukan difoto, jadi fotografer harus menyiasati beberapa hal untuk menyesuaikan diri.

 

MULAILAH KONSER TERDEKAT DI SEKITAR ANDA

1-8

Anda pernah nggak, mulai belajar sepak bola dan langsung bermimpi dipanggil sama tim nasional (TIMNAS)? Nggak kan? Nggak mungkin lah kita baru ‘kecemplung’ lalu langsung ditarik oleh timnas untuk join di tim inti sepak bola itu.

Baca juga :   Komposisi Foto Masih Jelek? Pahami Dulu Aturan Mainnya

Nah, sama hal nya dengan fotografi panggung. Kalau anda baru saja mulai belajar memotret konser musik, mulailah dari yang kecil dulu. Kalau kebetulan anda pelajar, cobalah cari event musik di sekolah sendiri atau disekolah teman anda. Kalau anda kebetulan seorang karyawan, mulailah dari event di kantor. Atau ada acara di dekat kampung atau rumah anda, anda bisa coba memotret disana. Baru kemudian beranjak ke konser musik yang lebih besar, misalnya lomba musik yang sifatnya regional. Jangan melompat terlalu tinggi, mulailah dari yang kecil.

2 comments

  1. bagusprasetyo

    mantab
    photo2 artikel nya keren min

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00