Ricoh Theta S 360 Cam: Cara Baru Selfie Terlihat dari Semua Sisi (Review)

Ricoh Theta S 360

Bagi Anda yang aktif dan gemar melihat news feed di social media, pernah nggak menemukan foto unik yang memperlihatkan seseorang yang lagi selfie dan seolah berdiri di bola dunia?

Atau, video yang memperlihatkan gambar dari semua sisi ketika kita menggesernya ke kiri dan kanan?

Ini loh contohnya…

Distorsi Kamera 360

Mulanya saya berpikir itu adalah rekayasa dari app di smartphone atau kemahiran seseorang dalam mengedit. Ternyata bukan, ada kamera khusus yang memang digunakan.

Adapun kamera tersebut adalah Kamera 360 (Baca: Kamera 360: Trend Baru Kamera Bersudut Pandang Luas Tak Terbatas!)

Jual Ricoh Theta S

Nah, kebetulan Ricoh Theta S yang merupakan  sebuah kamera untuk mengambil foto ataupun video Full HD secara 360° telah hadir di Plazakamera.com. Yuk, kita mengulik kamera ini secara lebih dalam!

Unboxing Ricoh Theta S

Sebelum kita membedahnya satu per satu, mari kita buka terlebih dahulu kemasannya dan melihat apa saja yang ada di dalamnya.

Jual Ricoh Theta Murah Ricoh Theta S

Sama seperti layaknya produk lainnya, Ricoh Theta ini terlindungi dengan baik melalui peckagingnya.

Saat pertama kali mengeluarkan Ricoh Theta ini dari kemasannya, kesan pertama saya adalah layaknya menggenggam remote AC. Ringan dan segenggaman tangan. :D

Adapun kelengkapan isi di dalam box-nya seperti halnya kamera Ricoh Theta S itu sendiri, manual book, soft case, dan usb cable. Hanya itu saja…

Bicara Soal Spesifikasi dan Performa

Seperti biasa, sebelum menjelaskan secara lebih dalam tentang performa dari Ricoh Theta S ini, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu menyelami setiap spesifikasinya.

Berikut adalah daftar spesifikasi dari Ricoh Theta S ini:

Imaging
Pixels 12 Megapixel
Sensor 1/2.3″
File Formats Still Images: JPEG
Movies: MP4, MPEG-4 AVC/H.264
Audio: AAC
Max Resolution 14.4 MP: 5376 x 2688
Optics
Lens 7 elements in 6 groupsAperture: f/2
Focus Range Auto: 3.94″ (10 cm) – Infinity
Exposure Control
ISO Sensitivity 100-1600
Shutter Type: Electronic
Speed: 1/8 – 1/6400 second in  Auto Mode
Type: Electronic
Speed: 60 – 1/6400 second in  Manual Mode
Type: Electronic
Speed: 1/30 – 1/8000 second in  Movie Mode
Type: Electronic
Speed: 1/15 – 1/8000 second in  Movie Mode
Exposure Modes Modes: Auto, Manual, Sensitivity Priority, Shutter Priority
Compensation: -2 EV to +2 EV (in 1/3 EV steps)
White Balance Modes Auto, Cloudy, Daylight Color, Fluorescent, Fluorescent (Natural White), Fluorescent (White), Incandescent, Incandescent 2, Outdoors, Shade, Tungsten
Memory
Built-in Memory 8 GB
Recording
Video Recording Yes
Resolution 1920 x 1080p: 30 fps
1280 x 720p: 15 fps
Video
Video Clip Length Up to 4 GB or 25 Min
Audio Recording Built-in Mic: With Video
Connectivity/System Requirements
Connectivity HDMI D (Micro), Micro-USB, USB 2.0
Wi-Fi Yes
Power
Battery Rechargeable Lithium-Ion Battery Pack

Desain Fisiknya

Desain Ricoh Theta S

Bicara tentang desain fisiknya, kamera 360° ini cukup sederhana. Terdapat kedua kamera di bagian depan-belakang yang masing-masingnya mampu mengambil gambar hingga sudut 180°.

Lalu, pada salah satu bagian sampingnya terdapat button untuk mengoperasikan kamera ini. Adapun button tersebut adalah power, mode Wi-Fi, dan mode pengganti foto atau video.

Ricoh Theta S

Sedangkan pada ujung atas Ricoh Theta S ini, terdapat sebuah lubang audio yang digunakan untuk me-record audio. Dan sebaliknya, pada ujung bawah terdapat mount untuk tripod universal, port USB untuk charger, dan port HDMI.

Ricoh Theta S 1

Sedangkan untuk tombol shutter, letaknya berada tepat di bawah salah satu sisi kamera. Sekaligus, terdapat pula lampu indikator yang dapat berganti warna pada mode-mode tertentu.

“Lhah, Lalu di bagian mana port untuk memory micro SD-nya? Baterainya kok juga gak ada?”

Hampir saja kelupaan. Ricoh Theta S ini menggunakan baterai tanam yang dayanya mampu bertahan maksimal untuk menjepret maksimal 200 foto. Dan lagi, Ricoh Theta ini tidak dilengkapi dengan penambahan memory eksternal, melainkan lebih menggunakan memory internal yang berkapasitas 8 GB.

Kualitas Kamera

Bicara soal kamera, Ricoh Theta S ini memiliki dua kamera yang mampu mengambil angle yang sangat luas dan mampu bekerja secara bersamaan. Secara spesifikasi, kamera ini menggunakan sensor CMOS 12 MP dengan aperture f/2.0, namun output foto yang dihasilkan beresolusi 14 MP.

Bahkan melalui spesifikasi di laman resminya, Ricoh Theta S ini sudah sangat baik memotret gambar meski dalam keadaan low light. Selain itu, penggunanya dapat bereksplorasi dengan mode manual dan mengatur kecepatan shutter hingga 60 detik.

Dan satu lagi, kamera pada Ricoh S ini memiliki autofokus yang cukup cepat. Sehingga, sangat baik dalam menangkap objek yang bergerak.

ngetest doang…! #theta360 – Spherical Image – RICOH THETA

  Coba Anda lihat, gambar 360° di atas diambil menggunakan Ricoh Theta S. Bicara soal kualitas, hasilnya bisa dibilang cukup baik. Gambar dan warna yang dihasilkan dari foto sangat tajam.

Bahkan ketika Anda melakukan zoom pada hasil gambar ke titik masksimal, gambar tetap saja terlihat jelas (meski sedikit agak kabur). Yang jelas, hasilnya sangat memuaskan kok…

Sedangkan untuk video, Ricoh Theta S ini mampu mengambil video 360° Full HD dengan resolusi 1080 @30 fps. Dan beginilah hasil dari salah satu video yang dihasilkan  

Party in California, US – Spherical Image – RICOH THETA

 

Jika saya pribadi boleh berpendapat, untuk hasil video, kualitasnya tak sebaik ketika digunakan untuk mode foto. Karena pada hasil video gambar lebih memili warna yang sedikit kusam dan kurang tajam.

Dan satu lagi, pengambilan video menggunakan Ricoh Theta S ini terbatasi dengan durasi yang terbatas.

Ini dikarenakan, memory internal pada Ricoh Theta S hanya berkapasitas 8GB. Kurang lebih, pengguna hanya dapat mengambil video dengan durasi tak lebih dari 25 menit jika merekam  video dengan resolusi 1080 @30 fps.

Meskipun begitu, pada Ricoh Theta S ini memiliki kualitas audio yang cukup bagus. Buktinya, pada video terdengar suara yang sudah cukup jelas.

Apps 360° Camera

Tahu sendiri ‘kan pada Ricoh Theta S tidak disertai liveview?

Oleh sebab itulah, konektivitas WiFi diperlukan untuk menghubungkan antara Ricoh Theta S dan Mobile Device sebagai liveview. Bahkan tak hanya melalui mobile device saja, melainkan melalui dekstop/ komputer Anda pun juga bisa.

Konektivitas WiFi Ricoh Theta S

Untuk menjadikan mobile device atau dekstop Anda sebagai liveview, maka terlebih dulu Anda harus mendownload app untuk Ricoh Theta S Anda.

Untuk dekstop, aplikasi Ricoh Theta ini kompatibel dengan Windows dan Mac. Sedangkan kompabilitas pada mobile device, hanya diperuntukkan untuk pengguna IOS dan Android. Belum download App Ricoh Theta? Klik Disini

Setelah mendownload app, maka secara lebih mudah Anda akan mendapatkan kontrol penuh pada semua aktivitas kamera 360° ini.

Ketika pertama kali Anda mengoneksikan Ricoh Theta ke mobile/ dekstop, maka Anda akan dimintai password. Anda dapat melihat password-nya yang tertempel pada bagian bawah Ricoh Theta Anda.

Password Ricoh Theta

Setelah Anda berhasil masuk ke app Ricoh Theta, Anda akan dibawa ke menu utama. Kira-kira tampilannya nanti akan seperti ini:

app-ricoh-theta-s

Sayangnya, liveview melalui aplikasi ini tidak dapat dilihat jika kita dalam mode video. Namun jika dalam mode foto, kita masih dapat melihat liveview-nya langsung pada perangkat mobile/ dekstop yang kita gunakan.

Satu lagi, kita juga tidak dapat melihat preview dari foto atau video yang sebelumnya telah kita ambil. Untuk melihat previewnya, kita diharuskan mendownload terlebih dahulu menggunakan jaringan WiFi.

Namun terlepas dari itu semua, melalui aplikasi ini Anda dapat melakukan berbagai hal. Misalnya seperti memilih resolusi foto atau video, mengedit foto, dan mengambil video timelapse. Bahkan tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fungsi trimming, color adjusment, cropping, dan filter.

Mode Tampilan Ricoh Theta S

Untuk format tampilan foto, Anda dapat memilih beberapa pilihan seperti mirror ball, little planet, equirectangular, dan rectilinear, hingga memasukkan musik ke dalam video Anda nantinya.

Mendukung Live Streaming

Salah satu hal yang paling asyik dari Ricoh Theta S ini adalah, dengan adanya fitur live streaming.

Dengan adanya fitur ini, berarti Anda dapat menghubungkannya dengan PC atau laptop hanya dengan menggunakan bantuan kabel HDMI.

live-streaming

Selanjutnya, Anda dapat membagikan live streaming dari Ricoh Theta S ini melalui Youtube.

Tapi sebelum ini dilakukan, Anda harus terlebih dahulu mendownload aplikasi khusus untuk live streaming yang kompatibel dengan windows dan Mac. Belum punya aplikasinya? Download dengan Klik Disini

Akan menjadi pembahasan sangat panjang jika saya menjelaskan detail untuk live streaming Ricoh Theta S ini.

Untuk itu, tunggu saja, dalam waktu dekat blog selanjutnya kita akan membahas tutorial live streaming menggunakan Ricoh Theta S ini. Sabar ya :D

Rekomendasi Aksesoris Ricoh Theta S

Berhubung kamera Ricoh Theta S berada di bagian depan dan belakang body, maka Anda tak bisa sembarangan menaruhnya untuk menghindari lecet.

Meskipun saat pembelian kamera ini telah include soft case, namun Anda juga dapat memilih pounch lain. Misalnya saja seperti soft case dengan bentuk yang lebih custom, hard case, dan tripod yang dapat membantu Anda ketika mengambil gambar mode panorama.

Jual Manfrotto Mini Pixi

Karena pada bagian bawah Ricoh Theta S ini dilengkapi dengan mount ukuran standar, maka Anda dapat mengeksplorasinya sesuka hati dengan menambahkan tripod.

Misalnya saja seperti Manfrotto Pixi Mini Tripod yang membuatnya lebih aman ketika digunakan untuk mode panorama.

Siap Beralih ke Era 360° Photography

Ricoh Theta S merupakan salah satu kamera 360° yang sedang meramaikan aliran baru dalam dunia fotografi. Dengan kemampuannya mengabadikan setiap momen bersudut pandang luas tak terbatas, menjadikan kamera ini banyak dicari.

Theta S ini juga merupakan versi premium dari kamera 360 Ricoh Theta. Dibandingkan dengan edisi sebelumnya, Theta S ini lebih banyak menawarkan beragam fitur dan dibanderol dengan harga 5,6 jutaan.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba trendsetter baru dengan 360° photography?

Ingin Abadikan Momen dengan Kamera 360°? Ricoh Theta S Solusinya!

Dengan Ricoh Theta S, Anda dapat mengabadikan setiap kegiatan Anda tanpa ada satu pun yang terlewatkan oleh mata kamera. Kebetulan, mumpung Plazakamera.com ada penawaran harga menarik untuk pembelian Ricoh Theta, maka segera dapatkan produknya!

Segera Dapatkan Harga Terbaik untuk Ricoh Theta S Hanya di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *