Ribuan Cerita dibalik Foto Nikola Smernic, Pemenang National Geographic Photo Contest

Setiap foto memiliki ceritanya masing-masing. Ini adalah tentang foto liburan, pianis di pinggiran danau, dan seorang anak perempuan yang suka musik.

Tahun 2013, Nikola dan Martina, pacarnya (yang saat ini jadi istrinya), berlibur ke Queenstown, Selandia Baru. Sehari sebelum mereka pulang ke Kroasia, mereka memutuskan untuk jalan-jalan dengan harapan dapat menghirup aroma jalanan di sana.

Di tengah jalan, perhatian pasangan tersebut terpantik oleh lantunan melodi seorang pianis di Marine Parade. Alunan yang begitu indah hingga Nikola & Martina sempat berdiri memandangi pianis tersebut selama beberapa menit, terpaku akan suasana sepi nan emosional dari lantunan melodi yang keluar dari piano.

Nikola memutuskan untuk mengabadikan pemandangan tersebut.

w704

Sesaat kemudian, Nikola & Martina pergi melanjutkan acara jalan-jalan mereka. Tanpa sempat berkenalan dengan pianis dan gadis kecil di sana, hanya mengingat rangkaian nada yang indah yang akan jadi momen berharga mereka selama liburan di Selandia Baru.

Sesampainya mereka di rumah, saat mempersiapkan pernikahan mereka berdua, tidak sengaja mereka menemukan foto itu lagi. Harus diakui bahwa foto itu selalu menyita perhatian Nikola & Martina. Satu-satunya yang hilang dari foto itu adalah alunan musik khas sore hari yang dulu pernah mereka dengarkan.

Mereka terpikir untuk mampir Queenstown sekali lagi, mungkin saja pianis tersebut masih di sana.

Tidak lama kemudian, Nikola menerima e-mail tentang kontes foto National Geographic. Martina sontak langsung menyarankan Nikola untuk mengikuti kontes tersebut. Nikola mengirimkan 4 foto untuk kontes tersebut, salah satunya adalah foto pianis yang ada di Queenstown itu.

Sibuk dengan masa-masa pesta pernikahan mereka, mereka sudah tidak memikirkan kontes maupun foto liburan mereka di Queenstown. Hingga suatu malam, Nikola menerima e-mail dengan judul “You’re the Winner”. Mereka terdiam, foto liburan yang mereka sukai itu terpilih menjadi salah satu pemenang dari 10 pemenang dan itupun dari 15.000 foto lain.

22

Setelah pengumuman pemenang tersebut dipublikasikan, keributan pun terjadi di sosial media milik Nikola. Beragam artikel tentang foto Nikola tersebut bertebaran di mana-mana. Nikola juga sempat dihubungi oleh beberapa orang yang ingin membeli foto pianis tersebut. Semua kegilaan itu karena Nikola memenangkan kontes paling bergengsi dunia fotografi.

Namun bagi Nikola, semua itu masih belum apa-apa dibandingkan dengan apa yang terjadi berikutnya.

Sepertinya berita kemenangan Nikola tersebut terdengar sampai Selandia Baru, dan beberapa hari kemudian Nikola menerima message di Facebook:

12

Pesan tersebut dari pianis kesayangan mereka, Mathias Piano Man! Ternyata Mathias adalah kebangsaan Belgia yang suka travelling. Mathias jatuh cinta dengan Queenstown, memilih menetap di sana, membeli piano yang ada di foto dari toko barang bekas seharga 75$, dan sekarang merilis album sambil terus memainkan pianonya di tempat yang sama di Queenstown.

Nikola & Martina membeli musik Mathias dan berkomunikasi dengan pianis Belgia tersebut setiap harinya. Hingga kemudian e-mail kedua datang. Kali ini berasal dari seorang Ibu dari gadis bernama Jemma – gadis yang ada di foto Nikola.

13

Jemma adalah gadis yang kebetulan lewat sore hari itu, sama seperti Nikola & Martina. Dan sama-sama merupakan hari terakhir liburan keluarga Jemma di Queenstown. Jemma sangat suka dengan musik yang dimainkan Mathias hingga ia memaksa Ibunya untuk mengantarnya ke tempat Mathias dan membeli satu album.

Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa, bahkan bagi kita sendiri yang tidak ada hubungan sama sekali baik dengan Nikola, Martina, atau Mathias, atau dengan Jemma. Nikola kemudian mengirimkan foto kemenangannya kepada Mathias dan Jemma.

14

15

Mathias juga sempat mengirimkan albumnya ke Nikola & Martina

16

Cerita indah ini tidak hanya berakhir di sana, Nikola & Martina memutuskan untuk melegalkan album Mathias untuk jadi album musik pernikahan mereka berdua. Dan, ternyata Mathias ada rencana pulang ke Belgia saat mendekati pesta pernikahan Nikola & Martina. Mathias memutuskan untuk mampir ke Kroasia dan memainkan musiknya secara live di pesta pernikahan sahabat yang dipertemukan secara ajaib oleh Queenstown.

17

Sebuah foto yang sangat spesial. Hadiah kemenangan National Geographic Photo Contest memang sangat besar, yaitu mempertemukan Nikola & Martina dengan 2 orang sahabat baru yang dikenalkan dengan cara yang sangat spesial. Kita yakin, momen-momen seperti ini adalah yang bisa kita harapkan saat mengambil foto dengan kamera kita.

Mulailah temukan ceritamu seperti yang dilakukan Nikola.

*Sumber: PetaPixel.com, The Magic of Winning National Geographic Traveler Photo Contest, Nikola Smernic.

Related Post

3 thoughts on “Ribuan Cerita dibalik Foto Nikola Smernic, Pemenang National Geographic Photo Contest”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *