Preview: Zhiyun Smooth 4 vs Zhiyun Smooth Q

Kehadiran teknologi gimbal dan stabilizer memang mengubah wajah dunia video. Kini siapapun bisa dengan mudah membuat video keren setara profesional hanya berbekal stabilizer dan smartphone.  Tampaknya bakal semakin praktis lagi dengan rilisan terbaru dari Zhiyun yaitu Smooth 4.

Setelah Smooth Q yang direspon baik oleh pasar kini Zhiyun mengeluarkan Smooth 4 yang digadang-gadang lebih keren, siap menggantikan Zhiyun Smooth Q.

Yuk simak apa kelebihan Smooth 4 dibanding Smooth Q!

 

Zhiyun Smooth Q

Zhiyun mencapai puncak popularitasnya lewat Smooth Q yang laris manis sebagai stabilizer ramah di kantong dengan hasil memuaskan. Maklum saja, meski murah namun Smooth Q sudah memiliki 3-axis gimbal yang responsif.

Smooth Q juga bisa menggigit smartphone berukuran hingga 6 inchi dan memiliki mount untuk tripod standar sehingga bisa untuk bikin video time-lapse. Namun yang paling menarik adalah, Smooth Q bisa untuk filming dari depan menggunakan mode selfie.

Untuk baterainya sudah mumpuni dengan kapasitas 26650mAh dan daya tahannya hingga 9 jam berturut-turut. Itu jauh lebih baik dari DJI Osmo Mobile yang hanya 980mAh dan daya tahannya 4 jam saja.

 

Smooth Q sudah cukup bagus untuk pemula yang baru saja mengenal stabilizer. Namun kekurangan yang paling terasa adalah minim tombol yang justru membingungkan saat mengganti mode. Seringnya menyentuh layar juga menambah “shake”.

Smooth Q memiliki 3 mode penggunaan yang bisa diganti-ganti dengan menekan tombol mode. Namun masalahnya tidak ada keterangan yang menunjukkan Anda sedang memakai mode yang mana setelah menekannya, kecuali terkoneksi ke Zhiyun Assistant App. Jika Anda menekan lama satu kali maka otomatis gimbal ke mode sleep, begitupun untuk membangunkannya.

Selain itu, Smooth Q sebenarnya juga bisa untuk nge-charge baterai via USB port namun performanya tidak bagus. Stabilitas gimbal akan terpengaruh jika Anda nge-shoot sambil mengisi baterai smartphone.

Meski mungkin agak membingungkan dan tidak praktis namun kualitas performa Smooth Q sebanding dengan harganya yang separuh DJI Osmo Mobile. Anda hanya perlu lebih telaten mempelajarinya sehingga bisa menaklukkan ketidaknyamanan yang ada. Setidaknya, aplikasinya mudah digunakan dan informatif.

 

 

Zhiyun Smooth 4

Zhiyun menggadang-gadang Smooth 4 sebagai stabilizer yang untuk kalangan filmmaker atau videografer serius yang ingin menggunakan smartphone untuk merekam.

Tidak heran jika Zhiyun merombak desainnya jadi ala Zhiyun Crane.  Materialnya diklaim lebih bagus dalam memberikan pengalaman penggunaan, nyaman dipegang dan dilapisi cat warna matte yang memberikan kesan premium.

Namun perbedaan yang paling signifikan adalah kontrol fokus dan fungsi zoom yang jauh lebih baik dari Smooth 3.

 

Smooth 4 memiliki roda putar (hand wheel) untuk mengatur fokus yang terletak di samping bodi. Tombolnya juga jadi lebih aerogonomis yang memudahkan untuk mengakses mode dan fungsi andalan.

Desain clip-up uniknya memudahkan transisi antara mode standby dan startup dengan menekuk dan memperlebar horizontal arm gimbal. Ini akan membudahkan vlogger untuk nge-shot sambil travelling.

Fungsi kontrol tersebut untuk mengurangi pengguna menyentuh layar smartphone saat merekam yang jadi permasalahan di Smooth Q. Cukup dengan memutar roda kontrol maka bisa mengurangi “shake” yang tidak diinginkan saat menyentuh layar.

Sedangkan fungsi “vertigo” disematkan Zhiyun untuk menyamai menggeser perspektif dan efek dolly/zoom yang disukai filmmaker. Jadi lebih kece kan bro!

Dengan menekan tombol FN switch, roda putar akan menjadi pembidik fokus yang membantu Anda mendapatkan fokus presisi tinggi untuk membuat shot yang kreatif.

Masih ada juga mode PhoneGo yang seperti sports car, merespon dengan detil setiap pergerakan kecil tanpa delay. Transisi antar scene juga bisa dilakukan tanpa post-processing.

Smooth 4 juga mendukung semua teknik syuting yang canggih seperti timelapse, moving timelapse dan motionlapse. Bisa untuk merekam live dan menampilkan time flow yang artistik. Semuanya bisa dilakukan dengan range mulai wide hingga tight.

 

Baterai

Daya tahan Smooth 4 cukup memuaskan dengan kemampuannya menyala selama 12 jam secara berturut-turut. Indikator baterai juga akan menunjukkan berapa daya yang tersisa.

Bahkan smartphone bisa Anda charge di stabilizer ini via USB port menggunakan kabel Type-C.

 

Max Payload

Perbedaan signifikan lainnya adalah batas beban (maximum payload).

Bukannya menambah, Zhiyun justru mengurangi beban yang bisa digigit Smooth 4 menjadi hanya 210 gram. Padahal Smooth 3 bisa menahan beban hingga 260 gram.

Rumor yang beredar menyebut Zhiyun akan menambah batas beban Smooth 4 namun ternyata justru menguranginya. Alhasil Smooth 4 hanya sedikit lebih baik dari Smooth Q yang bisa menahan beban 200 gram. Tampaknya Smooth 4 memang hanya ditujukan untuk smartphone.

 

Zhiyun Smooth Q VS Smooth 4

Smooth Q dan Smooth 3 sendiri adalah stabilizer yang paling laris di dunia. Namun Zhiyun tidak berpuas diri karena berencana menggantikan Smooth Q dengan Smooth 4. Zhiyun cukup pede Smooth 4 akan merajai penjualan stabilizer pada musim Natal 2018 nanti.

Patut dicatat dari beberapa review tes, Zhiyun Smooth 4 lebih mulus digunakan pada smartphone iPhone. Kabarnya, ZY Play App agak bermasalah pada OS Android terutama Samsung yang menge-block beberapa fitur Smooth 4. Permasalahan yang akan Anda jumpai adalah tidak ada 4K support, zoom wheel tersendat, option pano 3×3 gagal dan gimbal lari-lari meski sudah Anda stop.

Namun pengguna iOS tidak akan mengalami kendala apapun kok.

Zhiyun Smooth 4 juga disebut-sebut sebagai menjadi saingan langsung dari DJI Osmo Mobile 2. Dengan harga hanya relatif sama di anga 2,1 jutaan, Nantinya Anda harus membandingkan dari sisi kemudahan, dan juga mungkin ketahanan di antara dua gimbal smartphone ini.

Btw, Zhiyun Smooth Q kini dibanderol kisaran Rp 1.599.000,00.

Minat yang mana?

Related Post

3 thoughts on “Preview: Zhiyun Smooth 4 vs Zhiyun Smooth Q”

  1. Mohon dibuat test review untuk android devices.
    Seperti Samsung S7 Edge, Samsung Note 8 dan Samsung S9.
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *