Shopping Cart

Beginner Tips: Portrait Photography

Foto portrait atau foto wajah pasti adalah kegiatan yang paling banyak kita lakukan kalau sudah memegang kamera (entah itu kamera digital atau kamera ponsel). Nggak bisa dipungkiri, selain objek manusia sering dijumpai dan menarik untuk difoto, fotografi portrait juga sangat mudah dilakukan. Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk komposisi foto portrait yang sempurna untuk anda. Simak yuk!

1. HEADROOM

Elizabeth_Olsen_43
Headroom tidak terlalu banyak, bagus untuk foto portrait

Perhatikan headroom. Headroom adalah ruang antara bagian atas kepala subjek dan bagian tepian frame. Kalau bisa sih, jangan terlalu banyak ruang kosong di atas kepala, agar dapat jarak yang pas untuk foto portrait.

Baca juga :   5 Tips Bikin Foto Kece di Sosmed

 

tumblr_m6xapgaXke1qh3f54o1_500
Memotong bagian atas kepala agar terlihat full portrait

Bahkan kalau mau memotong bagian atas kepala subjek juga boleh, agar di frame portrait terlihat full, bagian kepala bisa di-crop sedikit. Atau anda juga bisa berjalan mendekat atau melakukan zoom in untuk mengisi gambar dengan wajah, baik orientasi portrait maupun landscape, keduanya juga bisa.

 

2. POSISIKAN MATA SUBJEK

fd1725aef3cd21a8ccb1b89d1e9372a2
Mata menjadi titik fokus pada foto portrait

Mata merupakan daerah sentral fotografi portrait karena sorot mata bisa bercerita, beda dengan bagian tubuh lain.

Memang salah satu bagian tubuh yang mampu bercerita dan memegang peranan penting dalam setiap fotografi portrait adalah mata. Kita juga bisa membuat efek kreatif selain hanya mata subjek melihat ke arah lensa, seperti melihat ke arah lain, baik sedikit ke kiri kekanan maupun ke bawah.

Baca juga :   DJI Mavic Mini vs DJI Spark. Pilih Mana?

Perhatikan posisi mata subjek.  Karena mata menjadi titik fokus foto portrait dan kebanyakan orang akan melihat mata pada foto portrait. Seperti foto di atas, anda pasti terfokus pada mata kan? :)

Cobalah foto portrait full frame seperti di atas kalau anda ingin orang lain melihat mata subjek secara fokus. Dan pastikan agar mata subjek tetap berada di sepertiga bagian dari frame (mengikuti rule of third).

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00