Perbandingan Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Perbandingan Kamera Vlog Canon M10 dan Nikon 1 J5

“Kamera Vlog, enaknya pake apa?”

Atau “Kamera apa yang bisa digunakan untuk nge-Vlog?” Jika ditanya begitu, pada dasarnya semua kamera bisa digunakan untuk nge-Vlog, pun dengan kamera smartphone.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Namun jika prioritas utama Anda adalah kualitas dengan hasil foto terbaik, kecepatan, dan kontrol manual penuh, maka pilihannya ada pada DSLR. Sayangnya, DSLR punya bobot yang cukup berat dan merepotkan jika di bawa kemana-mana sebagai kamera vlog.

Sementara jika memilih kamera yang simpel, enteng, gampang dibawa, dan harga terjangkau, maka pilihannya ada pada kamera saku/ pocket. Tapi ya itu, yang harus dikorbankan adalah kualitas foto/ video yang dihasilkan.

Nah, di tengah kedua pilihan di atas ada kamera mirrorles dengan bentuk fisik yang lebih ringan dan ringkas. Mirrorless juga mempunyai kualitas sebanding dengan kamera DSLR, baik untuk ukuran sensor, penggantian lensa, dan terpenting harganya yang tak semahal DSLR.

Rekomendasi Kamera Vlog untuk Anda!

Jika pilihan Anda jatuh pada kamera mirrorless, maka rekomendasi terbaiknya adalah yang sering ditanyakan akhir-akhir ini, Nikon 1 J5 dan Canon EOS M10.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Ada beberapa alasan orang mencari kedua kamera ini. Pertama, kedua kamera ini merupakan brand pemegang pasar kamera terbesar di dunia. Kedua, kamera ini memiliki kisaran harga yang tak terlampau jauh (sehingga sudah sangat worth it untuk diperbandingkan). Dan terakhir, kedua kamera ini sama-sama telah mendukung Flip Screen untuk mendukung kegiatan Vlogger (maka sering juga disebut sebagai Kamera Vlog).

Sebelum kita lebih jauh membahas dan memperbandingkan kedua kamera ini, ada baiknya kita ketahui terlebih dulu spesifikasi lengkap kamera Nikon 1 J5 dan Canon EOS M10 ini.

Berikut ini adalah daftar spesifikasi dari masing-masing kamera yang sedang kita bahas:

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengetahui spesifikasi terlengkapnya lagi melalui link berikut: Canon EOS M10 & Nikon 1 J5

Penampakan Desain Fisik

Oke, yang pertama kita bahas di sini adalah penampakan luarnya. Sekali lihat, jelas sekali terdapat perbedaan kentara dari kedua jenis kamera vlog ini.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Lihat saja, Canon EOS M10 memiliki dimensi atau ukuran fisik yang lebih besar dibandingkan dengan Nikon 1 J5 yang lebih kecil dan compact.

Desainnya pun juga berbeda. Canon EOS M10 lebih menekankan unsur modern dengan bahan plastik yang solid namun terlihat kokoh pada body-nya. Sedangkan Nikon 1 J5, lebih kental dengan nuansa retro ala-ala kamera model klasik jaman dahulu.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Tentu saja, pada kedua kamera vlog ini terdapat tombol pengoperasian untuk setting dan pemilihan white balance. Sebenarnya, susunan tombol pada keduanya tak terlalu jauh berbeda. Hanya saja, pada tombol WiFi Canon berada di bagian samping kamera. Selebihnya sama!

Kualitas Kamera

Semua kamera mempunyai kualitas hasil gambar yang berbeda-beda. Namun jika ditanya mana diantara kedua kamera vlog ini yang mempunyai resolusi video paling tinggi, maka jawabannya adalah Nikon 1 J5.

Itu karena, kamera dengan bawaan lensa kit 10-30mm f/3,5-5,6 ini telah mendukung resolusi video 4k meskipun dengan format 15 fps. Namun begitu, untuk resolusi video full HD 1080/30p, Nikon 1 J5 ini telah memiliki frame per second (fps) yang lebih tinggi, yakni 60 fps (dibanding dengan Canon M10 yang maksimal memiliki 24  fps).

Digital-Camera

Tentunya Anda telah mengetahuinya, semakin tinggi frame per second dalam sebuah kamera, maka video yang dihasilkan pun juga lebih smooth.

Namun sayangnya, pada Nikon 1 J5 ini Anda dipaksa harus puas dengan sound bawaan dari kamera. Karena, pada kamera Nikon mirrorless seri ini tidak terdapat jack 3.5mm untuk menambahkan mic eksternal.

Begitu juga dengan Canon EOS M10 yang jack 3.5mm-nya juga masih absen. Tentunya bagi seorang Vlogger, nggak adanya jack ini membuat kita jadi mesti pikir-pikir untuk travel vlog yang kebanyakan videonya berupa outdoor (desis angin dimana-mana).

 

Tapi, apakah ini akan menghalangi vlog Anda?

Tidak, karena kedua kamera ini adalah start yang sangat bagus untuk memulai vlog Anda. Harganya yang 5 jutaan ini menjadi alasan kuat karena kamera dengan jack mic termurah masih selisih 1,6 juta sendiri (EOS M3) :(.

Anyway,

Langsung saja, untuk mengetahui hasil video dari masing-masing kamera ini, maka Anda dapat melihatnya dalam video berikut:

Kamera Vlog Canon EOS M10

Kamera Vlog Nikon 1 J5

Namun jika dalam hal fotografi, kedua kamera ini sebenarnya sudah cukup mumpuni dengan teknologi canggihnya. Bagaimana tidak, pada Nikon 1 J5 saja telah dilengkapi dengan kamera beresolusi 21 MP dengan sensor kamera CMOS BSI.

Dengan sensor tersebut, Nikon 1 J5 sangat mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik, meskipun berada di kondisi lowlight sekalipun.

Berikut adalah sample foto dari Kamera Vlog Nikon 1 J5:

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Nikonrumors.com: 1/200s . f/2 . 32mm . ISO 160

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Nikonrumors.com: 1/250s . f /5.6 . 13mm . ISO 160

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Tomstirrphotography.com: 19mm, f/5.6, 1/60, ISO-1600

Boleh saja secara resolusi Kamera Vlog Nikon 1 J5 lebih tinggi (21MP) dibandingkan dengan Canon EOS M10 (18MP). Namun, bukan berarti hal ini secara signifikan juga mempengaruhi kualitas gambarnya.

Lihat saja pada Canon EOS M10! Ya, kamera ini memiliki sensor APS-C
yang lebih besar, yakni 22.3mm x 14.9mm (lebih tingi dibanding dengan sensor Nikon 1 J5 yang hanya 1 inch 13.2mm x 8.8mm).

Pertanyaannya, apakah ada pengaruh dari semakin besarnya ukuran sesor tersebut? Ya, semakin besar ukuran sensor pada kamera, maka kualitas foto yang dihasilkan juga semakin baik.

Itulah sebabnya, kamera yang dibekali dengan bawaan lensa kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STMÂ yang mampu menghasilkan kualitas foto dengan gambar yang lebih tajam.

Bahkan dengan menggunakan processor jenis Digic 6, Canon EOS M10 ini mampu bertahan dan menghasilkan gambar yang ciamik meski dalam ruangan kurang cahaya. Kemampuan ini diperoleh Canon EOS M10 karena Kamera Vlog ini memiliki kemampuan sampai dengan ISO 12800 tanpa noise yang mengganggu.

Dan satu lagi, Canon EOS M10 begitu direkomendasikan bagi traveller yang sangat cinta dengan dunia fotografi. Tahu mengapa? Karena, dengan Digic 6 processor tadi mampu menurunkan konsumsi pemakaian baterai menjadi lebih irit.

Dan ini merupakan sample foto yang diambil menggunakan Kamera Vlog Canon EOS M10:

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Photographyblog.com: 1/400s .  f/8 . 23mm .  ISO 100

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Photographyblog.com: 1/60s · f/8 · 70mm · ISO 200

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Photographyblog.com: 1/60s · f/3.5 · 23mm · ISO 800

Bagi Vlogger, Flip Screen itu Penting!

Sekali lagi, jika Anda mencari sebuah kamera mirrorles untuk dipergunakan nge-Vlog, brarti tahu ‘kan Kamera Vlog mana yang Anda butuhkan?

Ya, paling tidak kamera tersebut telah mendukung flip-out screen. Jadi, LCD atau screen pada kamera dapat Anda arahkan sesuai dengan kebutuhan. Terutama pada saat nge-Vlog, Anda kan mesti tahu ekspresi dan angle gambar yang pas agar menghasilkan video yang ciamik.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Nah, itulah salah satu alasan saya merekomendasikan Canon EOS M10 dan Nikon 1 J5 ini sebagai Kamera Vlog. Kedua kamera ini telah mendukung flip-out screen hingga 180 derajat. Sehingga, memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas nge-Vlog atau hanya sekadar foto selfie sebagai ajang ekspresi diri :D

Eits, tapi ada yang perlu diperhatikan ya…

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Meski kedua kamera ini LCD-nya mampu dimiringkan hingga 180 derajat, namun Anda harus berhati-hati! Nampaknya, engsel atau poros yang membuat LCD kamera ini dapat dimiringkan sedikit lebih kecil. Jadi jika tenaga Anda terlalu besar, bisa bersiko besar  peok atau bahkan patah.

Namun begitu, tampaknya Nikon sudah mengantisipasi ini dengan memberikan poros tambahan di bagian atas-bawah yang juga digunakan sebagai penyangga LCD screen pada kamera. Hal ini berbeda dengan flip screen Canon EOS M10 yang hanya bertumpu pada poros atas.

Satu lagi, LCD pada kedua Kamera Vlog ini telah mendukung fitur touch screen, sehingga dapat memudahkan Anda melakukan setting kamera secara langsung dengan mudah.

Dilengkapi dengan Fitur WiFi

Kebiasaan lama kita yang membosankan adalah, melakukan hunting foto – selesai, colok kamera/ memory ke laptop (transfer file), sortir, edit, lalu transfer kembali gambar/video ke smartphone, dan terakhir upload ke media sosial. Duh ribetnya…

Tapi tenang, kebanyakan kamera keluaran terbaru kali ini lebih mengutamakan kemudahan dan fitur yang canggih. WiFi misalnya! Seperti fungsinya, dengan fitur WiFi tersebut memungkinkan kita untuk langsung mentransfer gambar/video ke smartphone Anda.

Ya, fitur WiFi  itulah yang juga ada pada Canon EOS M10 dan Nikon 1 J5.

Tanpa melalui laptop atau PC, Anda dapat melakukan editing foto atau video melalui app yang biasanya digunakan melalui smartphone. Dan yang paling menggembirakan adalah, Anda dapat mengupload hasil Vlog Anda dengan segera ke Youtube :D

Sudah Tentukan Pilih yang Mana?

Saya berusaha menjelaskan kelebihan dari kamera ini dari sudut pandang apa yang dibutuhkan oleh seorang Vlogger. Sudah, itu saja!

Namun jika bersamaan dengan itu, telah tersirat secara jelas semua fitur dari kedua Kamera Vlog ini :)

Namun sebelum saya mengakhiri bahasan kali ini, ada baiknya jika kita simak kembali kelebihan masing-masing pada kedua kamera ini:

Kelebihan Nikon 1 J5:

  • Terdapat mode kamera panorama
  • Mampu mengambil video slow motion
  • Mampu mengambil Video beresolusi 4K
  • Resolusi foto 20.8 MP
  • Faster shutter up to 1/16000 sec

Kelebihan Canon EOS M10:

  • Digic 6 membuat baterai tahan lama
  • Fungsi flash internal lebih baik
  • Sudut lensa Kit lebih luas
  • Photo Burst tidak terbatas
  • ISO lebih tinggi hingga 25600 ISO

Sebaliknya jika ditanya apa kekurangan dari kedua Kamera Vlog ini, maka jawabannya adalah tidak adanya image stabilization dan tidak terdapatnya hot shoe. Itu artinya, efek goyangan akan sedikit lebih terasa tanpa image stabilization. Dan tidak adanya hotshoe membuat kita mau tak mau harus puas dengan kinerja flash internal pada kedua kamera ini.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya kedua kamera ini (Canon EOS M10 dan Nikon 1 J5) sudah sangat layak jika digunakan untuk nge-Vlog. Harganya pun juga relatif terjangkau untuk sebuah ukuran kamera mirrorless. Lalu, Anda pilih Kamera Vlog yang mana?

Butuh Kamera Murah & Berkualitas

untuk Nge-Vlog?

Kami mempunyai banyak pilihan merek kamera Mirrorless dengan harga termurah. Mumpung kami ada penawaran harga termurah, coba cek dan bawa pulang kamera pilihanmu hanya di Plazakamera.com. Penawaran terbatas!

Segera Dapatkan Kamera Mirrorless TERMURAH, KLIK DISINI!

45 thoughts on “Perbandingan Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?”

    1. Sensor kak :). Lebih tepat pixel di dalam sensor. Pixel di sini tidak sama dengan megapixel ya. Pixel di sensor ini semacam panel surya yang menerima dan memproses cahaya yang masuk. Semakin banyak dan semakin rapat pixelnya, maka semakin bagus. Nah karena ukuran sensor yang lebih besar = jumlah pixel yang lebih banyak, jadi ukuran sensor lebih penting daripada resolusi megapixel :)

  1. Sy pengguna Nikon 1 J5.. kmrn sy pake utk video live concert hasilnya suaranya jelek sekali (gembret) jauh lbh jelek dibanding Camera Sony wx500 ataupun hp sony m5. O ya dibandingkan samsung note 9 punya teman saya hasil photo terutama backlight Nikon 1 j5 juga kalah jauh.
    Ada keluhan lagi selain suara yaitu utk selfie hasilnya terbalik dan proses save nya lama sekali( sy pake memory Hyper Speed 10 SDXC UHS-1 Speed Class 3).
    Utk masalah selfie yg terbalik dan save selfie yg lama sekai apakah ada hal (setting) yg tdk saya ketahui?
    Terima kasih.

Leave a Reply