Shopping Cart
Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Perbandingan Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Perbandingan Kamera Vlog Canon M10 dan Nikon 1 J5

“Kamera Vlog, enaknya pake apa?”

Atau “Kamera apa yang bisa digunakan untuk nge-Vlog?” Jika ditanya begitu, pada dasarnya semua kamera bisa digunakan untuk nge-Vlog, pun dengan kamera smartphone.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Namun jika prioritas utama Anda adalah kualitas dengan hasil foto terbaik, kecepatan, dan kontrol manual penuh, maka pilihannya ada pada DSLR. Sayangnya, DSLR punya bobot yang cukup berat dan merepotkan jika di bawa kemana-mana sebagai kamera vlog.

Sementara jika memilih kamera yang simpel, enteng, gampang dibawa, dan harga terjangkau, maka pilihannya ada pada kamera saku/ pocket. Tapi ya itu, yang harus dikorbankan adalah kualitas foto/ video yang dihasilkan.

Baca juga :   Mau Beli Mikrofon? Kenali Beberapa Istilah Ini Dulu

Nah, di tengah kedua pilihan di atas ada kamera mirrorles dengan bentuk fisik yang lebih ringan dan ringkas. Mirrorless juga mempunyai kualitas sebanding dengan kamera DSLR, baik untuk ukuran sensor, penggantian lensa, dan terpenting harganya yang tak semahal DSLR.

Rekomendasi Kamera Vlog untuk Anda!

Jika pilihan Anda jatuh pada kamera mirrorless, maka rekomendasi terbaiknya adalah yang sering ditanyakan akhir-akhir ini, Nikon 1 J5 dan Canon EOS M10.

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Ada beberapa alasan orang mencari kedua kamera ini. Pertama, kedua kamera ini merupakan brand pemegang pasar kamera terbesar di dunia. Kedua, kamera ini memiliki kisaran harga yang tak terlampau jauh (sehingga sudah sangat worth it untuk diperbandingkan). Dan terakhir, kedua kamera ini sama-sama telah mendukung Flip Screen untuk mendukung kegiatan Vlogger (maka sering juga disebut sebagai Kamera Vlog).

Baca juga :   Mengenal Aperture Kamera Pada DSLR dan Mirrorless

Sebelum kita lebih jauh membahas dan memperbandingkan kedua kamera ini, ada baiknya kita ketahui terlebih dulu spesifikasi lengkap kamera Nikon 1 J5 dan Canon EOS M10 ini.

Berikut ini adalah daftar spesifikasi dari masing-masing kamera yang sedang kita bahas:

Kamera Vlog, antara Canon M10 atau Nikon 1 J5?

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengetahui spesifikasi terlengkapnya lagi melalui link berikut: Canon EOS M10 & Nikon 1 J5

Penampakan Desain Fisik

Oke, yang pertama kita bahas di sini adalah penampakan luarnya. Sekali lihat, jelas sekali terdapat perbedaan kentara dari kedua jenis kamera vlog ini.

45 comments

  1. Gan minta rekomendasinya dong buat kamera mirrorless murah yg ada hot shoenya utk keperluan foto diruang gelap

  2. Patriot Widodo

    bisa pakai eos m3, atau fuji x-a3 kak :)

  3. Alfandri Fitrahadi

    Permisi numpang tanya
    Kalau yang yang memiliki pengaruh lebih besar ke kualitas gambar itu, besar sensor atau megapixelnya?

  4. Patriot Widodo

    Sensor kak :). Lebih tepat pixel di dalam sensor. Pixel di sini tidak sama dengan megapixel ya. Pixel di sensor ini semacam panel surya yang menerima dan memproses cahaya yang masuk. Semakin banyak dan semakin rapat pixelnya, maka semakin bagus. Nah karena ukuran sensor yang lebih besar = jumlah pixel yang lebih banyak, jadi ukuran sensor lebih penting daripada resolusi megapixel :)

  5. Sy pengguna Nikon 1 J5.. kmrn sy pake utk video live concert hasilnya suaranya jelek sekali (gembret) jauh lbh jelek dibanding Camera Sony wx500 ataupun hp sony m5. O ya dibandingkan samsung note 9 punya teman saya hasil photo terutama backlight Nikon 1 j5 juga kalah jauh.
    Ada keluhan lagi selain suara yaitu utk selfie hasilnya terbalik dan proses save nya lama sekali( sy pake memory Hyper Speed 10 SDXC UHS-1 Speed Class 3).
    Utk masalah selfie yg terbalik dan save selfie yg lama sekai apakah ada hal (setting) yg tdk saya ketahui?
    Terima kasih.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00