(Pemula) Tips Membersihkan Lensa Kamera

Lensa merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kamera, seperti kamera DSLR ataupun kamera smartphone. Pasalnya, Lensa yang bersih membuat hasil jepretan kamera Anda tampak lebih berkualitas.

Selain itu, Lensa juga merupakan bagian yang paling sensitive pada kamera. Bagian ini mudah terkena debu dan kotoran kala kamera dipakai. Bahkan bagi beberapa pengguna awam, lensa kamera jadi kotor karena tersentuh jari yang membuat lensa berminyak.

Lalu, seperti apa tips membersihkan lensa kamera yang baik dan benar?

Lepas filter kamera yang terpasang di Lensa

Beberapa lensa kamera saat ini hadir dengan semacam lapisan filter untuk melindungi lensa dari sinar UV. Bahkan beberapa filter lensa dipasang untuk melindungi kaca lensa dari terpaan debu. Hal pertama yang harus dilakukan pengguna kala ingin membersihkan lensa kamera lebih maksimal ialah melepas terlebih dahulu lapisan filter tersebut. Setelah lensa sudah bersih, Anda bisa membeli dan memasang kembali filter. Ingat gunakan filter berkualitas sehingga kaca pada lensa lebih terlindungi.

Awas lensa kamera tergores debu

Debu atau kotoran yang menempel di kaca lensa kamera memang cukup mengganggu. Namun, jangan sembarangan dalam membersihkan debu tersebut. Alih – alih bersih, bila tidak dilakukan dengan teknik yang benar, debu – debu tersebut bisa menggores kaca lensa. Seperti dilansir oleh digitalcameraworld.com, Anda bisa menghilangkan debu dengan cara ditiup terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan blower khusus yang dijual untuk membersihkan kamera, untuk meniup debu – debu pada lensa. Anda juga bisa menggunakan kuas khusus untuk membersihkan kaca dan bodi lensa kamera.

Gunakan kain Microfiber

Bila sudah ditiup dan dikuas, Anda bisa pergunakan kain microfiber untuk membersihkan lensa dan bodi kamera. Ingat bersihkan kaca terlebih dahulu, baru kemudian bodi lensa. Kalau bisa pergunakan dua kain lap berbeda untuk kaca dan bodi. Ditakutkan masih ada kotoran bodi yang menempel, bila menggunakan satu kain lap saja maka kotoran yang terbawa bisa menggores kaca lensa.

Gunakan Cairan pembersih Lensa

Untuk semakin membuat kaca lensa bersih, Anda bisa menggunakan cairan pembersih lensa. Anda bisa meneteskan atau menyemprotkan ini pada kain microfiber. Jangan pernah langsung meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih ke kaca lensa. Anda bisa melap permukaan kaca lensa dengan gerakan memutar.

Gunakan peralatan yang benar

Terakhir, tips dalam membersihkan lensa kamera yang benar ialah pergunakan peralatan yang benar. Beberapa pengguna baru kamera DSLR, terkadang terlalu gegabah membersihkan lensa kamera.

Sekali lagi, lensa merupakan bagian yang sensitive sehingga tidak boleh sembarangan dalam membersihkan. Saat ini sudah banyak dijual peralatan untuk membersihkan kamera. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga tips ini bermanfaat dan kamera DSLR Anda siap digunakan dengan kondisi bersih.’

Sumbe Pricebook

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *