(Pemula) 6 Cara Aman Membersihkan Lensa Kamera

 

DCM108.shoot_gearcraft.step3 5653030262b848e9b609bedacad5d1a7

Lensa merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kamera, seperti kamera DSLR ataupun kamera smartphone. Pasalnya, Lensa yang bersih membuat hasil jepretan kamera kamu tampak lebih berkualitas.

Selain itu, Lensa juga merupakan bagian yang paling sensitif pada kamera. Bagian ini mudah terkena debu dan kotoran kala kamera dipakai. Bahkan bagi beberapa pengguna awam, lensa kamera jadi kotor karena tersentuh jari yang membuat lensa berminyak.

Lalu, seperti apa tips membersihkan lensa kamera yang baik dan benar?

Siapkan ruang kerja bersih dan tidak berantakan

Siapkan ruang kerja bersih dan tidak berantakanMembersihkan lensa bisa dimana saja asalkan tempat bersih dan rapi dan jauh dari debu serta kotoran. Idealnya sih di dalam ruangan dengan cahaya yang terang dan sebuah meja kerja untuk menaruh perlengkapan kamera dan alat pembersih yang dibutuhkan. Perlengkapan “perang” ketika membersihkan lensa terdiri dari blower, lens pen, swab, lens tissue, sensor clean, cotton bud, dan cairan pembersih optik.

Lepas filter kamera yang terpasang di lensa

Lepas filter kamera yang terpasang di lensaLepas lensa dari body kamera dan jangan lupa tutup body kamera dan juga bagian belakang lensa agar tidak terkena kotoran. Simpan body kamera ditempat yang aman.

Lepaskan juga lens hood jika lensa kamera DSLR kamu menggunakannya untuk melindungi kamera dari sinar UV. Mulailah bersihkan satu persatu bagian, terserah mau mulai dari lens hoodnya terlebih dulu atau langsung ke lensa. Jangan lupa pasang kembali lens hood kalau proses pembersihan lensa sudah selesai dilakukan.

Awas lensa kamera tergores debu

Awas lensa kamera tergores debuDebu atau kotoran yang menempel di kaca lensa kamera memang cukup mengganggu. Namun, jangan sembarangan dalam membersihkan debu tersebut. Alih – alih bersih, bila tidak dilakukan dengan teknik yang benar, debu – debu tersebut bisa menggores kaca lensa. Seperti dilansir oleh digitalcameraworld.com, kamu bisa menghilangkan debu dengan cara ditiup terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan blower khusus yang dijual untuk membersihkan kamera, untuk meniup debu-debu pada lensa. Kamu juga bisa menggunakan kuas (lens pen) khusus untuk membersihkan kaca dan bodi lensa kamera.

Gunakan kain Microfiber

DCM108.shoot_gearcraft.step3 5653030262b848e9b609bedacad5d1a7

Bila sudah di blower dan dibersihkan dengan kuas bersihkan kembali lensa dengan kain microfiber. Ingat bersihkan kaca terlebih dahulu, baru kemudian bodi lensa. Kalau bisa pergunakan dua kain lap berbeda untuk kaca dan bodi. Ditakutkan masih ada kotoran bodi yang menempel, bila menggunakan satu kain lap saja maka kotoran yang terbawa bisa menggores kaca lensa.

Gunakan cairan pembersih lensa

Gunakan cairan pembersih lensaUntuk semakin membuat kaca lensa bersih, kamu bisa menggunakan cairan pembersih lensa. Kamu bisa meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih pada kain microfiber. Jangan pernah langsung meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih ke kaca lensa. Kamu bisa membersihkan permukaan kaca lensa dengan gerakan memutar.

Gunakan peralatan yang benar

Gunakan peralatan yang benarTerakhir, tips dalam membersihkan lensa kamera yang benar ialah pergunakan peralatan yang sesuai. Beberapa pengguna baru kamera DSLR, terkadang terlalu gegabah membersihkan lensa kamera terutama kain.Gambar: Gunakan peralatan yang benar.jpg

Saat ini sudah banyak dijual peralatan untuk membersihkan kamera. kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga tips ini bermanfaat dan kamera DSLR Anda siap digunakan dengan kondisi bersih.

Sumber: Pricebook

 

2 thoughts on “(Pemula) 6 Cara Aman Membersihkan Lensa Kamera”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *