Novryanda Fadhilah (Pemenang Kontest Foto Tema “THE WORLD”) : Guru Matematika Merangkap Fotografer

Beberapa waktu lalu kami membuat kontest foto di Instagram. Banyak yang ikut meramaikan Plaza Kamera Kontest 2015 alias #pkk2015, yang mana acara ini bermaksud ingin mengajak para fotografer di Indonesia untuk berkompetisi dalam kontest foto yang selalu bertema tiap episodenya. Seru yah! Nah, semakin seru karena kami berkesempatan wawancara langsung sama pemenang kontest dengan tema “The World”. Wanna know more?

novry120160313213809

Adalah Mas Novry, seorang fotografer handal dari Banda Aceh yang bekerja sebagai guru Matematika di sebuah SMA di Banda Aceh. Salute and respect!

20160313213816

kepri nov1

Melihat Instagram Mas Novry yang banyak pemandangan perairan seperti pantai, laut, ombak, sepertinya beliau punya ketertarikan pada alam, foto-foto yang diambilnya sangat bisa bikin kita terbuai dan seolah masuk kedalam pemandangan tersebut. Suara ombak, angin sepoy-sepoy, bau laut dan sunset serasa sedang menemani kita. Foto-foto Human Interest juga banyak di Instagram Mas Novry. Dalam wawancara memang beliau menyatakan bahwa Human Interest adalah salah satu favoritnya.

nov5

Sawah

nov2

Jika ditanya “kapan pertama kali Mas Novry tertarik sama dunia fotografi?” Beliau menjawab “ah cuma hobi aja, mulai masa kuliah. Suka aja lihat orang foto, terus jadi pengen foto sendiri”. Dari awal mula melihat orang lain foto, berangkatlah pria asli Aceh ini ke dunia fotografi. Saat itu beliau masih tinggal di Riau, dan kamera pertama yang digunakan oleh Mas Novry masih berupa kamera pocket saja. Akhirnya sekarang merambah ke kamera DSLR Nikon D 3300.

20160 201603132138

Guru matematika ini juga bercerita tentang awal memotret. Sebenarnya beliau belum terpikir soal konsep, sehingga Mas Novry lebih banyak memotret teman-teman dan foto sendiri menggunakan Tripod dan di-timer di pinggir pantai di daerah Riau.

Saat dari Riau kembali ke Banda Aceh lagi, Mas Novry menonton TV dan ada seorang fotografer bilang “rugi kalau beli kamera DSLR tapi hanya foto-foto sendiri”. Akhirnya beliau jadi berpikir, katanya, “rasanya ingin menjual kamera DSLR daripada dipakai untuk foto sendiri bersama teman-teman”. Setelah putar otak, sekitar bulan November Mas Novry mulai serius dalam fotografi bahkan mulai ikut lomba di Instagram, termasuk ikut kontest di Plaza Kamera, dan hasilnya… Menang! Hadiahnya pun adalah kamera aksi Xiaomi Yi Cam!

win

Ternyata pria yang memiliki nama asli Novryanda Fadhilah ini bukan pertama kalinya ikut kontest foto di Instagram. Beliau sering ikut kontes foto dan sudah sekitar 6 kali menang dalam kontes foto itu. Great! Fotonya memang sangat luar biasa dan terlihat sangat nyata. Serasa kita berada di ‘jendela’ kameranya dan bisa merasakan hawa langsung dari pemandangan yang beliau foto.

75103

Jika ditanya “apakah ada subjek tertentu yang ingin difoto?” Mas Novry hanya jawab “masih belum ada, tapi sedang tertarik Human Interest dan juga Trip Photography”. Whoaa! Trip Photography! Sebuah perjalanan atau travelling dengan memotret hal yang menarik disekitarnya. Pengalaman beliau yang paling berkesan saat motret adalah saat memotret di Riau, disana ada sebuah pantai yang masih belum banyak dikunjungi orang, lautnya bening, bahkan terumbu karang masih bisa terlihat. Birunya laut yang bening, segar, serasa ingin diving bersama ikan dan warna-warni terumbu karang.
Soal komposisi foto, Mas Novry saat ini sedang rajin melihat-lihat hasil karya fotografer lain. Karena katanya, “karya orang lain itu bisa menjadi bahan sebagai ide kreatif”.

Muncul pertanyaan dibenak saya. Kenapa beliau tidak mengajar fotografi saja di sekolah, daripada matematika? Beliau bilang bahwa sebenarnya banyak muridnya yang ingin diajari fotografi, bahkan murid Mas Novry ada yang juga ikut kontest foto di PlazaKamera.

lompat

Sebenarnya, apa arti fotografi bagi seorang Mas Novry? Jawabannya simple, fotografi adalah hobi dan passion. Well, okay. Menurut saya melakukan suatu hobi memang harus didasarkan pada passion. Jadi melakukan hobi-nya akan semakin asyik. Seperti Mas Novry yang memiliki passion untuk mengabadikan pesona alam di kameranya. Kata beliau, ada baiknya Plaza Kamera sering-sering membuat kontes lagi, bahkan sebulan sekali. Wah, kalau Seperti itu, kami pikir-pikir dulu yah? Haha. Nah, kalau anda ingin lebih tau gimana sih hasil foto dari pemenang kontes foto Plaza Kamera dengan tema “The World” ini? Bisa cek di Instagram @yonkznovry dan follow untuk tau update foto dari Mas Novry.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *