Menghitung Shutter Count Kamera DSLR, And Why It Matters ?

Menghitung Shutter Count Kamera DSLR

Shutter count (SC) adalah jumlah berapa kali tombol shutter kamera kita dipencet dan menghasilkan sebuah foto yang dihitung dari saat penggunaan pertama kali sampai saat terakhir kali digunakan untuk memfoto. Kenapa kita perlu mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera DSLR ?  Yup, setidaknya ada 2 manfaat jika kita mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera DSLR.

canon

Pertama, kita bisa tahu sampai dititik mana kamera kita akan tetap bekerja dengan baik. Kenapa begitu ?  Yup, shutter count ini bisa kita analogikan seperti total kilometer yang telah dilalui kendaraan bermotor. Saat kilometer pada motor/mobil mencapai titik tertentu maka kemungkinan mekanisme fungsi kerja motor/mobil akan terganggu. Hal tersebut juga berlaku pada mekanisme kerja kamera karena pada saat kita menekan tombol shutter maka beberapa fungsi mekanis pada kamera akan bekerja sampai pada tahapan dihasilkannya sebuah foto. Nah komponen mekanis kamera tersebut tentunya memiliki batasan maksimal pemakaian. Kamera DSLR yang baik memiliki standar shutter count sekitar 100.000 kali, dengan kata lain kita bisa menghasilkan sekitar 100.000 foto dari satu kamera DSLR tanpa adanya gangguan mekanis yang muncul pada kamera DSLR kita. Untuk mengetahui perkiraan batas maksimal shutter count kamera, kita dapat mengeceknya pada situs the-digital-picture. com atau olegkikin. com/shutterlife/.  

Baca juga :   Bikin Foto Keluarga Lebih ‘Hidup’, Begini Caranya!

Kedua, informasi jumlah shutter count ini bisa jadi bahan pertimbangan saat kita akan membeli kamera bekas. Dengan mengetahui jumlah shutter count kita bisa memprediksi sampai kapan kamera bekas tersebut berfungsi dengan baik.  Sehingga kita bisa menawar harga kamera bekas tersebut sesuai dengan fitur, kelengkapan, kondisi kamera serta umur pakai kamera.

Apa yang terjadi saat kamera memasuki batas maksimal shutter count ?

Saat shutter count sudah maksimal maka fungsi mekanis komponen yang berjalan saat tombol shutter ditekan akan mengalami gangguan atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Jika sudah seperti itu maka hal yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen shutter yang bermasalah. Biaya untuk perbaikan komponen shutter ini biasanya disekitaran Rp. 400rb-an atau lebih tergantung merk kamera dan kondisi kerusakan.

Baca juga :   10 Aksesoris Ini Bakal Tingkatkan Performa DJI Spark

Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera ?

Ada beberapa cara untuk mengetahui shutter count sebuah kamera yang cukup mudah untuk kita lakukan.

1. Menggunakan exif viewer online (web based)

Exif vierwer adalah program untuk membaca data suatu hasil foto raw kamera yang mana data dari shutter count ini juga akan terbaca dan ditampilkan oleh exif viewer dan cara ini dapat kita lakukan secara online melalui website seperti :

http://regex.info/exif.cgi (gratis)

http://eoscount.com/  (berbayar)

16 thoughts on “Menghitung Shutter Count Kamera DSLR, And Why It Matters ?”

  1. Apa ada cara lain untuk melihat shutter count ?
    Kalau mau beli cam bekas,msk hrs dicek pakai compoter ?

  2. harusnya pihak yang menjual ngecekin dulu kak sebelum dijual dan menginfokan ke calon pembeli, jadi jangan dibeli dulu kalau belum dikasih infonya… atau mohon ijin untuk cek dulu kalau bisa COD

  3. permisi, saya pake canon eos 750D.
    kenapa sewaktu saya cek SC secara online SC nya tidak terdeteksi ya?
    dan maksimal SC nya berapa ya?
    mohon bantuannya, terimakasih.

  4. Misi pak mau nanya kalo mau beli kamera second dengan SC nya 17rb dan 4713 itu mending pilih SC yang mana pak . Mohon pencerahannya
    Terimakasih

Leave a Reply