Menghitung Shutter Count Kamera DSLR, And Why It Matters ?

Menghitung Shutter Count Kamera DSLR

Shutter count (SC) adalah jumlah berapa kali tombol shutter kamera kita dipencet dan menghasilkan sebuah foto yang dihitung dari saat penggunaan pertama kali sampai saat terakhir kali digunakan untuk memfoto. Kenapa kita perlu mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera DSLR ?  Yup, setidaknya ada 2 manfaat jika kita mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera DSLR.

canon

Pertama, kita bisa tahu sampai dititik mana kamera kita akan tetap bekerja dengan baik. Kenapa begitu ?  Yup, shutter count ini bisa kita analogikan seperti total kilometer yang telah dilalui kendaraan bermotor. Saat kilometer pada motor/mobil mencapai titik tertentu maka kemungkinan mekanisme fungsi kerja motor/mobil akan terganggu. Hal tersebut juga berlaku pada mekanisme kerja kamera karena pada saat kita menekan tombol shutter maka beberapa fungsi mekanis pada kamera akan bekerja sampai pada tahapan dihasilkannya sebuah foto. Nah komponen mekanis kamera tersebut tentunya memiliki batasan maksimal pemakaian. Kamera DSLR yang baik memiliki standar shutter count sekitar 100.000 kali, dengan kata lain kita bisa menghasilkan sekitar 100.000 foto dari satu kamera DSLR tanpa adanya gangguan mekanis yang muncul pada kamera DSLR kita. Untuk mengetahui perkiraan batas maksimal shutter count kamera, kita dapat mengeceknya pada situs the-digital-picture. com atau olegkikin. com/shutterlife/.  

Kedua, informasi jumlah shutter count ini bisa jadi bahan pertimbangan saat kita akan membeli kamera bekas. Dengan mengetahui jumlah shutter count kita bisa memprediksi sampai kapan kamera bekas tersebut berfungsi dengan baik.  Sehingga kita bisa menawar harga kamera bekas tersebut sesuai dengan fitur, kelengkapan, kondisi kamera serta umur pakai kamera.

Apa yang terjadi saat kamera memasuki batas maksimal shutter count ?

Saat shutter count sudah maksimal maka fungsi mekanis komponen yang berjalan saat tombol shutter ditekan akan mengalami gangguan atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Jika sudah seperti itu maka hal yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen shutter yang bermasalah. Biaya untuk perbaikan komponen shutter ini biasanya disekitaran Rp. 400rb-an atau lebih tergantung merk kamera dan kondisi kerusakan.

Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah shutter count sebuah kamera ?

Ada beberapa cara untuk mengetahui shutter count sebuah kamera yang cukup mudah untuk kita lakukan.

1. Menggunakan exif viewer online (web based)

Exif vierwer adalah program untuk membaca data suatu hasil foto raw kamera yang mana data dari shutter count ini juga akan terbaca dan ditampilkan oleh exif viewer dan cara ini dapat kita lakukan secara online melalui website seperti :

http://regex.info/exif.cgi (gratis)

http://eoscount.com/  (berbayar)

http://nikonshuttercount.com/ (gratis)

http://camerashutter.com/  (gratis)

http://shuttercounter.com/  (gratis)

2.  Menggunakan exif viewer versi dekstop

Untuk cara ini kita bisa mendownload  exif viewer versi dekstop dari link website berikut

http://www.ideiki.com/astro/ (untuk Windows – gratis)

http://www.astrojargon.net/EOSInfo.aspx   (untuk Windows – gratis)

http://www.opanda.com/en/iexif/  ( untuk Windows – gratis )

http://www.cocoawithchurros.com/iexifer.php  ( untuk Mac – berbayar )

3. Menggunakan exif viewer android apps

Bisa dicari di google playstore pada smartphone android.

Dari ketiga cara diatas, semuanya telah saya coba satu persatu namun hanya metode nomor 2 yang dapat bekerja untuk membaca data shutter count kamara DSLR Canon 60D yang saya gunakan. Prediksi saya dari sekian banyak aplikasi exif viewer diatas sepertinya hanya dapat membaca foto dari beberapa tipe kamera tertentu dan kebetulan hasil foto saya terbaca data exif shutter countnya dengan menggunakan aplikasi exif viewer versi dekstop dari ideiki.com yang bernama Astro Photography Tool.

Cara Penggunaan Astro Photography Tool

Pertama, download aplikasinya di http://www.ideiki.com/astro/APT_UnReg2_90.zip

dan install di laptop / komputer kita yg ber-OS Windows ( aplikasi ini berjalan lancar di Windows 7  – 64bit yang saya gunakan.)

Setelah itu buka aplikasi tersebut dan akan keluar UI (user interface) dari Astro Photography Tool ini yang berwarna merah.

foto 3

Selanjutnya sambungkan kamera dslr  dengan kabel data ke laptop (saya menggunakan kamera Canon 60D sebagai objek testing shutter count),

foto 2

Agar kamera kita dapat terbaca / berkomunikasi dengan sofware Astro ini, kamera harus dalam posisi ON.

foto 1

Setelah kamera tersambung dengan kabel data, klik tombol connect pada bagian sidebar kanan dari UI aplikasi Astro photography Tool ini.

ATP blog 2

Jika kamera sudah dalam keadaaan connect (di tandai dengan berubahnya nama tombol connect menjadi disconnect) maka data shutter count secara otomatis ditampilkan pada bagian loyang ada dibagian bawah. Contoh hasil dari data shutter count-nya akan terlihat seperti gambar dibawah ini .

ATP blog 1

Dari info tersebut saya dapat mengetahui bahwa kamera Canon 60D yang saya gunakan memiliki shutter count 3835 kali dimana untuk kamera Canon 60D sendiri memiliki batas maksimal shutter count sekitar 100.000 kali. Nah dari hasil shutter count ini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa umur pakai kamera ini masih cukup lama sebelum terjadi kerusakan pada komponen shutter-nya.

Proses diatas adalah cara yang saya gunakan saat akan menjual kamera 60D titipan teman, sebagai seller yang baik kita harus menampilkan segala informasi penting terkait barang yang kita jual meliputi kondisi kelengkapan barang serta informasi khusus seperti shutter count ini agar kedua pihak seller maupun buyer tidak ada yang merasa dirugikan, namun lebih penting lagi kita sebagai pemilik kamera DSLR bisa memprediksi kapan kamera yang kita gunakan akan mengalami gangguan pada fungsi shutter-nya sehingga kita bisa mempersiapkan budget / action yang akan kita lakukan saat kamera sudah mendekati limit shutter count maksimalnya.

Related Post

16 thoughts on “Menghitung Shutter Count Kamera DSLR, And Why It Matters ?”

  1. makasiiiih utk info Astro Photography Toolnya. krn setelah nyoba banyak web n donlot aplikasi, baru Asto ini yg bisa ngitung shutternya. Kamera sana Canon Eos 600D

  2. Kamera saya 650d, kamera pakai Eos utility, jadi jepret pakai tombol keyboard komputer, sehari bisa 1000 jepretan, sudah 3tahun jalan g mati2. Kira2 batas maksimumnya berapa ya? Tengkyu

    1. kalau dirawat dengan baik nggak akan mati kok kak, shutter count hanya menunjukkan seberapa sering dipakai…. Semakin sering dipakai apakah bisa mati? kemungkinan, tapi kalau dirawat dengan baik bisa jadi kameranya jalan terus sampai akhir hayat hehe

      1. Misi pak mau nanya kalo mau beli kamera second dengan SC nya 17rb dan 4713 itu mending pilih SC yang mana pak . Mohon pencerahannya
        Terimakasih

  3. gan 60 D saya kenapa ga bisa detect brapa shutter count nya ya… di web ga bisa, app PC jg ga bisa (iexif panda)

    boleh minta sarannya?

    1. Halo kak andy, ada banyak kemungkinan sih kak, coba perhatikan kabel koneksinya, jika baik” saja, harusnya di applikasi pc juga bisa kedetect iexifnya

  4. Kamera saya sony a6000 dengan lensa manual pas dicek shutter countnya selalu menunjukan angka 0.

  5. ka saya pakai canon 60D, saya coba cek di web tapi shutter count saya nggak kedeteksi2, kenapa ya? saya pakai Mac jadi nggak bisa download aplikasinya, terima kasih.

  6. Apa ada cara lain untuk melihat shutter count ?
    Kalau mau beli cam bekas,msk hrs dicek pakai compoter ?

    1. harusnya pihak yang menjual ngecekin dulu kak sebelum dijual dan menginfokan ke calon pembeli, jadi jangan dibeli dulu kalau belum dikasih infonya… atau mohon ijin untuk cek dulu kalau bisa COD

  7. permisi, saya pake canon eos 750D.
    kenapa sewaktu saya cek SC secara online SC nya tidak terdeteksi ya?
    dan maksimal SC nya berapa ya?
    mohon bantuannya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *