Shopping Cart

Mengenal Close-Up Filter

How_to_use_close_up_filters_macro_photography_tips_NIK20.zone_2.step1_

// Apa Itu Filter Close Up? //

Filter Close-up biasanya disebut juga dengan nama Diopter Lens.

” Sebuah filter kaca pembesar berkualitas tinggi, pada dasarnya adalah sebuah kaca pembesar berkualitas tinggi yang dipasang di depan lensa, seperti halnya filter lain seperti halnya filter CPL.”

Dengan memasang filter close up, kita bisa mengurangi minimum focusing distance lensa yang kita pakai. Dengan begitu kita bisa memotret dari jarak super dekat dengan obyek foto.

Tujuan penggunaan filter close up ini adalah untuk mengurangi minimum focusing distance lensa sehingga kita bisa memotret dari jarak super dekat dari objek foto. Filter ini akan lebih baik dipakai pada lensa kamera dgn focal length panjang (85mm keatas).

Baca juga :   Mode Aperture vs Shutter : Digunakan Kapan dan Memotret Apa?

// Bagaimana sih cara kerja Filter Close-Up //

Close up filter dideskripsikan dengan angka +1, +2, +4, dll. Satuannya adalah dioptri, atau 1/meter.  Dioptri ini adalah satuan kekuatan lensa, yang rumusnya D=1/f. Makin besar angka diopternya, semakin besar efek perbesarannya. Kebanyakan filter close-up memiliki kekuatan diopter +1, +2, +3 dan +4, meskipun tersedia juga filter close-up dengan kekuatan +10 diopter. Makin besar angka diopter memungkin kita makin mendekati obyek foto, dengan konsekuensi penurunan kualitas optik.Jadi, kalau lensa ini dipakai untuk mengumpulkan sinar matahari (kayak mainan di jaman kita SD dulu), titik focus akan didapatkan di 1 meter (untuk filter +1 dioptri), 50cm (untuk filter +2 dioptri), dan 25 cm (untuk filter +4 dioptri).

Baca juga :   Bagaimana Cara Memilih Lensa untuk Food Photography? (Part 1)

Close-up

Filter-filter ini bekerja dengan cara memperpendek jarak sweet spot kamera yang digunakan. Ambil contoh lensa kamera otomatisku, yang punya range 27-270mm (10x zoom). Kalau kita switch ke mode macro, di setting wide (27mm) dia punya titik sweet spot di sekitar 5cm. Sedangkan kalau kita switch ke mode tele (270mm), sweet spotnya akan ada di jarak 1 meter. Dengan menggunakan close up filter, jarak sweet spot di 270 bisa bergeser ke jarak lebih dekat dari 1 meter.

51VreZaOHfLSebagai contoh: dengan menggunakan kamera lensa tele, anda memfoto objek sehingga dapat fokus dengan jarak 1,5 m. Tetapi dengan menambahkan close-up filter didepan lensa, anda bisa mengurangi jarak fokusnya menjadi 0,75 m. Kira-kira begitu deh :)

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00