Lebih Pilih Mana, Yuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4? (Compare)

Yuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4

Yuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4?

Begitu bicara tentang drone, pasti yang terbesit di benak Anda adalah produk-produk andalan DJI. Jangan coba menyangkalnya, saya pun juga begitu kok.

Itu sah-sah aja sih…

Toh memang DJI telah mendominasi pasar drone di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kualitasnya pun juga sudah tak diragukan lagi!

Lalu ketika ada drone baru yang mungkin lebih baik dari segi kualitas masuk (masih mungkin lo), maka sudah pasti produk tersebut akan dibanding-bandingkan dengan produk dari DJI.

Yuneec Typhoon H VS DJI PHantom 4Yuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4

Tau sendiri ‘kan, dibanding-bandingkan itu rasanya emang nggak enak guys! Terlebih, ini dibayang-bayangi dengan rivalnya yang lebih sukses duluan di pasaran.

Mungkin perasaan itulah yang kini dialami oleh produk Drone terbaru dari Yuneec. Ya, maksud saya adalah Yuneec Typhoon H.

Hahaha, jadi Baper gini…

Tapi jangan sedih, toh yang menjadi pembanding dari Yuneec Typhoon H adalah DJI Phantom 4. Wuihh, jika benar begitu pastinya ada senjata mematikan dari Typhoon H yang membuat drone ini begitu banyak diperbandingkan dengan Phantom 4.

Drone

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa phantom 4 adalah drone phantom series terbaru dari DJI yang sudah tak diragukan lagi untuk kualitas dan fiturnya. Tahu apa artinya?

Benar, itu berarti Typhoon H bisa saja lebih baik dari Phantom 4, atau mungkin justru malah di bawahnya.

Apa yang Spesial dari Typhoon H?

Jual Typhoon HYuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4

Jika ditanya apa ada yang spesial dari Yuneec Typhoon H, maka jelas ada!  Menurut saya pribadi, ada beberapa daya tarik pada Yuneec Typhoon H ini. Misalnya seperti…

  • Lebih stabil ketika mengudara dengan hexacopternya
  • Dilengkapi dengan teknologi Intel RealSense
  • Kamera mampu berotasi hingga 360 derajat
  • Controller dilengkapi layar 7 Inch
  • Dari segi harga cukup ‘aman’ >> Cekk Harga Disini

Lalu apakah hanya itu? Tidak, masih banyak lagi kelebihannya. Bagaimana jika kita bahas satu persatu poin di atas dan langsung kita bandingkan saja dengan rivalnya DJI Phantom 4?

Perbedaannya dengan DJI Phantom 4?

Jika melihat warnanya sih, antara Yuneec Typhoon H dan DJI Phantom 4 mirip sekali dengan Yin dan Yang. Ituloh, yang dalam filosofi Tionghoa menggambarkan dua unsur keberadaan yang berlawanan, tapi saling menyeimbangkan ?

Lalu, apakah kedua drone ini memang berlawanan seperti yin dan yang dari segi fitur?

Yuneec Typhoon H atau DJI Phantom 4, Quadcopter VS Hexacopter

Perbedaan yang paling mencolok antara kedua drone ini adalah, Typhoon H dengan Hexacopter-nya (8 baling-baling)  dan DJI Phantom 4 dengan Quadcopter-nya (4 baling-baling).

JualDJI Phantom 4 Murah

Manakah yang lebih baik antara hexacopter dan quadcopter? Terbaik atau tidak, itu tergantung kebutuhan Anda. Artinya, keduanya tentu ada plus minusnya.

Tentu saja, Typhoon H dengan Hexacopter-nya mampu lebih stabil ketika mengudara, bahkan ketika terkena hempasan angin sekalipun. Dan berita mengejutkannya, apabila satu atau dua motor pada Typhoon H tidak berfungsi (asalkan pada motor yang berlainan sisi), maka Typhoon H masih stabil dan mampu mengudara dengan baik.

Hal ini sangat berbeda dengan Phantom 4 yang mana bila salah satu motornya mati, maka sudah pasti drone Anda akan kandas pada saat mengudara.

Namun dalam hal kecepatan tertinggi, Typhoon H masih kalah telak jika dibanding Phantom 4. Itu dikarenakan, bobotnya yang lebih berat karena model hexacopter-nya. Bagaimana tidak, Typhoon H hanya mampu mencapai kecepatan tertinggi 22 MPH, sangat jauh di bawah kecepatan tertinggi Phantom 4 yang bisa mencapai 45MPH.

Kamera

Salah satu kelemahan DJI Phantom 4 adalah bahwa kameranya hanya mampu mengambil beberapa sudut pengambilan gambar saja. Ini dikarenakan, landing gear pada Phantom 4 yang bersifat paten (tidak dapat terangkat), sehingga membatasi setengah pergerakkan kamera dari drone ini.

Yuneec Typhoon H

Itulah sebabnya, satu-satunya cara agar kamera mampu membidik gambar dari semua sisi yakni dengan cara memutar drone yang dikendalikan melalui controller.

Sebenarnya ada sih drone bentukkan DJI, yakni Inspire 1 yang landing gear-nya mampu terangkat pada saat mengudara. Sehingga, memungkinkan kameranya mampu berotasi hingga 360 derajat. Tapi, harganya bisa 2 kali lipat lebih mahal. Itupun pada Inspire 1 rotasi kamera hanya mampu berputar satu setengah kali saja.

Jual Typhoon H Murah

Berbeda dengan rivalnya, Yuneec Typhoon H yang mampu melakukan rotasi putaran kamera 360 derajat tanpa henti. Ini karena, landing gear pada Yuneec Typhoon H bisa terangkat ke atas pada saat mengudara. Tentunya hal ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin memegang kontrol penuh kamera pada drone ini.

Terlepas dari itu, soal kualitas gambar, baik itu Phantom 4 maupun Typhoon H keduanya telah mampu merekam video beresolusi 4K dan mengambil foto dengan resolusi 12MP.

Spesifikasi Yuneec Typhoon H

 

Controller

Jika melihat controller pada kedua drone ini, maka sangat nampak sekali adanya perbedaan konsep yang sangat mencolok pada kedua drone ini.

Remote DJI Phantom 4

Produk-produk DJI menggunakan pantuan smartphone/tab untuk liveview sekaligus mengoperasikan unitnya secara menyeluruh.

Konsep ini bagus-bagus saja, cuman apabila kondisi kabel data tidak baik maka ada potensi error connection.

Mengetahui celah ini, Typhoon H seolah-olah berusaha menyempurnakan controllernya dengan menyertakan layar 7″ dan touchscreen pula.

Remote Yuneec Typhoon H

Maka dengan layar yang sebesar Ipad mini 2 ini, tentunya akan mempermudah Anda untuk siap bermanuver kapanpun. Koneksi liveview yang lebih terjaga dan fungsi touchscreen pada controller ini memungkinkan pilot untuk melakukan full controll unit serta kameranya.

Kemudian di antara banyak pilihan button pada remote Yuneec Typhoon H, yang paling menarik adalah dial control untuk mengatur mode kecepatan drone. Terdapat dua pilihan mode, yakni mode kelinci atau kura-kura.

Tahu ‘kan apa bedanya? Seperti namanya, mode kura-kura memungkinkan Anda mengendalikan drone dengan lebih lambat. Berbeda dengan mode kelinci yang memungkinkan untuk menetapkan kontrol kecepatan terbang maksimum sebagaimana yang Anda diinginkan.

Ini merupakan fitur yang sangat menarik, terlebih bagi Anda pilot yang belum memiliki jam terbang yang cukup tinggi.

Spesifikas Yuneec Typhoon H VS DJI Phantom 4

Meskipun begitu, Phantom 4 lebih mampu menarik minat para penggemar aerial photography karena memiliki jangkauan lebih jauh, yakni sekitar 5000 meter (Typhoon H hanya 1000 meter). Bahkan untuk masalah ketinggian ketika mengudara, Phantom 4 masih jauh lebih unggul, yakni sekitar 600 meter, dibanding Typhoon H yang hanya 122 meter saja.

Sebenarnya yang menjadi perhitungan bagi pilot profesional terletak pada ketinggian maksimum yang mampu dicapai oleh drone (walaupun di Indonesia hanya diperbolehkan setinggi 150m saja sih). Dan pada indikator ini, tampaknya Phantom 4 telah merebut pasar dari Yuneec Typhoon H.

Obstacle Avoidance

Sebagai perbekalan untuk menghindari halauan ketika mengudara, kedua drone ini sama-sama memiliki teknologi canggih dalam hal sistem deteksi rintangan (Obstacle Avoidance).

Ya, itu salah satu poin penting yang perlu diperhitungkan ketika ingin membeli sebuah drone.

Tak mau ‘kan mahal-mahal membeli drone, tapi hanya sekali pakai saja, karena drone menabrak tembok atau pepohonan ketika Anda pertama kali menerbangkannya? Itulah mengapa teknologi Obstacle Avoidance ini sangat penting.

Oke, kita mulai dengan Phantom 4!

Dapat Anda lihat bahwa pada landing gear Phantom 4 ini terdapat pula sepasang sensor yang berada di bawah body drone ini, serta sepasang sensor lagi di bagian depan kaki Phantom 4.

Phantom 4 Baru

DJI Phantom 4

Benar, sensor-sensor kecil ini bertujuan untuk mendeteksi ketika ada hambatan di depannya dan menghindarinya. Itu semua berkat sensor ultrasoniknya. Misal ketika pilot mengarahkan drone ke dinding, maka drone akan mampu mendeteksi hambatan di depannya. Sejurus kemudian, drone akan menurunkan kecepatan, dan hovering di tempat pada jarak yang aman.

Fitur semacam ini merupakan sesuatu hal yang luar biasa. Karena kini pilot tak perlu lagi khawatir tentang hambatan yang mereka temui ketika mengudara. Memang sih pilot masih diharuskan sepenuhnya cermat ketika menerbangkan drone, karena teknologi canggih pada Phantom 4 ini bukan menghilangkan terjadinya tabrakan, melainkan hanya menurunkan risiko tabrakan saja.

Lalu seberapa hebat teknologi dalam hal Obstacle Avoidance dari Phantom 4 ini? Coba lihat saja uji cobanya dalam video berikut:

Di lain sisi, rivalnya yakni Tyhpoon H memiliki sensor sonar yang disupport oleh teknologi Intel RealSense yang bilamana drone mendekati sebuah obyek, maka ia akan langsung ‘menghindar’ dan tak menabrak obyek tersebut.

Berdasarkan keynote-nya di Consumer Electronics Show (CES) 2016, Bryan Krzanich yang merupakan CEO Intel bahkan menjelaskan, bahwa drone ini juga mampu menghindari sebuah pohon yang mendadak ambruk. Sehingga, drone akan berhenti dan memutar untuk mencari jalan lain.

That’s amazing…!

Tapi seresponsif apa teknologi ini? Coba tonton video uji cobanya berikut ini!

Tambahan Aksesoris Typhoon H

Sama halnya dengan beberapa drone lainnya, setiap pembelian Typhoon H telah include beberapa aksesoris pendukung. Misalnya saja seperti proppelers, baterai, AC/ DC Flight Battery Charger with Car Adapter, USB Adapter Cord, Neck Strap, Sun Shade for ST16 Ground Station, dan power suply and adaptor.

Tapi, terdapat aksesoris lain diluar itu! Yuneec juga menyiapkan backpack ransel yang memang sengaja didesain pas untuk Typhoon H dan aksesoris lainnya.

Wizard Yuneec Typhoon H

Dan juga, Anda tentunya menyadari ‘kan bahwa remote control Typhoon H memiliki body yang cukup besar? Untuk itulah, Yuneec Typhoon Wizard bisa menjadi solusinya. Memiliki bentuk mirip seperti remote TV, wizard mampu mengakses berbagai fitur follow me, watch me, dan berbagai flight mode dari drone ini hanya menggunakan satu tangan saja.


Keputusan Ada Ditangan Anda!

Dari hasil perbedaan atas Yuneec Typhoon H dan DJI Phantom 4, mana yang lebih baik menurutmu?

Memang sih, jika berbicara harga setiap orang akan tergiur dengan Typhoon H yang hanya dibanderol dengan harga 19,8 jutaan (lebih murah dibanding Phantom 4 dengan harga 22,4 jutaan). Tapi yang perlu diingat, Phantom 4 adalah produk DJI lho! Sebuah brand yang menguasai pasar drone dunia karena kualitasnya!

Maka jika disuruh memilih diantara kedua drone ini, itu akan menjadi pilihan yang sulit. Karena, kedua drone ini beberapa hanya kuat di satu area dan lemah di area lainnya. Sama saja, sehingga kedua drone ini dapat menang dan kalah di saat yang sama. Pada akhirnya, itu semua bermuara pada preferensi pribadi Anda.

So, which one would you choose guys? 

Mau Penawaran Harga Terbaik Yuneec Typhoon H? Penawaran Terbatas!!

Yuneec Typhoon H merupakan drone yang mempunyai teknologi canggih dengan IntelRealSense untuk menghindari rintangan dengan lebih baik. Yuk segera cek harga dan order drone ini di Plazakamera.com

Segera Dapatkan Penawaran Typhoon H TERMURAH di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *