Shopping Cart

Lakukan 5 Hal Ini Maka Kamera DSLR Anda Akan Awet

Lakukan  Lima Hal Ini Maka Kamera DSLR Anda Akan AwetKamera DSLR sudah menjadi gadget harian dalam kehidupan modern saat ini. Namun, sayangnya tak semua pengguna memahami cara merawat kamera DSLR dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan tetap awet.

Kamera memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau tidak dirawat dengan benar. Bagi kamu yang baru memiliki kamera DSLR, berikut cara merawat kamera DSLR untuk pemula agar kamera kamu tetap awet dan berfungsi dengan baik

Menyimpan Kamera

Menyimpan Kamera

Cara menyimpan yang baik dan benar merupakan langkah awal dalam merawat kamera. Agar kamera tidak berjamur, kamera harus disimpan dalam suhu yang ideal ruangan. Kelembapan yang tinggi dan terus menerus tidak baik bagi kamera DSLR karena merusak kompenen elektronik serta sensor kamera. Kelembapan juga memicu timbulnya jamur-jamur yang bisa melekat pada bodi kamera dan lensa.

Baca juga :   Tips Mudah Reset Nama dan Password Wifi Pada Hero4

Jika jamur berkembang di lensa, kualitas optik bisa berkurang dan sulit membersihkannya tanpa bantuan ahlinya. Kelembapan yang ideal bagi kamera DSLR berada dikisaran 40 – 50 % RH (relative humidity, kelembapan relatif).

Jangan pernah meninggalkan kamera di bawah panas matahari langsung dalam waktu lama seperti di dalam mobil. Jauhkan kamera dari benda-benda yang memiliki medan magnet kuat. Medan magnet dapat mempengaruhi komponen di kamera.

Kalau tidak digunakan dalam waktu lama, simpan kamera DSLR pada dry box atau dry cabinet cuma harganya agak mahal, solusi murahnya pakai silica gel.

Jaga Kebersihan Lensa

Jaga Kebersihan LensaKetika akan membersihkan lensa, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke atas kaca lensa. Semprotkan dulu cairan ke lap khusus lensa, kemudian baru usapkan perlahan ke lensa. Ingat, jangan sentuh lensa dengan jari secara langsung. Gunakan perlengkapan pembersih lens seperti lens brush, lens blower, lens paper, dan kain lap halus.

Baca juga :   Autofocus vs Manual Focus, Kapan Sih Harus Makai-nya?

Pasanglah lens hood untuk melindungi bagian depan lensa sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal. Gunakan juga lensa cap ketika lensa sedang tidak digunakan. Pemasangan lensa cap dimaksudkan mengurangi debu pada permukaan lensa.

Jika lensa kamu sudah terlanjur kena jamur, biaya untuk membersihkan lensa cukup mahal berada dikisaran Rp 250-500 ribu bahkan bisa saja lebih tergantung dari kondisi lensa. Maka dari itu menjaga suhu kelembapan dalam ruang penyimpanan sangatlah dianjurkan agar hal tersebut tidak terjadi.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00