Kamera Prosumer, Apa Itu dan Bagaimana Baik Buruknya?

kamera prosumer toko kamera online plazakamera surabaya dan jakarta

Kamera Prosumer, Apa Itu dan Bagaimana Baik Buruknya?

Prosumer adalah gabungan dari dua kata, professional dan consumer. Di bidang fotografi, kamera prosumer merupakan kamera-kamera yang sudah dilengkapi dengan pengaturan layaknya DSLR (biasa dipakai fotografer profesional) dan di saat yang sama juga mempertahankan kemudahan penggunaan layaknya kamera pocket (yang biasa dipakai konsumen umum).

Kamera ini awalnya mulai dibuat untuk menjembatani orang-orang yang masih awam terhadap pengaturan kamera, agar lebih mengenal beragam setting yang bisa mereka manfaatkan ketika menggunakan DSLR. Karena itu prosumer camera juga sering disebut bridge camera atau juga kamera prosumer superzoom.

jual kamera prosumer terbaik harga murah

Ciri Khas Kamera Prosumer

Kamera ini bisa diatur secara manual, baik aperture, ISO, maupun shutter speed, namun juga dilengkapi dengan mode auto yang mudah. Selain itu prosumer juga biasanya dilengkapi dengan lensa yang bisa zoom hingga berpuluh-puluh kali yang mencakup wide angle hingga telephoto. Dua hal inilah yang membuat prosumer bisa dibilang sebagai solusi all in one, apalagi kalau tujuannya untuk travel, Anda bisa memotret landscape yang luas sekaligus juga bisa memotret ekspresi subjek seperti orang dan hewan.

Yang membedakan kamera prosumer dengan DSLR dan Mirrorless adalah soal bisa tidaknya lensa diganti-ganti. Memang benar kalau lensa pada kamera prosumer sudah dibekali dengan zoom yang serbabisa, tapi ketika kita butuh lensa khusus seperti lensa macro, lensa super-wide, atau lensa lain yang ingin bokeh banget, kita jadi tidak bisa ganti ke lensa-lensa tadi.

Kemudian ada juga perihal sensor. Kamera prosumer cenderung memiliki ukuran sensor kamera yang lebih kecil dibandingkan DSLR dan Mirrorless. Jadi pantas-pantas saja kalau kualitas foto kamera prosumer akan di bawah performa dari kamera DSLR dan Mirrorless. Jadi jika memang kualitas gambar adalah sesuatu yang tidak bisa Anda tolerir sama sekali, mungkin sebaiknya pilih DSLR atau Mirrorless.

spesifikasi dan daftar harga kamera prosumer terbaik

Namun di sisi lain, kamera prosumer memberikan  manfaat yang luar biasa besar jika dibandingkan dengan harganya yang sangat hemat. Hal ini cocok sekali bagi Anda yang ingin beralih dari kamera point & shoot seperti kamera pocket dan smartphone, ke kamera yang serbabisa dan cukup fleksibel untuk pengaturan manual dan juga superzoom yang luar biasa.

Di beberapa tahun terakhir juga sudah rilis beberapa seri yang sudah dilengkapi dengan ukuran sensor yang lebih besar dan mampu menghasilkan foto yang lebih bagus daripada seri-seri terdahulu (bahkan bisa dibilah sudah mendekati ke hasil foto dari DSLR).

Secara umum, berikut adalah kelebihan atau keunggulan kamera prosumer:

  • Harga yang sangat terjangkau
  • Mode Auto yang mudah dan akurat
  • Dilengkapi mode manual untuk fleksibilitas
  • Lensa Zoom yang sebabisa dari wide angle ke telephoto
  • Superzoom pastinya
  • Ukuran dan berat yang relatif lebih kecil dan ringan dibanding DSLR

Sementara mungkin yang jadi kekurangannya adalah:

  • Ukuran sensor yang relatif kecil
  • Tidak bisa gonta-ganti lensa
  • Aksesoris pelengkap sedikit lebih susah dicari

Kamera Prosumer Terbaik Harga Murah

  • Canon PowerShot SX620 HS
  • Canon PowerShot SX730 HS
  • Canon PowerShot G7X Mark II
  • Nikon Coolpix W300
  • Nikon Coolpix P900
  • Sony DSC-H300 Cyber-Shot
  • Sony DSC-H400 Cyber-Shot

Daftar Harga Kamera Prosumer Termurah dan Terlaris

Pilihan kamera prosumer berikut tentu saja yang ada di PlazaKamera.com setelah berkaca pada permintaan pasar di Indonesia. List berikut dilihat dari beragam faktor seperti fitur-fitur semacam ukuran sensor, konektivitas Wi-Fi/NFC/Bluetooth, resolusi foto & video, ketahanan body, cakupan focal length lensa, zoom, kecepatan autofocus, aperture maksimal, touchscreen, RAW, dan lain-lain.

Untuk spesifikasi dari masing-masing produk di bawah ini bisa dicek di masing-masing link halaman produk :)

Harga Kamera Prosumer Terbaik

Gambar Nama Harga
Canon PowerShot SX620 HS Rp 3.470.000
Canon PowerShot SX730 HS Rp 4.550.000
Canon PowerShot G7X Mark II Rp 7.330.000
Nikon Coolpix W300 Rp 5.230.000
Nikon Coolpix P900 Rp 7.350.000
Sony DSC-H300 Cyber-Shot Rp 2.299.000
Sony DSC-H400 Cyber-Shot Rp 3.499.000

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *